Spandex

Dahulu saya mempunyai pandangan bahwa perempuan yang mengenakan gamis atau rok panjang itu jauh lebih anggun daripada perempuan yang mengenakan celana panjang. Ini hanya penilaian pribadi. Mungkin tidak akan berlaku bagi orang lain. Sekarang, pandangan saya pun tetap sama. Minyu sendiri adalah perempuan yang lebih suka mengenakan rok dibanding celana panjang.

*****

Selepas shalat ashar, saya pergi ke ATM untuk menarik uang untuk menemani beberapa lembar uang ribuan di dalam dompet. Selesai bertransaksi, saya kembali ke gedung di mana ruang kerja saya berada.

Sebelum masuk gedung, saya melihat seorang perempuan mengenakan pakaian seragam yang sama dengan yang saya kenakan. Saya pastikan bahwa perempuan tersebut adalah pegawai di instansi yang sama dengan saya. Kemeja berwarna biru, mengenakan jilbab berwaran biru donker, serta mengenakan rok panjang berwarna senada dengan jilbabnya.

Saya memperhatikan pakaian perempuan tersebut terutama rok panjangnya. Bahan yang digunakan untuk rok tersebut seperti bukan bahan katun. Seperti bahan kaos. Saya menduga itu adalah bahan yang namanya Spandex.

Pertengahan tahun 2011 mungkin adalah kali pertama saya melihat pakaian dan orang yang mengenakan pakaian berbahan Spandex dalam sebuah acara yang saya hadiri. Meskipun saat itu saya belum tahu bahwa bahan pakaian yang dimaksud bernama Spandex. Saya baru tahu beberapa waktu yang lalu, tepatnya ketika memeriksakan kandungan Minyu ke rumah sakit. Saya bertanya apa naman bahanΒ  yang digunakan oleh salah seorang seorang perempuan yang ada di rumah sakit tersebut. Spandex, jawab Minyu.

Ketika saya menghadiri sebuah acara di pertengahan tahun 2011 tersebut, saya melihat seorang perempuan yang juga datang ke tempat tersebut mengenakan baju gamis berwarna hijau. Perempuan tersebut terlihat lebih anggun di mata saya. Namun beberapa saat kemudian pandangan saya menangkap sesuatu yang kurang pas dengan gamis yang dikenakannya. Gamis tersebut terlihat begitu melekat dengan tubuhnya sehingga memperlihatkan bagian yang seharusnya tidak terlihat dan tidak akan terlihat jika mengenakan pakaian dari bahan lain. Terlihat ketat.

Nah, kejadian yang nyaris serupa dengan peristiwa di tahun 2011 itu terjadi lagi seperti yang saya ceritakan di awal coretan ini. Perempuan tersebut berjalan seperti biasa dirinya berjalan. Namun, pandangan mata saya menangkap sesuatu yang seperti saya sebutkan sebelumnya, tidak akan terlihat jika dirinya mengenakan bahan pakaian yang lain.

Adakah para perempuan itu menyadarinya? Atau bola mata saya, sebagai seorang lelaki, yang terlalu bebas?

49 respons untuk β€˜Spandex’

  1. ayanapunya Juni 11, 2014 / 20:36

    sekarang yang lebih sering dijual itu mpdel jersey sih. kalau spandex kan terlalu nempel di badan. kalau jersey katanya nggak terlalu nempel. bagus sih dipakainya. jatuh gitu di badan. asal pakai kerudungnya yang panjang. hehe

    • jampang Juni 12, 2014 / 05:18

      oh, ada model baru yah?
      kalau kerudungnya panjang kan emang persyaratannya begitu. cuma bagian bawahnya, aman nggak?

      • ayanapunya Juni 12, 2014 / 05:27

        Katanya sih kalau jersey yg bagus nggak nempel. Kalau bagian bawahnya sih asal lebar kayaknya nggak terlalu membentuk

      • jampang Juni 12, 2014 / 05:35

        mungkin begitu mbak

        cuma di bagian pinggul terlihat itunya….. ngomongnya gimana yah πŸ˜€

      • ayanapunya Juni 12, 2014 / 05:54

        Haha. Iya saya ngerti. Makanya tetap paling aman pakai kerudung yang nutup sampai bawah pinggang. Hehe

      • jampang Juni 12, 2014 / 06:04

        oooo…. sampe bawah. kirain cuma sekedar menutupi dada πŸ˜€

      • ayanapunya Juni 12, 2014 / 10:57

        kalau pakai gamis jersey bagusnya yang panjang. hehe

      • jampang Juni 12, 2014 / 15:47

        aman kalau gitu yah πŸ˜€

      • jampang Juni 13, 2014 / 07:36

        πŸ˜€

  2. Firsty Chrysant Juni 11, 2014 / 20:39

    iyaaa… bener…. aku juga punya kegalauan yang sama… belakangan suka perhatiin juga… walau kayanya make gamis tapi melekat di tubuh, teritama di (maaf) area pinggul… πŸ™‚

    • jampang Juni 12, 2014 / 05:19

      nah… di bagian itu yang saya maksud. apalagi kalau nggak pake lapisan lain…. keliahatan deh….. ups

  3. indri Juni 11, 2014 / 20:46

    iya soandex memang sifatnya lengket tuh pak. pernah sy punya jadi ribet kudu kasi dalaman tebel dsb dsb biar g membentuk hahahaha

    • jampang Juni 12, 2014 / 05:20

      mikirnya seh bakalan simple aja makenya, tinggal lep gitu (kayak iklan πŸ˜€ )
      ternyata harus ada yang ditambah biar aman yah

      • indri Juni 14, 2014 / 22:15

        malah jadi berat. males makenya kalo ga emergency

      • jampang Juni 15, 2014 / 06:36

        pastinya. double dan tebal

  4. nengwie Juni 12, 2014 / 01:41

    Iihh kang Rifki, sempet2nya daaah πŸ˜€

    • jampang Juni 12, 2014 / 05:21

      soalnya di depan mata, teh πŸ˜€

  5. Dyah Sujiati Juni 12, 2014 / 07:43

    Hobinya main bola ya pak?
    Main bola
    .
    .
    .
    Mata! πŸ˜›

  6. Baginda Ratu Juni 12, 2014 / 08:54

    Aku juga lagi latihan pake rok, mas. *sapa yg nanya* πŸ˜†
    Eh, aku pribadi jengah kok liat perempuan berkerudung tapi bajunya bagai nempel di kulit…
    Ya kalo mas rifki liat yg model begitu, tundukkan pandangan sajaaaaaa… πŸ™‚

    • jampang Juni 12, 2014 / 15:11

      sebab aturannya kan nggak boleh ketat.

      begitu nunduk… malah terlihat jelas mbak πŸ˜€

  7. Eka Azzahra Juni 12, 2014 / 09:26

    iya nih, fenomena baruu… pake gamis tapi nempel di kulit.
    Gak usah jauh2, emakku sendiri make gamis seperti itu.
    Tapi ya aku wanti2 aja, kalo pake gamis jersey pastikan jilbabnya nutup sampe ke tangan dan pake rok dalam dr bahan yg tebal jadi asset-nya gak nyetak di baju. Alhamdulillah, beliau mau terima saranku. Dan gamis jersey/spandek aman dipakai tanpa nyetak πŸ™‚

    • jampang Juni 12, 2014 / 15:12

      harus diakali ya mbak biar aman. mantap solusinya

  8. Tituk Juni 12, 2014 / 10:22

    kalo dulu kayanya spandex itu bahan baju renang yaa….

    • jampang Juni 12, 2014 / 15:16

      kurang tahu mbak kalau sejarahnya πŸ˜€

  9. ira nuraini Juni 12, 2014 / 10:32

    kl bahan spandex emang seringnya dipake untuk dalaman, entah untuk lengan ato baju..karena bahannya emang nempel dan kalo kegedhean juga bakalan ga enak dipakenya…ga tau deh yg salah yg milih rok ato yg bikin model… πŸ™‚
    kl yg sekarang bnyk dijual sih bahan jersey, bahannya jatuh juga tapi kl dibikin model lebar, rada kedodoran alias ga ketat malah kliatan lebih bagus…

    • jampang Juni 12, 2014 / 15:17

      takitnya yang bikin bahan dan model baju begitu adalah bagian dari konsipirasi mbak πŸ˜€

  10. Yudhi Hendro Juni 12, 2014 / 10:45

    di satu sisi dia berniat baik ingin pakai baju yg menutupi aurat, namun di sisi lain malah membuka peluang auratnya terlihat. mungkin karena kekurangpahaman dalam mengartikan berbusana muslimah ya, mas. gpp karena semua mesti berproses ke arah yg lebih baik πŸ™‚

    • jampang Juni 12, 2014 / 15:45

      terlihat seh tidak pak…. cuma tercetak πŸ˜€

      aamiin. semoga selanjutnya lebih baik

  11. ysalma Juni 12, 2014 / 11:18

    kalau untuk urusan gamis, saya masih belajar, makainya diacara tertentu aja, bukan perempuan anggun soalnya. Kalau yang nempel2 gitu malah semakin bikin penasaran ya, walau tertutup rapat *bukan salah mata lelaki kok πŸ™‚

    • jampang Juni 12, 2014 / 15:47

      yang ketat lebih mengundang, uni πŸ˜€

  12. abi_gilang Juni 12, 2014 / 14:54

    Duh ternyata mata kita sama yah kelakuannya :mrgreen:

  13. titantitin Juni 12, 2014 / 16:15

    hoho.. ternyataah
    tapi titin jg kurang nyaman siy liat akhwat yg pake jersey yg malah keliatan ngelibet jadinya πŸ˜€

    • jampang Juni 12, 2014 / 16:59

      iya… ternyatah πŸ˜›

      silahkan diingatkan kalau emang kenal, mbak. kan nggak mungkin saya πŸ˜€

      • titantitin Juni 13, 2014 / 10:39

        he?

        kan di tempat Mas Rifki, mosok titin kenal πŸ˜€

      • jampang Juni 13, 2014 / 10:48

        itu bukan perempuan yang saya ceritakan, tapi perempuan yang mbak lihat di komentar sebelumnya…. bukannya bilang ngelihat juga?

      • titantitin Juni 13, 2014 / 10:50

        ooh.. iyah, udh diingetin. πŸ˜€

        minimal harus dobel dan jilbabnya digedein hehe..

      • jampang Juni 13, 2014 / 11:04

        sippplah kalau begitu

  14. Chrismana"bee" Juni 12, 2014 / 16:56

    Spandek jersey mungkin ya om, kalo spandek yang biasa nggak terlalu jatuh bahannya, kalo yang spandek jersey bener2 jatuh, jadinya melekat di badan, kaliatan lekuk-lekuk tubuh. kalo spandek jersey saya sendiri juga nggak suka, karena ya itu, lekukan tubuh terlihat banget

    • jampang Juni 12, 2014 / 17:00

      kurang tahu jenisnya, mbak.
      saya taju ada spandex jersey dari komentar mbak aya di atas.

  15. catatanpencintahujan Juni 18, 2014 / 06:28

    Mungkin bahannya jersey, soalnya kalau spandex biasanya dipakai buat dalaman.
    Kalo menurut saya sendiri, sebaiknya mau spandex atau jersey, dihindari buat dipakai di luar rumah, soalnya nempel di badan *sebagus apapun kualitas jerseynya, mau yg jersey impor atau premium, potensi nyetaknya kurang lebih sama*. Padahal kan syarat pakaian yang sesuai syariat adalah longgar πŸ™‚

    • jampang Juni 18, 2014 / 07:31

      mungkin, mbak. saya kurang tahu soalnya tentang aneka bahan pakaian πŸ˜€

      iya salah satunya longgar dan tidak membentuk lekuk tubuh

      • catatanpencintahujan Juni 18, 2014 / 17:44

        nah itu diaaaa….

        karena berpakaian harusnya menutup, bukan membungkus πŸ™‚

      • jampang Juni 18, 2014 / 18:16

        Kayak makanan dibungkus πŸ˜€

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s