Containers : Rak di Dalam Masjid

Tema Weekly Photo Challnge minggu ini adalah Containers.

Boxes, tanks, wrappers: for this week’s Photo Challenge, show us something that contains something else.


Di dalam ruang utama sebuah masjid atau mushalla, biasanya terdapat satu atau beberapa rak ataupun lemari yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan Al-quran. Setiap jama’ah diperbolehkan menggunakan Al-quran tersebut untuk dibaca dan kemudian disimpan kembali di tempat semula jika sudah selesai membacanya.

Di kampung tempat saya berasal (hanya bed kelurahan dengan tempat tinggal saya sekarang), terdapat sebuah masjid besar yang jaraknya tak sampai 100 meter dari tempat saya tinggal waktu itu.

Di dalam masjid tersebut ada sebuah rak besar –satu-satunya– dengan beberapa tingkat yang ditelakkan menempel pada salah satu bagian dinding ruang utama masjid. Di dalam rak tersebut terdapat belasan atau mungkin puluhan Al-quran dengan berbagai ukuran.

Dahulu, di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, banyak jama’ah yang menggunakan Al-quran tersebut untuk dibaca alias tadarus atau tilawah. Saya termasuk salah satunya. Karena Al-quran tersebut adalah milik masjid yang bisa digunakan oleh siapa saja, maka saya dan jama’ah lain harus menandakan halaman yang berisi ayat terakhir yang dibaca dan kemudian menyimpannya di tempat yang agak sulit dijangkau oleh jama’ah lain. Tujuannya agar saya dan jama’ah lain akan mudah melanjutkan bacaan ayat atau surat berikutnya di waktu-waktu berikutnya.

Namun demikian, walaupun sudah disimpan dan diberi tanda sedemikian rupa, tetap saja ada kejadian kalau Al-quran yang sebelum saya baca sedang dibaca oleh jama’ah lain. Kalau sudah begitu, dengan terpaksa saya memilih Al-quran lain yang tersedia di rak. Jika ternyata lupa dengan bacaan terakhir, cara yang paling mudah adalah dengan meminta jama’ah tersebut membuka lipatan halaman atau tali pada Al-quran yang sedang dibacanya untuk mengetahui surat atau ayat berapa yang saya baca terakhir kali. Setelah itu, saya melanjutkan bacaan dengan Al-quran yang lain.

Berbeda denga masjid di atas (mungkin juga kondisi masjid di atas sekarang sudah berubah), masjid di kantor saya memiliki beberapa rak kecial sebagai media untuk menyimpan Al-quran. Rak-rak kecil seperti foto di atas diletakkan menyebar di beberapa titik ruang utama masjid, di depan dan di belakang.

Hingga saat ini, saya belum pernah menggunakan Al-quran milik masjid kantor untuk dibaca. Biasanya, jika ingin membaca Al-quran, saya menggunakan aplikasi Al-quran yang ada di handphone saja.

Jika saya perhatikan, ada di antara para jamaa’ah masjid kantor yang tidak menyimpan kembali Al-quran yang selesai dibacanya ke dalam rak. Mungkin karena posisinya yang jauh dari rak sementara jama’ah masjid sudah banyak yang datang sehingga menyulitkan langkahnya menuju rak. Akhirnya, Al-quran tersebut diletakkan di ruang kecil di tiang-tiang masjid dengan posisi berdiri. Adakalanya, jika tersenggol oleh jama’ah lain atau ada angin yang bertiup cukup kencang, Al-quran tersebut akan jatuh ke lantai dan menimbulkan suara yang cukup keras dan mengagetkan jamaa’ah lain.

Mungkin ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk menghindari kejadian seperti itu.


Lihat Foto Lainnya :

9 respons untuk ‘Containers : Rak di Dalam Masjid

  1. tipongtuktuk Juli 19, 2014 / 11:02

    di masjid di tempat saya juga ada rak seperti itu. Ada tulisan kalau sudah selesai membaca harap kembalikan lagi … he he he …:D

    • jampang Juli 20, 2014 / 04:30

      Pasti pada ngembaliin lagi ya kang… Nggak dibawa pulang 😀

  2. Yudhi Hendro Juli 19, 2014 / 13:52

    kalau setelah dibaca, jamaah mengembalikan dgn ke raknya dgn rapi tentu membantu tugas pengurus masjid ya mas

  3. ysalma Juli 19, 2014 / 18:56

    kan sudah ada raknya,
    bisa mengambilnya, harusnya bisa mengembalikan ke rak semula ya.

    • jampang Juli 20, 2014 / 04:33

      Sebaiknya memang begitu, uni

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s