[Amazing Minyu] Sebuah Rasa Bernama Sakit

sumber ilustrasi

Sekitar setahun yang lalu, saya membuat coretan fiksi tentang kisah Zul dan Sali yang berjudul “Maafkan, Jika Kuberbagi Sakit Ini”  Dalam coretan tersebut dikisahkan bahwa Sali jatuh sakit. Karena sakit yang dirasakannya, pada suatu malam, Sali pun mengaduh dan membangunkan Zul yang sudah lelap tertidur.

Mengetahui Zul yang terbangun, Sali pun meminta tolong agar Zul mengolesi bagian sakit di tubuhnya dengan minyak kayu putih. Lalu keduanya terjaga di sepanjang malam. Sali menahan rasa sakit, sementara Zul menemaninya.

Keesokan harinya, Sali merasakan tubuhnya lemas tak bertenaga. Ingin dirinya meminta Zul pulang dari kantor untuk menemaninya. Namun tak dilakukannya karena dirinya tak ingin mengganggu pekerjaan Zul. Sali juga merasa tidak enak hati karena semalam dirinya sudah mengganggu waktu istirahat Zul. Lalu Sali pun membuatkan sebuah puisi sebagai permohonan maaf dan terima kasihnya kepada Zul. Puisinya bisa di baca di sini.

Sakit tak hanya diderita oleh tokoh dalam cerita fiksi. Di dunia nyata pun bisa terjadi. Siapa pun pasti bisa mengalami rasa sakit. Saya pernah. Beberapa waktu yang lalu, Minyu pun pernah merasakan sakit di tengah malam. Namun apa yang terjadi di dunia cerita tidak selalu sama dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Begitu pula yang dilakukan Minyu, berbeda dengan apa yang dilakukan Sali. Tidak sama.

Suatu pagi, selepas melaksanakan shalat shubuh, Minyu membaringkan tubuhnya lalu memejamkan matanya.

“Masih ngantuk?” tanya saya.

Minyu mengangguk. “Semalam terbangun dan susah tidur lagi,” jawab Minyu kemudian.

“Kenapa?” Tanya saya lanjut.

“Badannya sakit.”

“Lho?” saya kaget. “Kenapa nggak bangunin?”

“Abang tidurnya lelap banget.“

“Ya, bangunin aja!” *sok bergaya jadi pahlawan gitu :D*

“Nggak apa-apa. Abang pasti udah cape.”

“Sekarang, udah enakan?”

“Lumayan.”

“Lain kali, kalau bangun tengah malah dan susah tidur, bangunin abang aja!” *sok bergaya jadi pahlawan gitu :D. Udah dua kali!*

Minyu hanya mengangguk.

Hingga saat ini, saya belum pernah merasa dibangunkan oleh Minyu di tengah malam. Baik karena dirinya merasa sakit atau karena sulit tertidur. Saya baru mengetahui Minyu merasa sakit atau sulit tidur di malam hari ketika saya bertanya di pagi harinya.

maafkan, jika aku tak tersadar
ketika dirimu terjaga
maafkan, jika aku tak mendengar
kala dirimu mengaduh akibat sakit yang kau rasa
maafkan, jika aku sudah pergi ke alam mimpi
sementara dirimu sulit untuk memejamkan mata
maafkan, jika kunikmati istirahatku seorang diri
sementara dirimu menahan sakit tak terperi

Semoga Allah selalu memberikanmu kesehatan. Aamiin.

 


Tulisan Terkait Lainnya :

34 respons untuk ‘[Amazing Minyu] Sebuah Rasa Bernama Sakit

  1. rianamaku September 4, 2014 / 20:34

    Wah mungkin apa yang dirasakan mbak minyu saat itu mungkin pikir dia sakit biasa jadi ngak mau merepotkan begitu juga dengan aku kalau di posisi mbak minyu….

    • jampang September 5, 2014 / 07:48

      ya mungkin juga seperti itu, mbak. cuma dia yang tahu kadar sakitnya 😀

      • rianamaku September 5, 2014 / 08:57

        Betul…

      • jampang September 5, 2014 / 09:17

        😀

  2. tintin September 4, 2014 / 20:52

    minyu lagi hamil ya? segera sehat ya..

    • jampang September 5, 2014 / 07:49

      iya mbak. aamiin. terima kasih doanya, mbak

  3. pinkvnie September 4, 2014 / 21:35

    Pengertian sekali ka Minyu … Beruntunglah suaminya 😀

    • jampang September 5, 2014 / 07:49

      alhamdulillah 😀

  4. danirachmat September 4, 2014 / 22:54

    Amiiin.. semoga segera diberikan kesehatan dan sehat selalu Bang. Kalo saya sih pernah dibangunkan tapi ga bangun juga. Kata istri tidurnya lelap banget.

    • jampang September 5, 2014 / 07:50

      aamiin. terima kasih doanya, mas.

      😀 bisa juga saya seperti itu

  5. ysalma September 5, 2014 / 04:07

    Aamiin, Semoga Minyu dan dedek tetap sehat,
    Ayah siaga… 🙂

    • jampang September 5, 2014 / 07:50

      aamiin. terima kasih doanya, uni.

      insya Allah.

  6. Vinda Filazara September 5, 2014 / 05:49

    Wah~ buya lahir bathin banget yaa? Sehat selalu yaa umma Minyu 🙂

    • jampang September 5, 2014 / 07:51

      apanya yang lahir bathin, mbak?

      aaamiin. terima kasih

      • Vinda Filazara September 6, 2014 / 07:07

        Ya cintanya donk, apalagi 😀

      • jampang September 6, 2014 / 09:43

        oooo…. kirain apa. 😀

  7. theadiokecenter September 5, 2014 / 09:11

    semoga diberikan kesembuhan, dan dimudahkan segala urusan.. amin

    • jampang September 5, 2014 / 09:17

      itu kejadian beberapa waktu yang lalu, mas. alhamdulillah, sudah baikan

      • jampang September 5, 2014 / 09:27

        dan berharap semoga sehat selalu.

        terima kasih, mas

  8. titintitan September 5, 2014 / 09:48

    yaaah, kali ini gaksesuai perkiraan.
    kiraain bakal sesuai cerita 😀

    • jampang September 5, 2014 / 10:07

      ya kan kenyataan kadang nggak sama dengan dunia khayalan 😀

  9. Tita Bunda Aisykha September 5, 2014 / 12:30

    Aiiihhh,,co cweeeettt,,semoga mba minyu sehat2 selalu ya bang 🙂

    • jampang September 5, 2014 / 12:43

      aamiin. terima kasih doanya, mbak

  10. Mas Djie September 5, 2014 / 19:13

    Semoga kesehatan dan keberkahan senantiaa tercurah selalu untuk keluarga ini… 😀

    • jampang September 6, 2014 / 05:36

      aamiin yaa Allah, aamiin

  11. Rivanlee September 5, 2014 / 20:00

    atau mungkin mbak minyu lebih nyaman ketika ngomong di pagi hari? 😀

  12. faziazen September 5, 2014 / 22:33

    kandungannya udah tambah gede ya? mungkin udah kontraksi palsu
    mbak Minyu tegar sekali nahan sakitnya
    biasanya emang gitu,,susah tidur..miring ke kiri salah..ke kanan salah

    • jampang September 6, 2014 / 05:29

      udah 6 jalan 7 bulan. kejadiannya sebelum hamil besar. sudah agak lama. tapi sekarang ya tetep gitu kalau sakit 😀

  13. zizadesita Januari 12, 2015 / 21:22

    Pas banget, td mlm baru aja begadang krn demam g bisa tidur. Wlpn sudah dipeluk mas Suami yo tetep begadang, paginya baru nyadar istrinya sakit krn cacarnya keluar..hiks.

    • jampang Januari 13, 2015 / 05:14

      semoga lekas sembuh, ya mbak. biar sehat kembali. aamiin

      • zizadesita Januari 13, 2015 / 05:19

        Aminn ya Rabbal Alamin. maturnuwun.

      • jampang Januari 13, 2015 / 05:29

        sama-sama

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s