Nighttime : Monument and Bridge

Tugu di Kota Sampit
Tugu di Kota Sampit
Jembatan Ampera, Palembang
Jembatan Ampera, Palembang

Nighttime menjadi tema pilihan dari weekly photo challenge minggu ini. Saya mengartikannya sebagai waktu malam atau pengambilan gambar yang diambil di waktu malam ketika sudah tidak ada lagi sinar matahari yang membantu pencahayaan.

Terus terang saja, saya jarang melakukannya. Setidaknya ada dua penyebab.

Pertama, karena saya jarang keluar rumah atau jalan-jalan di malam hari, sehingga sedikit sekali kemungkinan saya bisa menemukan momen-momen menarik yang terjadi selepas senja.

Kedua, kamera handphone saya kurang mendukung untuk pengambilan gambar di malam hari. Tidak ada lampu blitz yang bisa membantu pencahayaan saat pengambilan gambar. Memang ada fasilitas scene mode yang salah satu pilihannya adalah night namun proses pengambilannya tidak secepat ketika tanpa menggunakan scene mode. Ketika saya menyentuh layar untuk mengabadikan gambar, diperlukan waktu yang lebih lama bagi kamera handphone saya untuk bekerja dibandingkan ketika tanpa menggunakan fasilitas tersebut. Jadi saya harus lebih bersabar memegang hanphone agar gambar bisa terekam dengan baik.

Karena dua alasan tersebut, maka koleksi foto yang diambil di waktu malam yang saya miliki sangat sedikit. Setelah saya cek di beberapa folder di laptop, saya  menemukan dua buah foto di atas.

Foto pertama adalah sebuah tugu di Kota Sampit. Kota kedua yang saya singgahi ketika mendapat rangakaian tugas ke tiga kota sekaligus di Pulau Kalimantan beberapa waktu yang lalu. Cerita lengkapnya bisa dibaca di cacatan perjalanan saya yang berjudul  “Jejak-jejak di Borneo : Palangkaraya – Sampit – Pangkalanbun”. Sedangkan foto beberapa lokasi di ketiga kota tersebut bisa dlihat di album foto “@Borneo : Palangkaraya – Sampit – Pangkalanbun”.

Saya mengambil foto tersebut di sebuah persimpangan setelah makan malam bersama kawan. Saya ikut-ikutan mengambil foto tersebut karena melihat teman saya yang lebih dahulu memotret dengan kamera canggihnya.

Foto kedua adalah foto Jembatan Ampera di atas Sungai Musi. Saya sempat melihat langsung jembatan terebut dalam kunjungan singkat di Kota Palembang beberapa waktu lalu. Karena singkatnya, saya jadi tidak sempat menikmati Pempek  di tempat asalnya, Palembang.


Lihat Juga Weekly Photo Challenge Lainnya :

19 respons untuk ‘Nighttime : Monument and Bridge

  1. ysalma September 27, 2014 / 10:18

    Foto-fotnya keren-keren euy.

    • jampang September 28, 2014 / 05:05

      terima kasih, uni

  2. JNYnita September 27, 2014 / 12:24

    Cantik bingitss jembatannya.. 😀

    • jampang September 28, 2014 / 05:06

      iya mbak. ada lampu2nya

  3. danirachmat September 27, 2014 / 14:03

    Alhamdulillaah pernah melihat langsung dua-duanya. Cuman kalo tugu di sampit lihatnya pas siang hari. 😀

    • jampang September 28, 2014 / 05:07

      d siang hari saya nggak ngeliat. mungkin nggak lewat situ lagi atau saya nggak ngeh pas lewat situ 😀

  4. Firman Pamungkas September 27, 2014 / 15:10

    Malem hari tetep rame ya disana… jepretannya juga bagus.

    • jampang September 28, 2014 / 05:08

      kalau di sampit sepi. tapi yang di palembang rame banget.
      terima kasih

  5. MS September 28, 2014 / 11:13

    sama bang…, foto malam hari aku jarang banget….,
    senjatanya juga cuma hape sih ..

    • jampang September 28, 2014 / 11:19

      tapi diedit2 pencahayannya dan contrastnya pake aplikasi jadi lumayanlah 😀

      • MS September 28, 2014 / 11:26

        pake aplikasi apa bang..itu foto jembatan Ampera jelas dan keren banget

      • jampang September 28, 2014 / 11:31

        saya cuma pake aplikasi ACDSee. cuma itu doang yang ada.

  6. bukanbocahbiasa September 30, 2014 / 16:57

    Pas ke Palembang, aku blm sempat mampir ke Jembatan Ampera. Pengin ke sana lagi, insyaAllah 🙂

    • jampang Oktober 1, 2014 / 04:15

      semoga segera terkabul. aamiin

  7. capung2 Oktober 1, 2014 / 07:51

    Pengen bnget nyoba ambil foto di malam hari, cma sygnya pixel hp gag mendukung nih.. 😀

    • jampang Oktober 1, 2014 / 08:57

      coba diakalin pake cahaya bantuan, mas

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s