[Nostalgia] Permainan Ini, Apa Namanya?

mainan anak-anak 1

Saat ini, saya mengikuti sebuah grup di facebook yang membawa para anggotanya mengenang kembali kenangan-kenangan di masa kecil. Saya termasuk anggota yang tidak aktif. Hanya sekedar memantau saja. Salah satumya berupa mainan yang pernah saya mainkan ketika duduk di bangku sekolah dasar.

Titik perbedaan antara permainan anak-anak di zaman dahulu dengan di zaman sekarang mungkin berupa kreatifitas, aktifitas, dan murah meriah. Bagi anak-anak sekolah dasar seperti saya dahulu, ada dua pilihan tempat bermain. Di luar kelas atau di dalam kelas.

Permainan di luar kelas adalah permainan yang membutuhkan energi lebih besar karena setiap anak dituntut untuk banyak bergerak. Permainan jenis ini misalnya galasin atau gobak sodor, bentengan, kejar-kejaran, taplak, lompat tali, dan sebagainya.

Sementara permainan di dalam kelas tak perlu banyak energi, sebab dimainkan sambil duduk dengan memanfaatkan apa yang ada di dalam tas. Kertas dan pensil. Salah dua permainannya adalah yang akan saya ceritakan di sini.

Penampakan permainan pertama adalah seperti pada ilustrasi di atas. Permainan ini dimainkan oleh dua orang dengan memanfaatkan kertas dan pensil. Nama permaiannya, saya tidak tahu. Tapi kalau dilihat dari cara bermainnya, mainan ini masuk kategori perang-perangan.

Selembar kertas yang diambil dari buku tulis dilipat dua sama besar. Masing-masing bagian menjadi wilayah pertahanan para pemainnya. Di masing-masing wilayah tersebut, masing-masing anak bisa menggambar pasukan yang dikehendakinya. Bisa berupa orang, tank, kapal, atau mungkin juga pesawat. Jumlah pasukan masing-masing harus sama.

Setelah semuanya sudah siap. Permainan dimulai oleh salah satu pemain dengan menembak pasukan musuh. Caranya adalah dengan membuat sebuah bulatan kecil dengan pensil di wilayah pertahanan dengan terlebih dahulu memperhatikan posisi pasukan lawan yang akan ditembak.

Setelah bulatan selesai dibuat, kertas dilipat. Di bagian belakang kertas, bagian bulatan tersebut dibulatkan lagi dengan pensil. Tujuannya adalah agar tanda hitam pada bulatan yang dibuat sebelumnya meninggalkan bekas di daerah lawan.

Jika tanda hitam tersebut mengenai pasukan musuh, maka pasukan musuh berkurang. Siapa yang berhasil menghabiskan pasukan musuh lebih dahulu, maka dialah pemenangnya.

mainan anak-anak 2

Berikutnya adalah permainan kedua. Sama-sama menggunakan kertas dan pensil dan dimainkan oleh dua orang. Nama permainan ini juga tidak bisa saya ingat. Jika dilihat dari cara bermainnya, mainan ini masuk kategori puzzle.

Tujuan dari permainan ini adalah mengumpulkan kotak dalam jumlah terbanyak. Selembar kertas yang digunakan dalam permainan ini diberikan titik-titik terlebih dahulu dengan jarak yang sama antara satu titik dengan titik lainnya.

Masing-masing pemain akan membuat sebuah garis yang menghubungkan dua buah titik secara bergantian dan acak. Perlu ketelitian dan perhitungan untuk bisa memenangkan permainan ini. Jika lengah sedikit dan salah membuat garis, maka lawan akan langsung melengkapi sebuah garis untuk membentuk sebuah kotak. Di akhir-akhir permainan, bisa jadi seorang pemain dapat menghasilkan banyak kotak dalam sekali langkah.

Ada yang pernah melihat atau memainkan permainan di atas?

Ada yang tahu nama permainan tersebut?

 


Tulisan Tentang Mainan Anak-anak Tempo Dulu lainnya :

34 respons untuk ‘[Nostalgia] Permainan Ini, Apa Namanya?’

  1. Okti D. Oktober 3, 2014 / 21:18

    Justru lebih kreatif jaman dulu ya Mas. Gak pake gadget padahal.
    Bukan cuma pintar main gamenya tapi juga sanggup bikin ide gamenya juga 🙂

    Namanya? Waduh nggak tau… contekin dong…

    • jampang Oktober 4, 2014 / 05:14

      iyah. dan yang jelas, mainan dulu nggak dimainin sendirian. pasti ngajak teman. ada sisi kebersamaannya.

      justru saya nggak tahu, makanya nanya 😀

  2. joeyz14 Oktober 3, 2014 / 21:21

    Aku dulu sering mainin yang pertama mas..tapi lupa juga namanya.
    Emang lucu ya group di fb itu 80 90 an emang era paling kece (menurut kita sih..kalo menurut anak jaman sekarang mungkin beda kali ya…cupu ga ada internet) :))))

    • jampang Oktober 4, 2014 / 05:16

      mungkin dulu mikirnya apalah arti sebuah nama. yang penting asyik mainnya.
      beda zaman, beda sikap dan prilakunya 😀

  3. pinkvnie Oktober 3, 2014 / 22:07

    Pernah main yg permainan pertama, klo yg kedua baru tahu tapi kayaknya caranya hampir sama dgn permainan bingo/SOS ya …_
    Klo nama permainan yg pertama ngga tahu namanya 😀

    • jampang Oktober 4, 2014 / 05:17

      iya. prinsipinya hampir sama dengan SOS. jangan-jangan nggak ada namanya 😀

  4. syifna Oktober 3, 2014 / 23:13

    Aku pernah mainin permainan ini nih om hehehe, tapi lupa namanya
    sering nyobekin kertas atau di bagian belakang buku buat mainin beginian hehehe

    • jampang Oktober 4, 2014 / 05:19

      nah, bahan-bahannya gampang didapan kan? 😀

  5. danirachmat Oktober 4, 2014 / 04:54

    Padahal sering main tapi ga ngerti namanya. Perang-perangan ama garis-garisan dulu nyebutnya,. Hahahaha.. Ah nostalgiaa….

    • jampang Oktober 4, 2014 / 05:21

      iya kalinya, biasanya penamaan jaman dulu simple2 aja:D

  6. monda Oktober 4, 2014 / 06:23

    jamanku dulu belum ada kayaknya yang main ginian deh..
    teman2 cowok ya senangnya main di luar
    kk yg cewek cuma duduk2 aja ngerumpi di teras kelas he..he..

    • jampang Oktober 4, 2014 / 08:31

      Seringnya emang main di luar seh.

  7. capung2 Oktober 4, 2014 / 08:37

    Udah lupa jga sya nama permainan diatas tapi sya suka memainkannya waktu dulu. 😀

    • jampang Oktober 4, 2014 / 09:16

      udah terlalu lama yah 😀

  8. dyazafryan Oktober 4, 2014 / 09:36

    lupa namanya..om. sering main yang gambar pertama…saling bunuh pasukan.. wkkwkkw
    jadi kangen dulu zaman sd smp. 😀

    • jampang Oktober 4, 2014 / 09:46

      masa anak-anak memang menyenangkan 😀

      • dyazafryan Oktober 6, 2014 / 11:50

        iah om… hahah banget.. 😀

      • jampang Oktober 6, 2014 / 13:28

        tapi nggak bisa balik lagi ke masa itu

      • dyazafryan Oktober 6, 2014 / 17:56

        iya.. kalo dimainin sekarang, kayaknya beda ya om..

      • jampang Oktober 7, 2014 / 04:03

        mungkin bisa main sama anak nanti 😀

      • dyazafryan Oktober 8, 2014 / 11:14

        nah betul juga om.. 😀

      • jampang Oktober 8, 2014 / 11:15

        sipppp

  9. ysalma Oktober 4, 2014 / 20:21

    kalau ini belum pernah mainin sama sekali,
    jadi sudah dipastikan ga tau namanya,
    tapi permainannya benar2 kreatif,

    • jampang Oktober 5, 2014 / 05:21

      iya. hanya memanfaatkan kertas dan pensil bisa main berlama-lama buat ngasah otak

  10. zilko Oktober 6, 2014 / 16:44

    Aku kurang tahu tentang kedua permainan ini. Tetapi dulu banget memang banyak bermain dengan kertas seperti ini. Kalau dipikir-pikir, orang-orang dulu kreatif juga ya. Dengan peralatan sederhana dan seadanya, tetapi bisa membuat permainan yang seru, hehehe 🙂 .

    • jampang Oktober 7, 2014 / 04:03

      yup. selain seru, permainan dulu menuntut pemainnya berpikir dan bergerak aktif.

  11. Domain murah Oktober 14, 2014 / 16:50

    maenan jaman SD itu cukup gunakan pensil dan kertas saja gk perlu mengeluarkan biaya banyak .

  12. Suwoko Saiyan September 18, 2017 / 09:57

    yang bawah itu namanya Dot’s & Boxes. Ada game nya di hp java, seru 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s