[Amazing Minyu] Dari Wadah yang Sama

es kelapa muda
Ada yang pernah mendengar ungkapan atau kalimat “makan sepiring berdua”?

Apa yang langsung terlintas di benak Anda ketika mendengar atau membaca kalimat tersebut?

Jika hasil penelusuran saya tepat, kalimat atau ungkapan tersebut dipopulerkan melalui lirik dalam sebuah lagu sekian tahun silam. Sepiring Berdua, judulnya. Berikut adalah dalam lirik lagu yang dimaksud.

pabila kuingat dirimu
di saat bersama
hidup sengsara
makan sepiring kita berdua
tidur pun setikar bersama

diriku merasa bahagia
mendampingi dirimu
dalam suka duka
walaupun hujan basah berdua
demi cinta aku pun rela

tiada kusangka, tiada kuduga
badai derita oh datang melanda
kini kau jauh entah dimana
tinggalkan aku didalam kecewa
mengapa tega hatimu
oh kasih…
cintaku engkau khianati

Sepertinya, tema yang disampaikan melalui lirik lagu tersebut adalah tentang kesengsaraan dan pengkhianatan. Dua hal yang saya yakin tak seorangpun mau merasakannya. Karenanya, saya tidak akan menceritakan tema makan sepiring berdua atau minum segelas bersama berdasarkan lirik lagu tersebut. Saya akan melihatnya dari sisi yang berbeda. Sisi romantisme. Sebab makan sepiring berdua atau minum segelas bersama tak selalu identik dengan kesengsaraan. Setuju?

Sepertinya, hampir semua laki-laki atau perempuan mau menikmati makanan atau minuman dari wadah yang sama dengan pasangannya. Tetapi apakah jumlah itu sebanyak laki-laki atau perempuan yang mau makan dari sendok yang sama dengan yang digunakan pasangannya atau minum dengan gelas atau sedotan yang sama dengan yang digunakan pasangannya?

Saya pikir jumlah laki-laki atau perempuan yang mau melakukan hal yang kedua lebih sedikit dibandingkan yang mau melakukan hal yang pertama. Mungkin alasannya berupa tidak terbiasa, tidak suka, jijik, atau takut tertular penyakit.

Sambil merebahkan diri di atas tempat tidur, saya bertanya kepada Minyu mengenai masalah di atas. Sebab selama ini, saya dan Minyu sering minum air dari gelas atau botol yang sama. Minyu juga sering menyuapi saya dengan sendok yang sedang digunakannya ketika makan jenis makanan tertentu. Mengapa Minyu mau melakukannya?

“Kalau Abang kena rabies, ya nggak mau!”

Sepertinya, Minyu melakukannya karena meyakini bahwa diri saya sehat sehingga dirinya mau menikmati makanan dan minuman yang berasal dari wadah yang sama.

“Lagian kalau nggak mau kan jadinya aneh!” timpal saya.

“Aneh gimana?”

“Ya masa ciuman mau tapi makan dan minum dari tempat yang sama nggak mau!”

😀

Terlepas dari sisi romantisme di atas, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting, yaitu bahwa makan dan minum dari wadah yang sama merupakan salah satu hal yang dicontohkan oleh keluarga Rasulullah Shallallaahu Wa Sallam sebagaimana hadits-hadits berikut ini :

Dari Aisyah RA, ia berkata : Saya dahulu biasa makan his (sejenis bubur) bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassalam “ (HR. Bukhori dalam Adabul Mufrod)

Dari Aisyah Ra, ia berkata : Aku biasa minum dari gelas yang sama ketika haidh, lalu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassalam mengambil gelas tersebut dan meletakkan mulutnya di tempat aku meletakkan mulut, lalu beliau minum (HR Abdurrozaq dan Said bin Manshur, dan riwayat lain yang senada dari Muslim)

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassalam pernah minum di gelas yang digunakan Aisyah. Beliau juga pernah makan daging yang pernah digigit Aisyah. (HR Muslim No. 300)


Baca Juga Cerita Amazing Minyu Lainnya :

52 thoughts on “[Amazing Minyu] Dari Wadah yang Sama

  1. ayanapunya Oktober 15, 2014 / 18:10

    Kalau di komik-komik biasanya minum dari gelas yang sama dianggap ciuman tak langsung. Wkwkwk

    • JNYnita Oktober 15, 2014 / 19:20

      Baru mau komentar hal yang samaa.. Hahaha.. Padahal rugi doang, enaknya gak dapet tp kumannya dapet.. 😀

      • jampang Oktober 16, 2014 / 04:45

        termasuk sama suami/istri, mbak?

      • ayanapunya Oktober 16, 2014 / 07:01

        iya. hehe. tapi kalau sudah akrab banget kayaknya udah nggak dipermasalahkan lagi 🙂

      • jampang Oktober 16, 2014 / 07:03

        lagian kan udah suami istri…. ya nggak masalah. kan udah saling menerima satu sama lain

      • jampang Oktober 16, 2014 / 07:06

        😀

    • jampang Oktober 16, 2014 / 04:44

      wah saya baru tahu. jarang baca komik-komik sekarang 😀

      • ayanapunya Oktober 16, 2014 / 06:51

        Itu di komik2 dulu malah. Nggak tahu kalau sekarang 😀

      • jampang Oktober 16, 2014 / 07:01

        lah… saya dulu komiknya cuma tatang s. petruk, gareng, bagong, dan semar…. paling2 yang agak tebelan mimin yang nggak ada adegan minum dari gelas yang sama

      • ayanapunya Oktober 16, 2014 / 07:03

        eaa maksudnya komik jepang 😀

      • jampang Oktober 16, 2014 / 07:03

        😀

  2. dani Oktober 15, 2014 / 21:59

    Setelah lepas masa-masa romantisme cinta berdua, sekarang alasan minum/makan dari wadah yang sama adalah karenaaa… lebih irit. Hahahaha,,

    • jampang Oktober 16, 2014 / 04:47

      tapi kalau porsinya double kan sama aja, mas 😀

      • jampang Oktober 16, 2014 / 13:10

        😀

  3. winnymarch Oktober 15, 2014 / 23:57

    sepiring berdua satu pring buat dua ehhe

    • jampang Oktober 16, 2014 / 04:56

      makannya gantian yah 😀

      • winnymarch Oktober 17, 2014 / 23:16

        hihi sekalian hemat haha

      • jampang Oktober 18, 2014 / 05:39

        bisa… bisa,,, 😀

  4. dyazafryan Oktober 16, 2014 / 11:25

    Sepiring berdua porsinya kayak dua piring.. lumayanlah.. hemat cuci piring om 😀

    • jampang Oktober 16, 2014 / 13:10

      iya juga yah… hemat di sisi lain

      • jampang Oktober 17, 2014 / 09:15

        😀

  5. zilko Oktober 16, 2014 / 13:00

    Yaaa, kalau sengaja makan/minumnya sepiring berdua (jadi memang sengaja memesan/membuat satu piring aja gitu) dan alasannya bukan karena untuk irit mah … , hahaha 😀 .

  6. Dinar Zul Akbar Oktober 16, 2014 / 14:53

    Salah kamar sy nampaknya
    Kyknya thread yg ad kata2 amazing spiderman eh minyu ga cocok buat sy

    • indri Oktober 16, 2014 / 20:43

      hahahahaaa… jomblo kasian mblooo… 😀

      • Dinar Zul Akbar Oktober 16, 2014 / 22:33

        OMG
        Saya bakal adukan mba ke komnas HaaaaaaM

      • indri Oktober 16, 2014 / 22:35

        Jawaban komnas ham
        Silahkan ajukan pengaduan anda ke kua dgn membawa mempelainya hahahhaha…

      • Dinar Zul Akbar Oktober 16, 2014 / 22:41

        Sy mw ngadu ke ahok aj klo gitu
        #Jadi nyampah dimari

  7. ira nuraini Oktober 16, 2014 / 16:38

    makan dan minum dari wadah yg sama bareng pasangan itu lebih nikmat mas…hahaha

    • jampang Oktober 17, 2014 / 05:03

      kecuali kalau lapar banget… terasa kurang, mbak 😀

      • ira nuraini Oktober 17, 2014 / 07:21

        ga kerasa lho makan di piring yg sama berdua itu padahal abisnya banyak, aku biasanya kalo pun lapar ya nambah lagi dihabisin lagi berdua…hahaha

      • jampang Oktober 17, 2014 / 07:51

        😀
        sip.. sip…

  8. indri Oktober 16, 2014 / 20:46

    kalau saya supaya cucian piring tidak banyak hahahaha… romantis lewat dah 😀

    • jampang Oktober 17, 2014 / 05:15

      bisa aja…. untung makannya tetap di piring, bukan dari penggorengan langsung 😀

      • indri Oktober 17, 2014 / 06:59

        Hahahahhaha… Itu sih jorok

      • jampang Oktober 17, 2014 / 07:50

        😀

  9. faziazen Oktober 17, 2014 / 00:41

    minum dari wadah yg sama..biasa aja
    kadang kalo kangmas makan terus aku ngiler pengen minta lauknya xiixi
    tapi emang ada orang yang ga suka sih, minum bekasnya orang, bahkan suami/istrinya sendiri

    • jampang Oktober 17, 2014 / 05:19

      iya mbak. ada yang nggak terbiasa dengan suami/istirnya sendiri.
      ada juga yang pasangannya harus mau makan/minum dari wadah yang dipakainya, tetapi dirinya nggak mau makan/minum dari wadah yang dipakai pasangannya

      • faziazen Oktober 17, 2014 / 08:40

        wiih

      • jampang Oktober 17, 2014 / 09:08

        wooh 😀

  10. Tita Bunda Aisykha Oktober 18, 2014 / 12:02

    Kalo sepiring berdua sih aku sering bang,,klo suami lg banyak kerjaan drpd ngga sempat makan ya disuapin aja dr piring tmpat aku makan,,he he sekalian nyuapin bebiku jg he he,,bertiga kn malah, tp makan/minum dr wadah yg sama bagus jg kn bwt hubungan dlm rmh tangga,,

    • jampang Oktober 18, 2014 / 16:34

      yang terakhir itu yang lebih penting, mbak

  11. pitaloka89 Oktober 29, 2014 / 14:59

    Biasanya kalau makan diluar, pesennya beda biar bisa saling cicipi 😀
    Ngirit

      • jampang Oktober 29, 2014 / 15:14

        lanjutkan aja 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s