Ketika Menjadi Blogger Adalah Pilihanku

ketika menjadi blogger adalah pilihanku

Awalnya, saya tidak suka menulis. Membaca juga tidak. Buku pelajaran dan diktat kuliah mungkin bisa dijadikan sebuah pengecualian. Hingga kemudian saya mulai mengenal intranet dan internet yang dikemudian hari sedikit banyak mempengaruhi saya dalam hal menulis.

Intranet merupakan jaringan yang menyerupai internet namun dengan ruang lingkup yang lebih kecil dan bersifat khusus. Aksesnya terbatas dan hanya bisa dilakukan oleh pegawai kantor melalui komputer yang terhubung dengan jaringan intranet. Jadi tak bisa diakses dari luar kantor. Sementara internet jaringannya jauh lebih luas.

Di dalam jaringan intranet di instansi tempat saya bekerja, ada salah satu unit kerja di kota Bandung yang menyediakan fasilitas blog. Cicadas Blog namanya. Disingkat CiBlog. Dari Ciblog itulah saya mulai mengenal blog. Lalu saya ikut-ikutan membuat blog seperti yang dilakukan oleh rekan saya, Tri namanya. Yup, semula saya hanya ikut-ikutan memiliki blog.

Dengan bantuan Tri, saya mulai melakukan registrasi di CiBlog. Saya pun resmi memiliki blog dengan nama akun atau user “jampang”. Saya resmi menjadi seorang blogger.

Selama beberapa waktu mengenal CiBlog, saya tetap belum mampu untuk aktif membuat tulisan sendiri. Saya malah lebih asyik mengatur tampilan blog yang saya kelola. Kalaupun saya mengupdate isi blog, bisa dipastikan itu adalah hasil copy paste tulisan orang lain yang saya dapat melalui milis atau mencarinya langsung di internet. Tentu saja dengan menyebutkan sumbernya.

Di masa selanjutnya, akses ke CiBlog semakin lambat. Mungkin karena semakin banyaknya user yang aktif di dalamnya. Selain itu, saya juga pindah kantor. Di kantor yang baru, selain mendapatkan akses intranet, saya juga mendapatkan akses internet. Saya pun mulai membuat blog di internet.

Blog yang pertama saya buat berplatform blogspot. Nama akun yang saya gunakan sama seperti yang saya gunakan di CiBlog, “jampang”. Tepat pada tanggal 25 Juni 2005, saya membuat posting perdana di blogspot. Sebuah postingan berupa puisi dengan judul “Bila Tiba Waktu Berpisah.” Sayangnya, postingan tersebut dan banyak postingan di blogspot sudah saya hapuskarena saya aktif menulis blog di platform lain. Namun alamat http://jampang.blogspot.com masih bisa diakses.

Ketika akses ke blogspot sulit, saya kembali mencari platform blog lain. Lalu saya melakukan registrasi di blogdrive. Masih menggunakan “jampang” sebagai nama usernya. Saat itu, saya mengelola dua blog dengan platform berbeda.

Aktivitas saya di kedua blog tersebut tidak bertahan lama. Penyebabnya adalah karena saya mengenal blog dengan platform lain yang menyediakan fitur pertemanan. Multiply, namanya. Saya pun melakukan register di multiply dengan tetap menggunakan “jampang” sebagai nama user atau ID. Dari file backup yang masih saya miliki, postingan pertama di Multiply tertanggal 15 Agustus 2005 dengan judul “Terima Kasih”.

Di Multiply –lah saya merasakan benar-benar menjadi seorang blogger. Dengan penuh semangat, saya mengupdate blog secara rutin. Di Multiply pula saya mengenal teman-teman baru dan melakukan kopdar sesama MPers, sebutan bagi para pengguna Multiply. Dari Multiply pula, saya mendapat dorongan dan semangat untuk membuat sebuah buku. Buku yang berisi tulisan-tulisan yang saya hasilkan di Multiply. Buku itu pun terbit dengan judul “Jejak-jejak yang Terserak”. Terbit secara indie.

Sayangnya, aktivitas blogging dan pertemanan dengan para MPers harus terganggu karena ditutupnya Multiply oleh siempunya. Para MPers kemudian berpencar ke beberapa platform blog yang berbeda, bahkan ada pula yang semangat menulisnya ambruk dan lebih memilih aktif di facebook atau twitter. Saya sendiri memilih wordpress, yang sebenarnya sudah saya buat akunnya sejak lama meski tidak pernah diisi, sebagai tempat berlabuh untuk coretan-coretan saya.

Kini, ngeblog menjadi seperti candu bagi saya. Bila sehari saja saya tidak membuat sebuah tulisan di blog, saya merasakan ada sesuatu yang hilang. Lebay? Mungkin. Tetapi kurang lebih seperti itulah yang saya rasakan. Setidaknya hingga coretan untuk memperingati Hari Blogger Nasional yang jatuh pada hari ini, 27 Oktober, bisa Anda baca.

Lantas apa yang menjadi alasan saya menjadi seorang blogger dan rajin membuat tulisan di blog?

Bersosialisasi

Blog merupakan salah satu media untuk bersosialisasi di dunia maya. Melalui blog saya mulai mendapatkan teman atau kenalan baru. Di antara mereka, ada yang sudah pernah saya lihat penampakkannya secara langsung, ada pula yang baru bisa saya lihat melalui foto-foto yang mereka upload di blog.

Berekspresi

Saya mungkin termasuk orang yang pendiam. Bagi saya, bercerita melalui tulisan sangat membantu saya dalam meluapkan ekspresi tentang apa yang saya rasakan. Saya tak pandai berbagi cerita dengan kata-kata tentang apa yang saya alami baik berupa kesenangan maupun kesedihan. Tapi saya bisa melakukannya dengan mudah melalui tulisan-tulisan di blog.

Saya juga bisa berekspresi dalam puisi atau pun cerita fiksi tentang apa yang terjadi, tentang pengharapan, tentang cita-cita, bahkan tentang pengkhiatan sekalipun.

Ada kalanya juga pula saya bisa berbagi pengalaman yang menurut saya memiliki hikmah yang terselip di dalamnya dan mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi mereka yang berkunjung dan membaca blog saya.

Tantangan dan Rezeki

Ketika sebuah ide untuk menulis tidak bisa muncul, maka aneka lomba menulis yang diadakan bagi para blogger bisa memaksa saya untuk berkreasi dan memunculkan ide-ide untuk menulis.

Dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan untuk blogger tersebut, maka bukan sesuatu yang mustahil jika ada rezeki yang bisa dijemput. Menjadi pemenang dan mendapakan hadiah. Insya Allah. Namun, di samping rezeki yang berbentuk materi, melalui blogwalking, saya juga bisa mendapatkan rezeki yang bukan berupa materi, yaitu pengetahuan dan wawasan.

Ladang Amal

Hidup di dunia ini hanya sementara. Namun rasanya saya tak bisa untuk selalu berbuat kebaikan sebagai bekal di kehidupan akhirat yang kekal. Adakalanya saya lengah dan jatuh.

Saya membayangkan jika saya memiliki tiga amalan yang pahalanya tetap mengalir kepada diri saya meskipun saya sudah meninggal dunia. Melalui blog, mungkin saya bisa mendapatkan salah satunya.

Melalui blog, saya mencoba untuk berbagi kebaikan yang saya tahu meskipun dalam hal-hal yang kecil. Harapan saya, kebaikan-kebaikan yang kecil tersebut bisa mendatangkan inspirasi kebaikan dan manfaat bagi orang lain. Yang terpenting lagi, besar harapan saya bahwa kebaikan tersebut terus mengalirkan pahala untuk saya meskipun saya sudah tiada, sebagai bekal saya di akhirat kelak. Semoga saja, ini bukan sebuah harapan yang berlebihan.

Salam Super Blogger!

Selamat Hari Blogger Nasional 2014!


Baca Juga Cerita Ngeblog Lainnya :

56 respons untuk ‘Ketika Menjadi Blogger Adalah Pilihanku

  1. winnymarch Oktober 27, 2014 / 20:56

    aku tidak sukaa jugaaa tidak pandai merangkai kata2

    • jampang Oktober 28, 2014 / 04:59

      tapi sudah mulai cerita-cerita di blog kan? tp blm ada updetan lagi setelah cerita jd enginer itu yah?

    • jampang November 1, 2014 / 06:35

      kenapa nggak diupload, mbak? kasih watermark aja biar aman kalau mau diupload

      • winnymarch November 6, 2014 / 21:06

        kebanyakan ntar heheh “D

      • jampang November 7, 2014 / 05:09

        😀

  2. rianamaku Oktober 27, 2014 / 21:22

    Angkat topi..
    juara buat mas, kaya mas gini yang bikin aku tertarik punya blog.
    terus semangat…

    • jampang Oktober 28, 2014 / 05:00

      jadi nggak enak dibilang gitu 😀

      mari ngeblog

    • jampang Oktober 28, 2014 / 05:01

      sekarang jadi suka yah?

  3. adejhr Oktober 27, 2014 / 21:33

    Salam blogger. Hahaha

  4. Breldine Oktober 27, 2014 / 21:34

    Pengalamannya sudah lama yah, mengalami gonta ganti platform..
    Salut deh, masih awet menulis blog walau pasti ada pasang surutnya..
    Iyapp, pastinya semua tulisan itu bermanfaat, walau manfaat sekecil apapun, yang penting para penulis sudah mencurahkan hatinya untuk menulis ya 🙂

    • jampang Oktober 28, 2014 / 05:03

      sata gonta-ganti itu masih labil jiwanya mbak 😀

      pernah juga ngalamin vakum dan nggak nulis selama beberapa waktu

      • Breldine Oktober 29, 2014 / 21:17

        tapi sekarang uda engga kumat kan? hehehe

      • jampang Oktober 30, 2014 / 04:40

        mudah2an nggak 😀

  5. dizaz Oktober 27, 2014 / 21:44

    Wah dari 2005, pengalaman ngeblognya udah mumpuni,
    patut ditiru nih Bang.

    • jampang Oktober 28, 2014 / 05:09

      tiru yang baik-baiknya aja yah 😀

      • dizaz Oktober 28, 2014 / 08:31

        yang akan ditiru produktif-nya itu 🙂

      • jampang Oktober 28, 2014 / 17:34

        alhamdulillah 😀
        produktif dan yang baik-baik

  6. zilko Oktober 27, 2014 / 22:57

    Wah, baru tahu kalau hari ini adalah Hari Blogger Nasional, hehehe 😀 .

    Ternyata lumayan berliku juga ya pengalaman berpindah-pindah platform blognya 😀 .

    • jampang Oktober 28, 2014 / 05:07

      baru ngeh juga. sepertinya tahun lalu sudah pernah dengar, tapi nggak ingat.

      sekarang sudah menetaplah di sini. menikmati yg gratisan 😀

  7. kangjum Oktober 28, 2014 / 00:30

    wewz, dari 2005.
    mesti banyak belajar nich trik-trik nya dari siakang yang merupakan salah satu senior blogger Indonesia 🙂
    hehe
    #lebay

    • jampang Oktober 28, 2014 / 05:10

      secara umur…. tp secara kualitas
      blm ada apa-apanya

  8. jampang Oktober 28, 2014 / 05:04

    secara umur…. tp secara kualitas blm ada apa-apanya

    • jampang Oktober 28, 2014 / 17:33

      saya mikirnya… aktifitas

      • ayanapunya Oktober 29, 2014 / 08:32

        kalau saya lihat di kbbi sih aktivitas. heu

      • jampang Oktober 29, 2014 / 10:10

        berarti saya salah 😀

  9. Kimi Oktober 28, 2014 / 10:06

    Selamat Hari Blogger Nasional, Mas. 😀

    Wah, ternyata sudah lama juga ya Mas Rifki bikin blog. Dan, masih ngeblog sampai sekarang. Salut!

    • jampang Oktober 28, 2014 / 17:37

      soalnya udah jadi hobi, mbak

  10. Orin Oktober 28, 2014 / 11:10

    mudah2an tetap semangat kita ngeblognya ya bang hehehehe

  11. cumilebay Oktober 28, 2014 / 11:58

    Ternyata ngeblog dah lama juga yaa 2005, aku baru start 2012 dan ngak diapa2in + ngak ngerti mau ngapain. Sampai akhirnya 2013 mulai paham dikit2 ttg blog dan alhamdulillah ampe sekarang jadi blogger ala2 ngak jelas hehehe

    • jampang Oktober 28, 2014 / 20:04

      tapi blognya keren dan visitornya juga banyak

  12. Dian Rustya Oktober 28, 2014 / 13:03

    Aku melewatkan masa kejayaan MP begitu saja 😦
    *mendadak sedih*

    • jampang Oktober 28, 2014 / 17:44

      padahal saat bisa upload dan download MP3, MP berjaya 😀

  13. bukanbocahbiasa Oktober 28, 2014 / 18:58

    Happy bloggers day…. Btw ini buat kontes bukan? Ada linknya? Hihihi

    • jampang Oktober 28, 2014 / 19:21

      iya. buat kontes. linknya itu klik gambar di bawah postingan. cuma berlaku sehari doank. kemarin, pas hari blogger nasional

  14. Yudhi Hendro Oktober 28, 2014 / 23:00

    buat mas Rifky nampaknya nggak ada hari tanpa postingan… blogger produktif yg tulisannya mengalir deras

    • jampang Oktober 29, 2014 / 04:39

      kalau dapat ide, pak 😀

  15. danirachmat Oktober 29, 2014 / 22:12

    Saya telat komennya. Bacanya dari tanggal 27 kemaren.. Huehehehe. Bang Rifki ini produktif sekali.. 😀

    • jampang Oktober 30, 2014 / 04:43

      gpp, mas.
      better late than forget… eh itu judul postingan yang lain 😀

  16. lovelyristin Oktober 30, 2014 / 05:33

    telat komen di post ini, memang bnr ya.. nge blog tu bikin candu, semoga aku terus semangat nge blog nya ga putus, walau badai menghadang.. kukan selalu setia nge blog, 😀

    • jampang Oktober 30, 2014 / 16:26

      yup. tetap semangat, mbak 😀

  17. faziazen Oktober 30, 2014 / 13:42

    super…ngeblog di mp sejak 2005
    tahun segitu dah rame ya bang?
    saya tahu mp baru 2007-2008

    • jampang Oktober 30, 2014 / 16:31

      justru ramenya di taun2 itu mbak. soalnya bebas upload dan download MP3 😀

      • faziazen Oktober 30, 2014 / 21:34

        huuaa iya dulu sering donlot film dari mp nya om gagak

      • jampang Oktober 31, 2014 / 04:55

        nah… itu daya tarik MP dulu

  18. pingkanrizkiarto November 4, 2014 / 12:12

    mp yang membuka jalanku untuk nge-blog… 🙂

    • jampang November 4, 2014 / 13:02

      dan keterusan sampe sekarang yah? 😀

  19. JNYnita November 18, 2014 / 06:37

    Aku cm nyobain blogspot, tumblr, dan wp, malah gak tertarik MP karena kelihatannya keramean.. Berhenti ngeblogspot dan tumblr krn aplikasi hp-nya kurang asik. Baru setia ngeblog pakai WP krn aplikasinya udah rapi banget, fasilitas ngeblog ada semua tapi mudah semudah aplikasi medsos.. 🙂

    • jampang November 18, 2014 / 07:39

      kalau menurut saya pribadi, MP itu gabungan blog dan FB. di sana ada pertemanan dan juga chattingnya. bahkan kalau komentar bisa quote komentar orang lain.

      kalau versi mobilenya seh memang nggak begitu bagus, tapi lumayan lah 😀

  20. Jefry Dewangga Oktober 24, 2015 / 10:59

    Hmmm kalau saya ngeblog dulu mulai SMP, sekarang SMA, berarti udah sekitar 3 tahunan. Tapi baru bener bener tekun ngeblog akhir akhir ini. Sudah banyak juga blog yang saya buat lalu tertinggal saja tanpa terurus.

    • jampang Oktober 24, 2015 / 22:11

      Kalau say a ngeblog setelah lulus kuliah 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s