Orang-orang Baik di Jalan Tol

jalan tol

Beberapa waktu yang lalu, selepas hujan yang turun cukup deras, saya melihat sampah-sampah menumpuk di beberapa titik selokan. Kondisi tersebut berlangsung selama dua hari. Mungkin kurang, mungkin lebih.

Biasanya, sampah-sampah tersebut tidak akan lama menumpuk seperti itu. Misal hari ini saya melihat sampah menumpuk, maka esok hari, sampah-sampah tersebut sudah tidak ada lagi di selokan. Selokan kembali bersih.

Ternyata, penyebabnya adalah ketiadaan sosok yang biasa melakukan bersih-bersih selokan tanpa pamrih, Pak Mursal. Saya mendengar kabar dari ibu bahwa Pak Mursal mendapat kecelakaan dan harus dirawat.

Kamis pagi kemarin, saat sarapan, Ibu bercerita bahwa beliau dan beberapa ibu lainnya, bermaksud menjenguk. Sayangnya, maksud dan tujuan ibu-ibu tersebut tidak terealisasi karena mobil yang mereka kendarai mengalami masalah di jalan tol.

Selanjutnya, Ibu bercerita tentang orang-orang baik ditemui jalan tol yang tak pernah ibu duga sebelumnya.

Pertama, ibu menyebutnya seorang satpam jalanan yang mengenakan pakaian warna kuning. Saya kurang tahu seperti apa yang sosok yang dimaksud oleh ibu. Yang pasti, satpam tersebut datang menghampiri ibu dan teman-teman beliau ketika mobil yang mereka tumpangi berhenti tiba-tiba di jalan tol.

Satpam tersebut kemudian membantu mengecek kondisi mobil dan menemukan kondisi bahwa radiatornya kering. Karena tidak ada persediaan air yang mencukupi, mesin mobil belum bisa dinyalakan. Pak Satpam tidak bisa berbuat banyak dan kemudian pergi.

Kedua, pengendara mobil bak terbuka yang berisi air minum kemasan. Pengendara mobil menghentikan mobilnya dan bertanya kepada ibu-ibu itu apa yang mereka alami. Setelah memberitahukan bahwa air radiator mobil kering, pengendara mobil tersebut kemudian menyerahkan tiga botol besar air minum untuk mengisi radiator sebelum pergi melanjutkan tugasnya.

Ketiga adalah sopir mobil derek. Saya berpikir ibu dan teman-temannya harus berhati-hati dengan sopir mobil derek terkait dengan berita miring tentang mereka. Namun dari cerita ibu, sopir mobil derek tersebut justru membantu menyalakan mobil yang ibu tumpangi bersama teman-temannya.

Akhirnya, mobil bisa dinyalakan kembali. Namun karena khawatir mobil akan mogok lagi, ibu dan teman-temannya tidak melanjutkan perjalanan dan kembali pulang.

Di akhir cerita, ibu sangat heran sekali karena menemukan orang-orang baik yang belum ibu kenal. Wajar, ibu sangat jarang sekali bepergian jauh dan belum pernah mengalami hal seperti yang tejadi di hari Rabu kemarin itu. Ibu heran, karena mereka berhenti dan menolong tanpa diminta.

Alhamdulillah. Masih banyak orang-orang baik di sekitar kita. Semoga kita bisa menjadi salah satunya.

Wallaahu a’lam.


Baca Juga Cerita Kebaikan Lainnya :

29 respons untuk β€˜Orang-orang Baik di Jalan Tol’

  1. edwinlives4ever November 7, 2014 / 10:09

    When you can do something for others in need, just do it; and no need to even to think about it. It’s the most normal thing in this crazy world.

    • jampang November 7, 2014 / 10:14

      setuju, mas.
      semoga saya bisa πŸ™‚

  2. monda November 7, 2014 / 10:37

    Alhamdulillah

    • jampang November 7, 2014 / 10:46

      alhamdulillah πŸ™‚

  3. bukanbocahbiasa November 7, 2014 / 11:12

    Sangat langkaaaa… Biasanya org2 di jalan tol itu hanya berkonsentrasi utk cepet2 sampe tujuan, hingga ngebut sengebut2nya. ((jadi inget Dul, anaknya Dhani Ahmad))

    • jampang November 7, 2014 / 11:23

      eh… iya juga seh. lewat tol kan karena mau buru-buru sampe tujuan yah

    • jampang November 7, 2014 / 13:14

      karena jarang ditemui ya, mbak

      • jampang November 9, 2014 / 19:43

        yang penting masih ada. dan kalau kita bisa jadi seperti itu… maka akan selalu ada πŸ™‚

  4. dizaz November 7, 2014 / 11:52

    Alhamdulillah, ternyata yang baik itu masih ada. Dijalan tol lagi.

  5. rianamaku November 7, 2014 / 12:24

    Syukur alhamdulilah.
    Kalau kita menanam kebaikan dengan iklas kepada orang lain, niscaya saat kita mengalami kesusahaan pasti terbantu.

    • jampang November 7, 2014 / 13:15

      iya mbak. kebaikan yang kita tebarkan akan kembali kepada kita lagi meski bukan berasal dari orang yang sama

  6. ysalma November 7, 2014 / 15:30

    Alhamdulillah, orang baik itu masih ada dan mungkin itu buah dari kebaikan yang dilakukan ibu-ibu sebelumnya. Tuhan mengembalikan disaat yang tepat. Indah.

    • jampang November 7, 2014 / 16:03

      bisa jadi begitu uni. sebab kebaikan yang dilakukan nggak akan hilang begitu saja

  7. gegekrisopras November 7, 2014 / 15:45

    Puji Tuhan.
    Sebenarnya orang baik masih banyak kok mas Jampang, cuman ya kurang terekspos ajaaaaa #bakArtis huehehe

    • jampang November 7, 2014 / 16:04

      iya mbak. saya mikirnya seh gitu juga. banyak orang baik cuma kita aja yang belum menyadari keberadaannya

  8. zilko November 7, 2014 / 19:58

    Masih banyak orang baik di dunia ini ya. πŸ™‚

  9. Okti D. November 8, 2014 / 06:44

    alhamdulillah, semoga kebaikan nggak akan pernah menjadi barang langka dalam hidup ini

    • jampang November 8, 2014 / 09:25

      insya Allah nggak. muda2an kita bisa menjadi bagian kebaikan itu

  10. Tita Bunda Aisykha November 8, 2014 / 08:31

    Amin,,kalo di kota besar mgkn emang udah jarang ya bang,,yg ada malah was2,,jgn2 nolongin ada maksud lainnya,,tp semoga aja msh banyak orang2 baik yg menolong tanpa pamrih,,

    • jampang November 8, 2014 / 09:27

      apalagi setelah melihat berita-berita negatif. jadi bikin ngeri dan takut

  11. Rivanlee November 9, 2014 / 09:32

    tukang penyapu jalan di tol, orang baik juga tuh mas

    • jampang November 9, 2014 / 10:06

      iya mas. kalau saya seringnya llihat tukang sapu di jalan biasa. sudah pernah ditulis juga ceritanya.. kalau yang di jalan tol jarang liat…. jarang lewat juga soalnya

      • Rivanlee November 9, 2014 / 10:17

        di tol dalkot masih suka ada, biasanya mendekati gerbang tol.. tapi ada juga sih yang jauh dari gerbang tol

      • jampang November 9, 2014 / 10:23

        yup. mereka juga orang-orang hebat

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s