USG [7] : 37 Minggu

Hasil CTG
Hasil CTG

Setelah minggu lalu kami gagal bertemu dengan dokter kandungan, alhamdulillah, hari ini kami bisa bertemu dan berkonsultasi. Kemungkinan, ini adalah konsultasi dan USG terakhir yang kami lakukan sebelum proses persalinan yang semakin dekat. Usia kandungan Minyu sudah mencapai 37 Minggu. Mungkin karena itulah dokter meminta kami melakukan satu proses pengecekan atau pemeriksaan yang berbeda yang belum dilakukan pada USG sebelumnya.

Pemeriksaan awal sama seperti sebelumnya, Minyu ditimbang dan diukur tekanan darahnya. Berat badan Minyu saat ditimbang adalah 48,90 kilogram. Ada kenaikan dibandingkan berat badan saat pemeriksaan sebelumnya. Sedangkan untuk tekanan darah tak mengalami perubahan dari hasil sebelumnya, 100/70.

Pada USG kali ini, seperti dokter lebih fokus pada posisi kepala dan berat badan. Tidak lagi memeriksa dan memperlihatkan hal-hal lain seperti sebelum-sebelumnya. Perkiraan berat badan janin hasil USG yang dilakukan dokter sekitar 2500 gram. Letak ari-ari di samping janin dan tidak menutupi jalan lahir. Plasenta pun tidak bermasalah. Alhamdulillah.

Hasil yang baik lainnya adalah hasil pengecekan dara lengkap yang dilakukan sekitar dua bulan lalu. Hasil semua pemeriksaan baik. Tidak ada yang bermasalah. Alhamdulillah.

Setelah USG dan konsultasi, dokter meminta kamu melakukan pengecekan CTG (Cardio Toco Graf). Menurut saya peribadi, tujuan CTG ini sepertinya untuk memeriksa detak jantung janin dan kontraksi atau gerakan janin.

Jika melihat angka yang menunjukkan detak jantung, angka yang paling sering terlihat adalah antara 140 – 149. Sesekali terlihat angka di bawah 140 dan angka di atas 149. Sementara angka yang menunjukkan gerakan dede bayi rata-rata di bawah angka 10. Sepertinya dede bayi sedang tertidur pulas. Namun ada satu ketika dede bayi bergerak hebat sehingga angka di CTG menunukkan angka sekitar 90-an. Selanjutnya, kembali lagi di bawah 10.

Tidak ada masalah. Itu kesimpulan yang dokter berikan. Insya Allah, kelak tidak ada masalah pada saat melahirkan dan seterusnya. Aamiin.

Jika ada yang membuka dan membaca postingan saya tentang USG sebelum-sebelumnya, biasanya saya menjadikan foto hasil USG sebagai ilustrasi. Kali ini tidak. Sebab saya tidak meminta hasil USG kepada dokter atau perawat. Dokter pun tidak mencetak hasil USG seperti biasanya, kecuali yang berupa angka-angka saja. Sebagai penggantinya, saya jadikan foto hasil CTG di atas.

Ketika saya membayar semua biaya dan melihat kwitansi pembayaran, ternyata biaya USG berbeda dibandingkan sebelumnya. Selisihnya sekitar enam puluh ribuan rupiah. Dokter juga memberikan semacam surat rujukan atau pengantar yang akan digunakan bila tiba waktunya melahirkan. Dengan surat tersebut, nantinya Minyu bisa langsung masuk ruang bersalin.

Semoga dede bayi, ibu dan ayahnya, selalu dalam keadaan sehat selalu. Aamiin.

—oOo—

Mulai periode ini aku dapat lahir kapan saja, meskipun tidak ada seorang pun tahu apa sebenarnya yang memicu kelahiran. Beberapa ahli menduga bahwa pengeluaran kelenjar adrenalin membantu megawali proses ini.

Aku menghabiskan waktu dengan menambah berat badan dan panjang tubuh.

Otakku terus berkembang. Aku tidak dapat menendang seperti biasanya, tetapi aku sering menggeliat untuk meregangkan tangan dan kakiku.

Sebagian besar lapisan lanugo sudah menghilang, tetapi kini aku punya rambut kepala yang ketebalannya bervariasi, mulai dari yang hanya beberapa lembar saja di bagian belakang kepalaku, sampai bagian yang sudah tebal, yang panjangnya bsa sampai 2,5 cm.

Sistem kekebalan tubuhku masih berkembang dengan cepat untuk melindungi saat aku sudah berada di luar rahim. Antibodi ini tidak aku produksi sendiri, aku mendapatkannya dari ibuku melalui plasenta. Jadi, selama minggu-minggu awal setelah kelahiran, aku terlindungi dari infeksi.

Dari buku β€œWatch Me Grow!” oleh Prof. Stuart Campbell


Baca Juga Hasil USG Lainnya :

39 thoughts on “USG [7] : 37 Minggu

  1. dani November 14, 2014 / 10:19

    Semoga lancar ya Bang proses lahirannyaaa.. semoga sehat selalu semuanya.

    • jampang November 14, 2014 / 11:16

      aamiin. terima kasih doanya,mas

  2. tipongtuktuk November 14, 2014 / 10:20

    ikut berbahagia, Bang … semoga Allah memberkahi Abang dan keluarga …

    • jampang November 14, 2014 / 11:17

      aamiin, terima kasih, kang.

  3. pitaloka89 November 14, 2014 / 10:57

    Semoga persalinannya lancar dan dimudahkan, keduanya sehat dan normal…
    Btw itu berat mba Minyu ga sampe berat mira sebelum hamil loh… Dulunya berapa beratnya mas?

    • jampang November 14, 2014 / 11:17

      terima kasi doanya, mbak.

      waktu pertama nimbang saat tahu hamil sekitar 43-44, mbak

      • pitaloka89 November 14, 2014 / 11:22

        Sedikit sekali BB nambahnya ya mas…
        tapi Alhamdulillah janinnya sehat..

      • jampang November 14, 2014 / 14:37

        orangnya emang kurus seh. iyah. alhamdulillah

      • pitaloka89 November 14, 2014 / 14:39

        Jangan2 mas Rifki tambah gemuk, mbanya tambah kurus ya? #ups πŸ˜€ #peace

      • jampang November 14, 2014 / 14:44

        πŸ˜€

        nggak nambah kurus koq. buktinya berat badannya nambah.

        kalau saya belum tahu nambah apa nggak.mau ikutan nimbang badan nggak enak sama susternya:D

      • pitaloka89 November 14, 2014 / 14:52

        hehe.. itu kan karena ada dede bayinya mas…
        Mungkin kalau sudah melahirkan baru ketahuan BBnya..

        Kemarin mira, bayi lahir 3,450 Kg, langsung turun 10 Kg… Sepertinya yang bikin berat ari2 sama air ketubannya… πŸ˜€

      • jampang November 14, 2014 / 14:55

        iya juga yah.
        pernah denger suster komentar pas nimbang…yang berubah cuma perutnya doank, anggota badan yang lain nggak πŸ˜€

  4. Orin November 14, 2014 / 11:00

    semoga Minyu dan dede bayi sehat2 terus ya bang. Aamiin

    • jampang November 14, 2014 / 11:18

      aamiin. terima kasih doanya, teh

  5. faziazen November 14, 2014 / 11:08

    semakin dekat hpl ya
    sudah nyiapin nama?

    • jampang November 14, 2014 / 11:18

      masih belum. belum sempat nyari2 πŸ˜€

  6. ysalma November 14, 2014 / 12:52

    Semoga dede dan ibunya tetap dalam kondisi sehat,
    Ayah juga selalu siaga, sebentar lagi.

    • jampang November 14, 2014 / 14:38

      aamiin. terima kasih, uni

  7. theadiokecenter November 14, 2014 / 12:52

    semoga diberikan kesehatan ibu dan bayinya πŸ™‚ Ayah Siaga Mode On

    • jampang November 14, 2014 / 14:39

      πŸ˜€
      aamiin. terima kasih, mas. semoga saya bisa

  8. Abi Sabila November 14, 2014 / 12:53

    semoga saatnya lahir nanti,semuanya berjalan lancar, sehat dede, ibu, bapak dan juga kakaknya. amiin….

    • jampang November 14, 2014 / 14:39

      aamiin. terima kasih doanya, mas.

  9. capung2 November 14, 2014 / 13:18

    Alhmdlh.. kondisi ibu dan janinnya baik2 saja.

    Moga diberi kelancaran pd saatnya nanti.. aamiin

    • jampang November 14, 2014 / 14:40

      alhamdulillah, aamiin

      terima kasih doanya, mas

  10. vivi November 14, 2014 / 14:32

    amazing abang ini. bisa segitu detail bercerita ttg usg. semoga anaknya bisa lahir dengan sehat, kuat dan diberi kelancaran untuk minyu dalam proses melahirkan. aamiin.

    • jampang November 14, 2014 / 14:41

      πŸ™‚
      terima kasih doanya. aamiin

  11. Swastika Nohara November 14, 2014 / 16:37

    Semoga kehamilan dan persalinan lancar yaaa…. daku turut berdoa buat ibu dan calon bayinya πŸ™‚

    • jampang November 15, 2014 / 04:54

      aamiin. terima kasih doanya πŸ™‚

  12. zilko November 14, 2014 / 17:56

    Syukurlah hasil pemeriksaannya semua bagus ya. Semoga nanti juga bagus dan lancar terus sampai proses kelahirannya πŸ™‚ .

    • jampang November 15, 2014 / 04:56

      terima kasih, mas. aamiin

  13. nengwie November 15, 2014 / 00:33

    Aamiin….
    Semoga lancar, sehat selamat dua-duanya kang…

    • jampang November 15, 2014 / 04:58

      aamiin yaa rabbal ‘alamiin. terima kasih doanya, teh

  14. Okti D. November 15, 2014 / 08:02

    semoga lancar persalinannya Mas Rifki πŸ™‚

    • jampang November 15, 2014 / 09:30

      terima kasih doanya, mbak

  15. Tita Bunda Aisykha November 15, 2014 / 10:48

    Waahh,,udah mo lairan ni mba minyu,,semoga diberi kemudahan,,lancar,,sehat, selamat ibu dn bayi nya ya bang πŸ˜‰

    • jampang November 15, 2014 / 12:45

      aamiin. terima kasih doanya, mbak

  16. rangtalu November 15, 2014 / 16:10

    Semoga lancar ya Bang proses lahirannya..
    semoga sehat selalu semuanya

    • jampang November 15, 2014 / 16:13

      aamiin. terima kasih doanya πŸ™‚

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s