Sabiq’s Diary

foto di rumah sakit

5 Desember 2014

Setelah berada di rumah sakit selama tiga hari, Minyu dan Sabiq akhirnya diperbolekan pulang ke rumah. Tentunya setelah menadapatkan izin dari dokter kandungan dan dokter anak. Kami bertiga pulang menjelang ashar.

7 Desember 2014

Minyu belum bisa memandikan Sabiq. Nenek Sabiq juga belum berani memandikan jika tali pusar Sabiq belum pupus. Mau tidak mau, kami meminta tolong kepada orang lain yang bisa memandikan Sabiq.

Sebenarnya, sebelum pulang ke rumah, ada seorang suster di rumah sakit yang ternyata tinggal tak jauh dari rumah kami, hanya berbeda RT, menawarkan jasanya untuk memandikan Sabiq. Minyu pun meminta nomor handphone suster tersebut. Sayangnya, ketika nomor tersebut dihubungi, tidak diangkat oleh pemiliknya. Mungkin sibuk. Akhirnya kami batal menggunakan jasa suster tersebut.

Ada seorang tetangga kami yang biasa membantu memandikan bayi-bayi yang baru lahir di sekitar tempat tinggalnya. Sebelumnya, keponakan saya juga dimandikan oleh beliau hingga tali pusarnya pupus. Namun sayang, yang saat Nenek Sabiq datang ke rumahnya, beliau sedang berangkat ke bandung selama beberapa hari.

Akhirnya, kami meminta bantuan salah seorang saudara dari Minyu yang tinggal di dekat rumah Nenek Minyu untuk memandikan Sabiq. Alhamdulillah beliau bersedia dan mulai memandikan Sabiq di hari Minggu tanggal 7 Desember 2014.

10 Desember 2014

Di sore hari, ketika Nenek Sabiq membersihkan badan Sabiq dengan air hangat, tali pusar Sabiq pupus. Alhamdulillah.

12 Desember 2014

Sabiq mulai dimandikan oleh Nenek.

Karena sudah seminggu sejak kepulangan dari rumah sakit, maka waktunya bagi Minyu dan Sabiq kontrol ke rumah sakit. Sayangnya, ketika kami sudah tiba di rumah sakit, kedua dokter (dokter kandungan dan dokter anak yang membantu proses persalinan) tidak ada di tempat meski jadwalnya memang ada pada hari itu. Ada proses operasi yang harus dilakukan dokter tersebut sehingga jadwal di rumah sakit tidak dilanjutkan hingga jam akhir.

Akhirnya, kami hanya melakukan cek darah untuk mengetahui kadar bilirubin di dalam tubuh Sabiq sesuai dengan surat pengantar yang diberikan oleh dokter ketika pulang dari rumah sakit seminggu sebelumnya.

Setelah menunggu sekitar satu jam. Hasil tes laboratorium kami terima. Alhamdulillah hasilnya normal. Untuk pemeriksaan Bilirubin Total, hasil tes menunjukkan angka 2,2, sementara nilai normal adalah di bawah 12,0 mg/dl. Sedangkan untuk pemeriksaan Bilirubin Direk, hasil tes menunjukkan 0,2, sementara nilai normalnya adalah di bawah 1,20 mg/dl.

Di saat menunggu hasil lab, saya dan Minyu meminta foto yang diambil oleh fotografer rumah sakit sesaat sebelum kami pulang serta menimbang berat badan Sabiq. Hasil fotonya adalah seperti ilustrasi gambar di atas. Sedangkan berat badan Sabiq mengalami penurunan sebanyak kurang lebih 200 gr dibandingkan saat lahir. Berat badan Sabiq saat ditimbang adalah 2,8 kg

—oOo—

Mungkin ke depannya, akan ada sesuatu yang baru di blog ini. Tambahan kategori baru berupa Sabiq’s Diary seperti coretan ini dan album foto Sabiq seperti di bawah ini.

 

album foto sabiq
album foto sabiq

Tulisan Terkait Lainnya :

44 thoughts on “Sabiq’s Diary

  1. rianamaku Desember 14, 2014 / 11:32

    Alhamdulilah sudah pupus tali pusarnya.
    Aku pasti juga serem kalau mau mandiin baby yang masih merah gitu..
    Tapi syukur akhirnya menemukan seseorang yang bisa mandiin juga.

    • jampang Desember 14, 2014 / 15:47

      iya mbak. selama kurang lebih 4 hari pake jasa orang lain. sekarang seh neneknya sabiq yg mandiin

  2. Anggun Desember 14, 2014 / 12:05

    Alhamdulillah Sabiq anak hebat, lucuuuuu lagi 🙂

    Ngomong-ngomong, kenapa mesti cek bilirubin? Ini salah satu cek darah setelah kelahiran bayi bukan ya bang? TSH dan kawan-kawannya itu? Maaf ya bawel, ini emak-emak lagi mau cari tahu soal tes darah bayi hehe

    • jampang Desember 14, 2014 / 15:49

      begitu pulang, dokternya langsung ngasih surat pengantar itu mbak. iya cek darah setelah kelahiran bayi. kalau TS saya kurang tahu, bilirubin ini terkait sama fungsi hati.

      gpp, mbak. malah saya yg nggak enak karena nggak bisa ngasih jawaban

      • Anggun Desember 14, 2014 / 22:14

        hehe ga papa Mas, tetep info yang bagus buat saya. Terima kasih yaaa 🙂

      • jampang Desember 15, 2014 / 06:53

        sama-sama, mbak.

    • jampang Desember 14, 2014 / 15:49

      insya Allah, uda 😀

  3. adejhr Desember 14, 2014 / 12:24

    cute.. hehe

      • adejhr Desember 14, 2014 / 16:12

        😀

      • jampang Desember 14, 2014 / 16:13

        😛

  4. Mirna Desember 14, 2014 / 14:13

    Alhamdulillah. Selamat ya, mas. Semoga Sabiq menjadi anak yang sholeh. Amin. 🙂

    • jampang Desember 14, 2014 / 15:50

      aamiin. terima kasih doanya, mbak

  5. JNYnita Desember 14, 2014 / 16:30

    Halooo Sabiq… 🙂
    Aku jg lg punya bayi baru Bang.. Sampe skrg jg belum berani diunyel-unyel, hehe.. 😀

    • jampang Desember 14, 2014 / 16:40

      kalau saya seh udah gendong2 😀
      kalau mandiin yang belum. masih ngeri.

  6. dizaz Desember 14, 2014 / 17:50

    Alhamdulillah Sabiq sehat dan tetap wangi *walau sempat bingung nyari yg mandiin.

    • jampang Desember 15, 2014 / 06:50

      iya, alhamdulillah 😀

    • jampang Desember 15, 2014 / 06:51

      kan abinya juga lucu :

      😀

      • Haya Najma Desember 15, 2014 / 10:50

        iyain aja deeeh

      • jampang Desember 15, 2014 / 16:20

        😀

  7. ysalma Desember 14, 2014 / 20:18

    Mirip Syaikhan ya, harus segera direalisasikan tuh kategori barunya khusus buat dek Sabiq nih.

    • jampang Desember 15, 2014 / 06:51

      kategorinya sudah ada, uni. tinggal penampakkannya yang belum diatur

  8. tyastlc Desember 15, 2014 / 00:53

    Lucu banget babynya…kenapa ya baby kalo tidur suka banget tangannya diletakkan di kepala? Foto2 anak2ku seringnya posenya sama seperti itu kalo tidur.
    Oya selamat ya…semoga jadi anak sholeh dan penyejuk mata nyak babenya. Aamiin…

    • jampang Desember 15, 2014 / 06:54

      kalau yg tidur ABG mungkin posenya ngasih dua jari gitu, mbak 😀

      aamiin. terima kasih doanya

  9. zilko Desember 15, 2014 / 03:24

    Lucuu, hehehe 🙂

    • jampang Desember 15, 2014 / 06:54

      iya, mas. hari ini mau publis album perdananya 😀

  10. dani Desember 15, 2014 / 04:43

    Alhamdulillaah Bang, Sabiqnya sehat. Semoga selalu sehat yaaa..
    Anak kami dulu sampe semingguan ga dimandiin, hanya diseka aja. Menunggu sampai tali pusarnya kering. Ini saran dokter juga. Hehehe..

    • jampang Desember 15, 2014 / 06:55

      kemarin dokternya nggak bilang apa2 seh soal mandi-memandikan itu. cuma kebiasaan masyarakat di sekitar saya, pulang udah dimandiin bayinya. kalau bisa ngerjain sendiri, kalau nggak ya minta bantuan orang lain

      • dani Desember 15, 2014 / 06:59

        Seminar yang pernah saya ikutin sama dokternya bilang kalo sebenernya bayi ga dimandiin seminggu pun gapapa asalkan dibersihin dari kotoran. Hehhe

      • jampang Desember 15, 2014 / 16:17

        udah terlanjur. gpplah 😀

      • dani Desember 15, 2014 / 16:17

        Yagapapa kok Baaang emaang.. huehehehehe. 😀

      • jampang Desember 15, 2014 / 16:26

        tambah bersih lagi kalau dimandiin. biar nanti udah gedenya nggak susah disuruh mandi 😀

      • dani Desember 15, 2014 / 16:28

        Hahahahahaha. Semoga ya Bang. 🙂

      • jampang Desember 15, 2014 / 16:29

        iya, mas

  11. Eka Novita Desember 15, 2014 / 07:55

    Sabiiiq… gaya tidurnya asooyyy… XD

  12. nazhalitsnaen Desember 16, 2014 / 08:07

    ketinggalan kabaaar…. telat nih tahu kalau sudah ada temennya Syaikhan…
    Weh laki lagi nih yah… Semoga jadi anak yang sholeh, tumbuh sehat, dan berbakti bagi orang tua…

    • jampang Desember 16, 2014 / 09:40

      aamiin. terima kasih doanya 😀

  13. oty Desember 16, 2014 / 11:56

    hihi…rambutnya mirip sama dek atha…plontos di tengah pas lahir…
    moga de sabiq n ummi sehat2 terus yaa…ASInya lancarrr….car…car 🙂

    • jampang Desember 16, 2014 / 13:56

      aamiin. terima kasih doanya, kak

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s