Aurat Laki-laki Boleh Dilihat Oleh Lebih Banyak Orang Dibanding Aurat Perempuan

man-and-woman

Aurat adalah bagian tubuh yang tidak boleh dilihat oleh orang lain (bukan mahram).Aurat bagi perempuan adalah seluruh anggota tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, dengan dalil sebagai berikut :

“Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumur (jilbab)nya ke dadanya”. (QS. An-Nur : 30-31)

“Hai Asma, sesungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haidh (akil baligh) maka tak ada yang layak terlihat kecuali ini, sambil beliau menunjuk wajah dan telapak tangan.” (HR. Abu Daud dan Baihaqi).

Sedangkan aurat lelaki adalah antara pusar dan lutut, sebagaimana hadits Nabi Muhammad, “Karena di antara pusar sampai lutut adalah aurat.” (HR. Ahmad 2/187, Al Baihaqi 2/229. Syaikh Syu’aib Al Arnauth menyatakan sanad hadits ini hasan)

Pendapat terkuat dalam hal ini adalah pendapat yang menyatakan bahwa aurat lelaki sesama lelaki adalah antara pusar hingga lutut. Artinya pusar dan lutut sendiri bukanlah aurat. Demikian pendapat jumhur (mayoritas) ulama. Wallahu a’lam.

—o0o—

Suatu hari, di masjid kantor sedang dilakukan kajian fiqih yang disampaikan oleh seorang ustadz yang membahas tentang aurat seperti di atas. Lalu sang ustadz kurang lebih berkata, “Aurat seorang perempuan yang tanpa aling-aling hanya boleh dilihat oleh satu orang saja. Sedangkan aurat seorang lelaki yang tanpa aling-aling boleh dilihat oleh empat orang,”

Lho, kenapa bisa berbeda begitu? Apa maksudnya?

Sang ustadz kemudian memberikan tambahan penjelasan yang kurang lebih sebagai berikut, “Aurat seorang perempuan hanya boleh dilihat oleh satu orang saja, yaitu suaminya. Sementara aurat seorang lelaki boleh dilihat seluruhnya oleh istri pertama, istri kedua, istri ketiga, dan istri keempat.”

😀

Malah nyerempet bahasan poligami.


Tulisan Terkait Lainnya :

40 thoughts on “Aurat Laki-laki Boleh Dilihat Oleh Lebih Banyak Orang Dibanding Aurat Perempuan

  1. A. A. Muizz Desember 15, 2014 / 22:07

    Aku ingin bacaan yang lebih panjang. 🙂

    • jampang Desember 16, 2014 / 04:06

      yang membahas auratnya atau poligaminya? 😀

      • A. A. Muizz Desember 16, 2014 / 04:44

        Entahlah. Yang penting, lebih panjang lagi. 😀

      • jampang Desember 16, 2014 / 09:35

        postingan saya tidak selalu panjang, mas. mungkin bahasan di buku fiqihnya jauh lebih panjang 😀

  2. giewahyudi Desember 15, 2014 / 22:28

    Wah ujung-ujungnya poligami.. *mundur*

    • jampang Desember 16, 2014 / 04:07

      😀
      awas ada tembok

  3. joeyz14 Desember 15, 2014 / 22:50

    Laki2 suka gitu dehhhh

    • jampang Desember 16, 2014 / 04:07

      suka gitu gimana, mbak?

      • joeyz14 Desember 16, 2014 / 06:41

        Hihi nggak mas…suka gitu maksudnya endingnya poligami…hehe

      • jampang Desember 16, 2014 / 09:36

        kalau yang ngomongin biasanya ya cuma ngomong doank, nggak berani ngelakuin… 😀

  4. Andik Taufiq Desember 15, 2014 / 22:51

    Lho lho lho… 😀

    nyerempet-nyerempet taadud… satu-satunya perintah yang implementasinya sangat sulit, begitu ditentang oleh kebanyakan kaum hawa… walaupun ganjarannya surga… diinginkan oleh kebanyakan kaum adam… walaupun termasuk permasalahan pelik yang tidak mudah diredam… tapi ah sudahlah, persoalan sensitif ini… *nyimak dulu*

    • jampang Desember 16, 2014 / 04:09

      aturan dan kaidah pelaksanaannya ada dan jelas. itu yang harus diyakini baik oleh muslim maupun muslimat. namun aturan dan kaidah tersebut bukan berarti harus dilakukan oleh semua muslim. syarat dan ketentuan berlaku

    • Dyah Sujiati Desember 16, 2014 / 07:45

      Poligami adalah SOLUSI bagi permasalahan umat yang diberikan oleh Allah.
      Poligami bukan ‘perintah’ apalagi dijadikan alibi lelaki yang nggak bisa ngerem hawa nafsunya

      • Andik Taufiq Desember 16, 2014 / 07:55

        Ya sudah diganti pernyataannya.. karena memang tidak ada istilah yg bener-bener pas untuk menggambarkan poligami, walaupun kata-kata “nikahilah” menurut saya tetep merupakan bagian dari perintah, atau lebih halusnya anjuran.. ok, solusi juga sip… tinggal pertanyaannya, pada mau apa tidak menjadi bagian dari solusi… **ah, sudahlah, saya juga tidak ada niatan poligami jeh

      • jampang Desember 16, 2014 / 09:38

        yg pasti, ayat Al-quran itu nggak cuma sekedar tulisan. pasti ada pembelajaran… bagi mereka yang mau berpikir

      • jampang Desember 16, 2014 / 09:37

        kalau kata almarhum KH Zainuddin MZ, poligami itu semacam emergency exit di pesawat

  5. Fier Desember 15, 2014 / 23:24

    jiaahhhhh, jadi ke poligami. hahahhahahaha

    • jampang Desember 16, 2014 / 04:10

      bagian poligaminya sedikit koq. lebih banyak bahasan auratnya 😀

      • Fier Desember 20, 2014 / 22:44

        jadi twist di akhir artikel…mantap 😀

      • jampang Desember 21, 2014 / 05:09

        jadi seperti flash fiction yah 😀

      • Fier Desember 21, 2014 / 14:37

        betul sekali 🙂

      • jampang Desember 22, 2014 / 05:11

        😀

  6. ayanapunya Desember 16, 2014 / 12:10

    jiaah jadi panjang kayaknya pembahasannya 😀

    • jampang Desember 16, 2014 / 13:57

      ya kalau mau diterusin bisa panjang 😀

  7. dianryan Desember 16, 2014 / 12:50

    jiah….ujung2nya tetep yah :))

    • jampang Desember 16, 2014 / 13:57

      😀
      kan satu dan lainnya terkait, mbak

  8. Adi Setiadi Desember 16, 2014 / 13:54

    sebagian orang belum tahu auratnya masing-masing, sebagian yang tahu enggan untuk menutupnya..hanya sebagian yang mau dan mampu menutupnya…

    • jampang Desember 16, 2014 / 14:59

      dan hanya sebagian lagi yang mau memberitahukan ke orang-orang yang belum mengetahui dan menutupnya 🙂

      • Adi Setiadi Desember 16, 2014 / 15:46

        dan mas adalah sebagian orang yang tahu, mau dan memberitahukan kepada yang belum tahu.. Semoga menjadi amal ibadah 🙂

      • jampang Desember 16, 2014 / 16:07

        semoga saja bisa memberikan manfaat, mas. meski melalui tulisan di blog

      • jampang Desember 16, 2014 / 16:54

        😀

  9. ahsanfile Desember 16, 2014 / 18:04

    Hasiikkk…… ane demen postingan kaya gini …

    eh mas katanya punya banyak kucing ya ? … ane lagi nyari neh

    • jampang Desember 17, 2014 / 07:41

      😛

      nggak punya kucing. cuma ada kucing kampung yang main dan tidurnya di rumah dan beranak satu ekor

      • ahsanfile Desember 17, 2014 / 08:36

        Wakakaa… jadi rumah singgah kucing ya ?

      • jampang Desember 17, 2014 / 08:48

        itu kalau kucingnya banyak 😀

  10. capung2 Desember 16, 2014 / 18:50

    Endingnya jadi bikin tersenyum. 🙂

    Pada tanggal 15/12/14, Jejak-jejak yang Terserak

    • jampang Desember 17, 2014 / 07:42

      daripada bikin manyun ya, mas 😀

  11. dani Desember 17, 2014 / 00:48

    Oalah. Hahahahaha….

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s