[Nostalgia] Matematika

matematika - pytagoras

Beberapa waktu yang lalu, saya dan Minyu makan malam agak kemalaman. Kami ketiduran selepas Maghrib. Mungkin kami lelah.

Sambil makan malam, kami menyaksikan televisi yang masih ditonton oleh adik saya. Acaranya sinetron bertemakan manusia harimau. Salah satu adegannya bersetting di sebuah kelas di mana beberapa siswa berseragam putih abu-abu sedang mengikuti sebuah pelajaran Matematika. Saat itu, sang guru sedang membahas bangun datar segitiga, khususnya tentang jumlah dan besar masing-masing sudutnya.

Mungkin dari tayangan itulah muncul ide coretan kali ini dan mungkin juga coretan-coretan serupa di hari-hari berikutnya. Insya Allah. Coretan untuk mengenang kembali cerita-cerita tentang pelajaran semasa sekolah dulu. Bernostalgia. Kali ini, pelajaran Matematika yang saya pilih.

Di antara bab-bab dalam pelajaran matematika dari semasa sekolah dan kuliah, seperti integral, persamaan linear, logaritma, dan sebagainya, yang paling saya ingat adalah bahasan tentang Rumus Pythagoras. Sebuah rumus untuk mengetahui panjang masing-masing sisi dari sebuah segitiga siku-siku, yaitu segitiga yang salah satu sudutnya sebesar sembilan puluh derajat.

Panjang dari sisi terpanjang sebuah segitiga siku-siku yang disebut hipotenusa merupakan akar dari hasil penjumlahan panjang kedua sisi lainnya yang dikwadratkan terlebih dahulu. Rumusnya seperti terlihat pada gambar ilustrasi coretan ini di atas.

Saking ingatnya saya dengan Rumus Pythagoras, pada saat saya melakukan tes masuk untuk menjadi guru private di sebuah bimbingan belajar saat kuliah, saya menyampaikan materi penggunaan rumus tersebut. Alhamdulillah, saya lulus dan diterima sebagai salah satu guru private di bimbel tersebut. Tak lama kemudian, saya pun mejadi guru private. Salah satu pengalaman sebagai guru private pernah saya tuliskan dalam coretan berjudul “Pernah Menjadi…

Saat sekolah maupun kuliah, kemampuan Matematika berada di tingkat rata-rata di antara teman-teman saya. Namun ada satu masa di mana saya sulit sekali memahami salah satu bahasan Matematika. Saya ingat betul, saat itu saya duduk di kelas satu SMA dan bahasan saat itu adalah mengenai bilangan kwadrat dan akar bilangan. Ketika guru Matematika membagikan hasil ulangan untuk bab tersebut, saya mendapatkan nilai dua koma lima. Saya hanya bisa menjawab satu soal di antara empat soal yang diberikan.

Lalu guru Matematika mengadakan ujian ulangan. Remedial.  Hasil yang saya terima berikutnya juga tidak memuaskan. Dari empat soal, saya hanya mampu menjawab dua soal dengan benar. Saya mendapatkan nilai lima. Sepertinya, di tahun itu adalah nilai ulangan terendah yang pernah saya dapat selama sekolah dan kuliah.

Bagaimana dengan Matematikamu?


Tulisan Terkait Lainnya :

25 thoughts on “[Nostalgia] Matematika

  1. aqied Desember 25, 2014 / 09:19

    Matematika ku ud banyak yg nguap

    • jampang Desember 25, 2014 / 11:03

      jumlah kurang kali dan bagi kan masih inget 😀

  2. Dinar Zul Akbar Desember 25, 2014 / 10:25

    Tergantung gurunya sih,, klo enak ya enak, nggak ya nggak

    • jampang Desember 25, 2014 / 11:04

      iya. banyak ketergantuangan 😛

  3. Dyah Sujiati Desember 25, 2014 / 14:39

    Matematika : kamu mati aku merdeka 😀

    • jampang Desember 26, 2014 / 03:13

      yel-yel zaman sekolah dulu?

  4. GloryGrant Desember 25, 2014 / 15:51

    MATEMATIKA= MAkin diTEbak MAkin TIdak KAruan. 😀

    Dulu di sekolah, pas pelajaran Matematika hitungnya tidak boleh pakai kalkulator kecuali di SMA karena ada pelajaran logaritma. Sekarang? Sedikit2 nyariin kalkulator. Nggak ada kalkulatornya, pakai kalkulator di hape.

    • jampang Desember 26, 2014 / 03:15

      😀

      tapi pas ujian ttp nggak boleh bawa kalkulator, cuma boleh bawa buku logaritma aja

  5. Rivanlee Desember 25, 2014 / 15:54

    pelajaran paling gelap saat sekolah 😦

    • jampang Desember 26, 2014 / 03:15

      😀
      saya senang kalau materinya saya bisa kuasai

  6. dani Desember 25, 2014 / 16:54

    sampai lulus SD nilai ujian matematika saya gak jauh dari 0 sampai 5 dengan nilai paling tinggi kalo bener semua 10. Hahahha. Karena dipertemukan sama guru matematika jaman SMP, pelajaran ini jadi salah satu favorit saya bahkan sampai lulus SMA. Paling seneng kalo pas SMP persamaan kuadrat dan pas SMA integral. Sayangnya jaman kuliah seringnya tidur di kelas. Hahahaha..

    • jampang Desember 26, 2014 / 03:17

      kalau persamaan kuadrat sepertinya saya masih suka, tapi kalau udah logaritma, sinus, cosinus, dan tangen, udah kurang suka. intergal sepertinya juga saya nggak begitu menguasai

  7. Anggun Desember 25, 2014 / 19:17

    Matematika kan asiiiik hahaha.. satu-satunya pelajaran IPA yang bisa dimengerti. Yang lainnya bikin pusying @_@; emang gak bakat kayaknya heuuu..

    • jampang Desember 26, 2014 / 03:20

      lebih mending daripada kimia ya mbak 😀

      • Anggun Desember 26, 2014 / 10:39

        Embeeerrrrrrr xDDD

      • jampang Desember 26, 2014 / 14:26

        kapan-kapan saya cerita kimia deh. pelajaran itu juga membuat sejarah bagi saya saat sekolah 😀

  8. ayanapunya Desember 25, 2014 / 23:34

    Waktu sd dulu matematika jadi pelajaran favorit. Tapi begitu sma dan mulai belajar integral, mulai berasa pusing deh 😀

    • jampang Desember 26, 2014 / 03:22

      😀
      sama donk. kalau gampang masih suka. kalau ribet… ya gitu deh

  9. arip Desember 26, 2014 / 10:45

    Spesialisasi remedial saya mah buat mata pelajaran yg ada kalkulasinya.

    • jampang Desember 26, 2014 / 14:26

      tapi ada peningkatan, kan?

  10. adejhr Desember 26, 2014 / 11:43

    matematika ku bagus di smp bang. dulu sering rebutan nilai maju kedepan nyelesaiin soal di papan tulis. kalau aku tunjuk tangan gurunya bilang ‘selain ade ya’ haha sma malam ngak karuan. aku ngak suka bagian yang per-peran bang seperti satu, dua per tiga 😀

    • jampang Desember 26, 2014 / 14:28

      wuih mantap!

      kalau bilangan pecahan saya lumayan bisa.

  11. fenny Desember 27, 2014 / 07:42

    Pelajaran yg paling saya suka banget nih krn ilmunya pasti ngga spt bhs indonesia yg d srh mengarang n menebak2 … 😀 Penambah suka lg wkt SMA pelajaran matematika ini tercetak nilai 10 d ijazah 😀

    • jampang Desember 27, 2014 / 14:05

      wuih… 10, mantap banget

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s