Liburan Impian, Ya Ke Ragunan

di kebun binatang

Ada orang yang bilang, menggantungkan impian itu haruslah setinggi bintang. Agar ketika terpleset dan jatuh masih mungkin untuk mendarat di bulan. Namun ada juga orang yang bilang, menggantungkan impian itu jangan terlalu tinggi. Agar ketika jatuh tidak terlalu sakit. Di antara dua kelompok tersebut, mungkin saya termasuk kelompok yang menganut paham kedua. Barangkali. Setidaknya ini terjadi ketika saya berkhayal mengenai liburan impian yang akan saya lakukan.

Kebun Binatang Ragunan. Tempat itu yang tiba-tiba saja terlintas di dalam pikiran saya ketika mendengar kata jalan-jalan atau liburan. Bukan tempat wisata lain yang memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa, semisal pantai, gunung, danau, atau yang lainnya. Sepertinya, pengalaman di masa kecil saya memiliki pengaruh besar terhadap tempat liburan yang tertanam di memori saya. Ya, ketika saya masih anak-anak, salah seorang Paman saya sering sekali mengajak saya ke dua tempat wisata. Taman Ria Senayan dan Kebun Binatang Ragunan. Taman Ria Senayan sudah tutup. Sementara Kebun Binatang Ragunan masih kokoh berdiri.

Ketika saya menjadi seorang ayah, saya sering mengajak Syaikhan mengunjungi Kebun Binatang Ragunan. Misalnya ketika di usia Syaikhan yang baru menginjak satu tahun dan baru mulai belajar berjalan dan ketika dirinya sering menginap di rumah kedua orang tua saya. Syaikhan pun menyukainya. Salah satu kejadian yang masih melekat di ingatan Syaikhan selama beberapa hari setelah mengunjungi Kebun Binatang Ragukan adalah ketika Syaikhan melihat Gajah yang sedang pup dan pipis. Ketika ditanya binatang apa yang dilihatnya di Kebun Binatang, Syaikhan langsung menjawab dengan mantap, “Gajah. Puuuuu. Pisssssss.

Mungkin nanti, ketika Sabiq sudah mulai belajar berjalan, saya akan mengajaknya ke Kebun Binatang Ragunan seperti saya mengajak Syaikhan, abangnya.

Murah dan akses yang mudah mungkin menjadi dasar pilihan saya jatuh ke Kebun Binatang Ragunan untuk mengajak Sabiq kelak. Selain itu, Kebun Binatang Ragunan juga bisa menjadi tempat wisata edukasi yang layak dipilih karena dihuni lebih dari 2.000 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon. Sepertinya cocok sebagai tempat Sabiq untuk mengenal aneka flora dan fauna di sana. Bagi saya sendiri, mengelilingi Kebun Binatang Ragunan dengan luas 147 hektar bisa menjadi tempat saya untuk membakar lemak di tubuh.


Tulisan Terkait Lainnya :

29 thoughts on “Liburan Impian, Ya Ke Ragunan

  1. ayanapunya Desember 31, 2014 / 16:53

    Murmer dan bermanfaat yak. Kalau di sini yang lagi booming taman labirin di kab. Tanah laut.

    • jampang Desember 31, 2014 / 21:03

      iya mbak.
      taman labirin? udah pasti bisa keluar semuanya yang masuk?

      • ayanapunya Desember 31, 2014 / 21:23

        Nah kurang tahu. Kemarin mau ke sana ternyata udah dibooking 😀

      • jampang Desember 31, 2014 / 22:48

        wah… dibooking perusahaan? sampe-sampe nggak bisa masuk lagi

    • jampang Desember 31, 2014 / 21:03

      terakhir ke sana sepertinya sedang ada pembangunan kandang seh. mungkin sekarang udah jadi.

  2. titintitan Desember 31, 2014 / 17:09

    Belum baca, hanya liat potonaa 😀

    • jampang Desember 31, 2014 / 21:04

      bisa dibaca nanti 😀

      fotonya keren yah?

      • titintitan Desember 31, 2014 / 21:49

        Sampe rada bingun, sopo kuwiii ;d

      • jampang Desember 31, 2014 / 22:48

        ya siapa lagi coba?
        😀

  3. adejhr Desember 31, 2014 / 17:40

    ada niat ke sana juga 😀

    • jampang Desember 31, 2014 / 21:07

      ditunggu laporan pandangan matanya

      • adejhr Desember 31, 2014 / 21:10

        Sabtu kalau nggak besok bang hehe insyallah d post

      • jampang Desember 31, 2014 / 21:14

        siiip lah

    • jampang Desember 31, 2014 / 21:09

      terima kasih, mbak. dipas-pasin

  4. Rivanlee Desember 31, 2014 / 22:44

    aduh mas saya ngilu liat elus2 harimau… bayangin yang enggak2 -_-

    • jampang Desember 31, 2014 / 22:48

      bayanginnya yang iya-iya aja, mas 😀

  5. sirdatoe Januari 1, 2015 / 11:08

    itu di foto gk takut si kucing besar noleh kang….salah2 tangan dikira sosis ntar..:)

    • jampang Januari 1, 2015 / 12:49

      ya ngeri-ngeri sedap gitu. tapi di sebelahnya ada pawangnya. dan itu juga masih anak-anak

      *yah… malah buka kartu*

      • sirdatoe Januari 3, 2015 / 21:02

        owkokwokw….emang kalau di gigit tangan di garansi si pawang kang…bener2 ngeri2 sedap deh itu..:)

      • jampang Januari 3, 2015 / 21:06

        😀
        alhamdulillah, nggak kejadian. kalau kejadian, bakalan lain lagi ceritanya

  6. cumilebay.com Januari 1, 2015 / 11:20

    Aku maluuuuuuu … aku malu belum perna ke ragunan ihik ihik ihik. Eh ke monas juga blm perna masuk sejak tinggal di jakarta. Padahal dah lama banget di jakarta hua hua hua

    • jampang Januari 1, 2015 / 12:50

      sekali-kali bolehlah jadi tempat tujuan jalan-jalan

  7. dani Januari 2, 2015 / 10:08

    Waaah. Saya belom pernah malah ke Ragunan Bang. Dah niat dari kapan tahun belom kesampaian juga.

    • jampang Januari 2, 2015 / 10:49

      mudah2an bisa kesampaian dalam waktu dekat, mas 😀

      • dani Januari 2, 2015 / 10:53

        Amiiiin

      • jampang Januari 2, 2015 / 11:07

        yaa rabbal ‘aalamiin

Tinggalkan jejak anda di sini....

