Sabiq’s Diary : Satu Bulan

sabiq satu bulan

3 Januari 2015

Usia Sabiq tepat satu bulan. Alhamdulillah, kondisinya sehat.

Sepertinya jadwal bangun Sabiq di pagi hari diawali ketika shubuh. Setelah minum ASI, Sabiq akan tertidur. Sebentar. Tak lama kemudian Sabiq akan bangun lagi. Nah, itu waktunya bagi saya untuk menggendong Sabiq hingga tertidur kembali.

Salah satu ciri yang sering saya lihat ketika Sabiq memang ingin tidur saat di dalam gendongan adalah posisi tangan kanannya yang akan menempel di pipi atau dagunya. Jika posisinya sudah seperti itu, Sabiq tidak akan mengubah posisinya lagi hingga dirinya tertidur.

Jika sudah tertidur, saya akan meletakkannya di atas tempat tidur untuk kemudian saya tinggal mencuci popoknya. Jika di hari kerja, saya melakukannya tidak sampai tuntas. Hanya separuh proses, sebab saya harus berangkat ke kantor. Jika di hari libur, saya akan menyelesaikan sampai proses menjemur.

Begitu saya kembali ke kamar, Sabiq sudah bangun lagi dan sedang disusui Umminya. 😀

Lantas, apa saja yang dialami Sabiq di usia satu bulan ini?

Cegukan

Sabiq sering mengalami cegukan. Biasanya selepas minum ASI. Alhamdulillah, cegukan pada bayi bukanlah sesuatu yang berbahaya. Bukan sebuah tanda penyakit tertentu. Cegukan merupakan kedutan yang berulang tanpa bisa dikontrol yang berasal dari bagian diafragma. Kontraksi yang terjadi ini membuat pita suara tertutup hingga memblok udara yang akan masuk ke paru-paru. Cegukan tersebut dapat hilang dengan sendirinya dan umumnya bayi yang mengalami cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Seperti itulah yang dialami Sabiq.

Bersin

Tidak sering. Tetapi pernah. Kadang dua kali berturut-turut. Alhamdulillah, kondisi ini juga berarti Sabiq terkena flu. Sebab bersin juga merupakan salah satu proses pematangan dari sistem respirasi atau pernapasan bayi. Kebiasaan ini akan melegakan rongga hidung dan saluran napas dari berbagai sumbatan dan partikel-partikel udara.

Menendang-nendang

Sabiq sudah bisa menendang dengan tenaga penuh. Jika sedang dikenakan pakaian sehabis mandi dan menangis, kakinya akan menendang-nendang. Jika tendangannya mengenai sesuatu yang menjadi tumpuan, maka tendangannya itu akan menyebabkan tubuhnya bergeser ke depan. Pernah ketika tidur, kepala Sabiq sudah sampai di ujung kasur kecilnya.

Ngoceh

Belum banyak, hanya satu-dua. Setidaknya ada suara yang keluar dari mulut Sabiq selain suara tangisan. Kadang, ocehannya lebih panjang jika dirinya tidak diajak bicara dibanding ketika ada yang mengajaknya bicara.

Semoga sehat selalu ya, Sabiq!

 

 


Tulisan Terkait Lainnya :

36 thoughts on “Sabiq’s Diary : Satu Bulan

  1. dani Januari 5, 2015 / 11:02

    Sehat selalu Sabiq… Keinget anak saya.. Dulu suka banget ngomel kalo dah ngantuk. Hihihi.

    • jampang Januari 5, 2015 / 11:14

      hiks… Minyu yang sabar banget, mas. kalah jauh saya sama dia.

  2. adienesia Januari 5, 2015 / 11:14

    Semoga sehat selalu Sabiq 🙂

    • jampang Januari 5, 2015 / 11:17

      aamiin. terima kaisih doanya

  3. Iwan Yuliyanto Januari 5, 2015 / 11:44

    Semoga Sabiq senantiasa sehat wal afiat. Aamiin.

    Pulang kantor trus disambut anak yg lagi ngoceh.. semua permasalahan yang terasa dari kantor, langsung lenyap 🙂

    • jampang Januari 5, 2015 / 11:47

      iya, pak. apalagi kalau udah bisa bukain pintu 😀

  4. Adi Setiadi Januari 5, 2015 / 11:53

    Semoga ananda, umi dan abinya selalu dilimpahi kesehatan dan keberkahan 🙂

    • jampang Januari 5, 2015 / 11:59

      aamiin. terima kasih doanya, mas

      • Adi Setiadi Januari 5, 2015 / 15:56

        iya mas..sama-sama… 🙂

      • jampang Januari 6, 2015 / 05:29

        😀

  5. Pamela Fitrah Januari 5, 2015 / 12:17

    sehat trs ya sabiq. btw jd kangen pya baby lg hehehe

    • jampang Januari 5, 2015 / 13:11

      aliya udah minta dede yah?

      • Pamela Fitrah Januari 8, 2015 / 15:21

        iya tp ayah bundanya yg blom siap buat ksh aliya adek hehehe

      • jampang Januari 8, 2015 / 16:33

        😀

  6. Ryan Januari 5, 2015 / 13:13

    Sehat terus ya Sabiq. Dan semoga orangtuanya diberikan kesehatan juga agar bisa terus membimbing.

    • jampang Januari 5, 2015 / 13:53

      terima kasih doanya, mas. aamiin

  7. miartmiaw Januari 5, 2015 / 13:51

    Aduh duh duh, gemes ya liat bayi. Jadi gak sabar nih Pak, gendongin anak sendiri. Sabiq’s Diary nih bagi saya bisa jadi semacam pedoman perkembangan anak 🙂

    • jampang Januari 5, 2015 / 13:54

      sabar… sabar… kalau belum waktunya ya jangan dipaksa 😀

      mudah2an bisa banyak bikin diarynya nih

      • miartmiaw Januari 5, 2015 / 13:55

        Insyaallah akhir bulan ini, hihi
        Tetap semangat bikin catatannya ya Pak Jampang. Jangan ada yang terlewat. hehe

      • jampang Januari 5, 2015 / 14:00

        semoga bapak. ibu, dan dede bayinya sehat semua. aamiin

        insya Allah, mbak

    • jampang Januari 5, 2015 / 14:58

      iya mbak. waktu memang berjalan begitu cepat
      #halah

      • pitaloka89 Januari 5, 2015 / 15:07

        Mira juga ga sabar nih.. Khayla bentar lagi 6 bulan, bentar lagi maem.. Horeee 😀

      • jampang Januari 5, 2015 / 15:12

        ASIX-nya sukses yah?

      • pitaloka89 Januari 5, 2015 / 15:24

        Insya Allah mas.. stok alhamdulillah lancar… 🙂

      • jampang Januari 5, 2015 / 15:25

        alhamdulillah. ASInya nyetock di freezer? terus ngasihnya pake dot atau gimana?

      • pitaloka89 Januari 5, 2015 / 15:32

        Iya stok di freezer, pertama dikasih pakai sendok, cup. Sekarang pakai dot. Alhamdulillah nda bingung put*ng, jadinya dot terus.

      • jampang Januari 6, 2015 / 05:29

        selama ini minyu ngasih langsung. baru beberap kali aja nyetcok, itu pun nggak banyak

      • pitaloka89 Januari 6, 2015 / 08:00

        yaa gpp mas kan dirumah mba Minyunya…
        Tapi nyetok penting kalau lagi ga fit atau dede lagi ditinggal sama orang lain.. 🙂

      • jampang Januari 6, 2015 / 11:11

        iya. ada stock sih. cuma sedikit dan jarang dilakuin

  8. limaumanes Januari 5, 2015 / 20:14

    aamiin. semoga sehat slalu. pasti ngangenin ni pinginya kalau lagi kerja cpt pulang 😀

    • jampang Januari 6, 2015 / 05:44

      apalagi kalau udah bisa ngoceh dan jalan 😀

    • jampang Januari 6, 2015 / 11:10

      iya. sudah satu bulan aja 😀

  9. vivi Januari 6, 2015 / 11:25

    wii..udah banyak ya kebisaannya. kayaknya sabiq ngomel tuh bang kalau ga diajakin ngomong. berasa dicuekin. sehat terus ya nak

    • jampang Januari 6, 2015 / 21:57

      😀 iya kali yah. soalnya kalau diledekin atau diomongin, dia langsung pasang muka pengan nangis. udah tanggap dengan lingkungan sekitar kali yah

      mudah2an perkembangan berikutnya semakin baik lagi

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s