Biker Keren

syaikhan & verza
syaikhan & verza

Ketika berangkat ke kantor ataupun pulang kembali ke rumah, saya akan melewati Jalan Gatot Subroto. Sebab kantor tempat saya bekerja berada di salah satu sisinya. Kondisi jalan yang saya lewati, bisa dikatakan cukup bagus. Kecuali di beberapa titik.

Di beberapa titik tersebut terlihat tambalan yang kurang rata dengan bagian jalan lainnya. Ada pula beberapa lubang yang dapat mengganggu kenyamanan dan mungkin juga dapat membahayakan keselamatan pengendara, terutama pengendara sepeda motor seperti saya.

Mungkin sebagian penggendara tidak peduli dengan kondisi jalan yang berlubang tersebut. Asal mereka tidak melewati bagian jalan tersebut, itu sudah cukup. Namun, akan selalu hadir orang-orang baik yang peduli terhadap keselamatan orang lain.

Beberapa waktu lalu, saya pernah bercerita tentang seseorang, entah siapa, yang sengaja meletakkan ranting patah di dalam sebuah lubang yang berada di tengah jalan sebagai penanda agar pengendara tidak melewati bagian jalan yang berlubang tersebut. Beberapa waktu yang lalu, saya mendapati lagi orang yang melakukan hal serupa. Saya melihat orang atau lebih tepanya biker yang peduli terhadap kenyamanan dan keselamatan pengendara lain.

Pagi ini, ketika saya melewati Jalan Gatot Subroto, arus lalu-lintas bisa dikategorikan lancar. Semua kendaraan dapat melaju dengan kecepatan lumayan dan tidak ada kepadatan kendaraan di satu titik. Kecepatan sepeda motor saya mungkin berkisar antara lima puluh hingga tujuh puluh kilo meter per jam.

Saya melaju di belakang seorang pengendara sepeda motor lain. Saya tak bisa memastikan jenis sepeda motor yang dikendarainya. Saya hanya bisa mengingat bahwa pengendara tersebut menggunakan tas ransel berwarna terang.

Ketika saya hampir melintas di dekat jalanan yang berlubang, biker tersebut menggerakkan salah satu kakinya yang bersisian dengan letak lubang. Dua kali, biker tersebut melakukan hal yang sama.

Rupanya, gerakan yang dilakukan oleh biker tersebut adalah sebuah tanda atau kode sebagai pemberitahuan kepada para pengendara sepeda motor di belakangnya agar tidak melewati jalan berlubang tersebut.

Hal yang mungkin sederhana, namun sangat memberikan manfaat bagi orang lain yang menyadarinya. Hal yang sederhana, namun tidak semua orang dapat melakukannya. Termasuk saya.

Terima kasih, Bro!


Tulisan Terkait Lainnya :

26 thoughts on “Biker Keren

  1. edwinlives4ever Januari 6, 2015 / 11:23

    When you know how to share the roads with others, you’re a cool driver.

    • jampang Januari 6, 2015 / 21:55

      masih berusaha, mas πŸ˜€

  2. dani Januari 6, 2015 / 11:23

    Salut sama biker itu bang. Peduli sama orang lain dan sekitarnya. Jarang saya lihat yang begitu ya..

    • jampang Januari 6, 2015 / 21:56

      iya, mas. sepertinya memang jarang. atau mungkin saya yang jarang lihat

  3. Andri Poernawan Januari 6, 2015 / 12:38

    Pastinya biker tersebut memang punya kepedulian dengan sesama.. semoga menjadi contoh buat yang lain.

    • jampang Januari 7, 2015 / 21:39

      yup. semoga demikian

  4. nengwie Januari 6, 2015 / 13:47

    Pemerintah daerah hrsnya sigap menambal bolongan itu ya kang…
    Tp mungkin blm ada dananya 😦

    Mudah2an banyak pengendara spt itu…naaaah kang Jampang apalah selalu berbuat yg sama ndaaak sama biker ituuu… hehe

    • jampang Januari 6, 2015 / 21:58

      yang sudah ditambal juga ada, teh. mungkin bolong lagi atau memang terlewat yang bolong itu

      aamiin. saya belum jadi biker yang keren seperti itu, teh πŸ˜€

  5. Ie Januari 6, 2015 / 14:00

    keren yang di potonya

    #salah fokus :p

  6. rianamaku Januari 6, 2015 / 14:05

    Memang seperti itu mas aturan mainnya.
    jadi yang di depan namanya Sweper bertugas mengkondisikan keadaan jalan dan disekitar. jadi rombongan diblakang aman tentram dan yang belakang sendiri road captain tugasnya menjaga rombongan bila ada yg terpisah karena motΓΆr troubel.

    • jampang Januari 6, 2015 / 21:59

      nah, mbak yang suka touring nih yang lebih paham πŸ˜€

  7. limaumanes Januari 6, 2015 / 14:27

    anak motor memang begitu bang. seru lagi kalau lagi touring πŸ˜€

    • jampang Januari 6, 2015 / 21:59

      saya belum pernah touring πŸ˜€

  8. pipit Januari 6, 2015 / 16:07

    Iya Bang suka dengan pengendara yang peduli sesama.

  9. Ryan Januari 6, 2015 / 17:28

    wah. bersyukur masih banyak yang peduli mas.

  10. Abi Sabila Januari 6, 2015 / 20:40

    jalan berlubang sangat berbahaya terutama saat jalan tergenang air/banjir.
    kepedulian pengguna jalan juga baru saya dapatkan hari Jum’at kemariin, saat kehabisan bensin di jalan, ‘tiba-tiba’ ada seorang bapak yang menawarkan bensin, bahkan ternyata beliau sudah siap dengan gelas bekas air mineral dan selang untuk menyedot bensin dari tanki motornya. Subhanallah, wal hamduillah.

    • jampang Januari 6, 2015 / 22:00

      banyak orang-orang baik di sekitar kita ya, mas.
      alhamdulillah

      • Abi Sabila Januari 6, 2015 / 22:07

        Iya, Mas. Semoga kita bukan hanya sebagai penerima, tapi juga pemberi kebaikan kepada orang lain. Amiin.

      • jampang Januari 6, 2015 / 22:38

        aamiin yaa rabbal ‘aalamiin

  11. Adi Setiadi Januari 7, 2015 / 14:21

    motornya bersih, rajin dicuci ya mas πŸ™‚

    • jampang Januari 7, 2015 / 16:49

      πŸ˜€
      sepertinya di tahun 2014, saya baru nyuci 2 atau tiga kali aja setahun, mas

      • jampang Januari 8, 2015 / 12:03

        πŸ˜€

Tinggalkan jejak anda di sini....

