Sabiq’s Diary : Namaku di Dalam Al-quran

Sabiq in Blanket
Sabiq in Blanket

24 Januari 2015

Dari dalam kamar, aku mendengar salam yang diucapkan Abi ketika memasuki rumah. Abi baru saja kembali selepas melaksanakan shalat maghrib berjama’ah di masjid yang letaknya tak jauh dari rumah. Kelak, ketika aku sudah duduk atau berjalan dengan sempurna, aku akan ikut Abi shalat berjama’ah di masjid. Aku yakin, pasti Abi akan mengajakku dengan senang hati.

Ketika Abi masuk ke dalam kamar, aku berada di pangkuan Ummi. Sedang menyusu. Tak lama kemudian, aku dipindahkan dari gendongan Ummi ke gendongan Abi sebab Ummi mau melaksanakan shalat maghrib.

Setelah menggendongku sebentar, Abi membaaringkan di atas tempat tidur. Abi lalu mengambil handphonenya dan mengaktifkan aplikasi Al-quran untuk melanjutkan bacaan sebelumnya. Surat Fatir ayat 31.

Abi memulai dengan ta’awudz dan basmalah. Ketika Abi membaca ayat ke-32 dari surat Fatir, telingaku mendengar bahwa ada namaku, Sabiq, disebutkan dengan jelas di ayat tersebut dengan susunan huruf dan bunyi yang sama persis dengan nama yang diberikan oleh Ummi dan Abi untukku. Sebuah kata dalam Bahasa Arab yang tersusun dari huruf sin – alif – ba – qaf. Sabiq.

Sebelumnya, aku mengetehui jika nama depanku diambil dari Bahasa Arab. Aku juga tahu jika di dalam Al-quran juga ada beberapa kata yang asalnya sama dengan kata asal dari namaku. Namun bentuknya berbeda, seperti sabaqa, istabiquu, atau as-saabiquun. Sedang yang bentuk kata yang sama persis dengan namaku baru kali ini aku mendengarnya. Jangan-jangan Abi juga baru ngeh dengan ayat tersebut 😀

Bunyi dari ayat ke-32 dari surat Fathir adalah sebagai berikut :

surat fathir ayat 32

Artinya :

“Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri, dan di antara mereka ada yang pertengahan, dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.” (Fathir: 32)

Di dalam ayat tersebut, kata yang juga merupakan namaku diiringi dengan kata yang berarti kebaikan. Mungkin seperti itulah doa yang dipanjatkan oleh Ummi dan Abi ketika memilih dan menjadikan kata tersebut sebagai namaku. Agar aku menjadi yang terdahulu dalam melakukan segala kebaikan. Aamiin.


Baca Juga Diaryku Lainnya :

36 thoughts on “Sabiq’s Diary : Namaku di Dalam Al-quran

  1. limaumanes Januari 25, 2015 / 06:51

    Nama ku nggak ada d dlm Al quran 😀 Cucu2 nenek yg baru aja yg dpt nama islami. Panggilanya sabiq bang? pgilan pendeknya apa bang? 😀 klo aku kan ade biasa d pangil DE.

    • jampang Januari 25, 2015 / 22:15

      ya tetep sabiq 😀
      nggak dipendekin lagi

      • limaumanes Januari 25, 2015 / 22:23

        Kayaknya dia nanti di pangil temenya sab atau biq. 😀 ngak tau jg si kebiasaan org d sna kayak apa tp klo di sini kalau sedang ngobrol santai atau cma mangil aja biasanya namanya di ambil ujungnya bang. Amet ya kyak nama bang janpang itu di pangilnya pang. Ican di pangil can. Ex ‘can.. Can.. Sini dulu’. ‘Mau ke mana can?’. Gitu bang 😀

      • jampang Januari 25, 2015 / 22:25

        oooo… pas lagi ngobrol gitu yah… ya belum tahu seh. tapi kalau bisa seh jangan dipotong 😀

    • ahsanfile Januari 26, 2015 / 12:10

      Ada dalam hadits … buah limaumanis

      • limaumanes Januari 26, 2015 / 12:12

        Haha nama asli ku ade wijaya bang

      • ahsanfile Januari 26, 2015 / 12:13

        Aiiihhh… tambah bingung aku manggilnya….

        Masa ntar Mas Ade ?

      • limaumanes Januari 26, 2015 / 12:16

        Haha jaya aja biar kerenan dikit. Bosen juga di pangil adE yg bunyinya jd adek.

      • ahsanfile Januari 26, 2015 / 12:17

        Gak ah, kalau “Jaya” kesannya kaya manggil perusahaan oto bus

      • limaumanes Januari 26, 2015 / 12:20

        Wkwkwkw mboh lah mas

      • ahsanfile Januari 26, 2015 / 12:22

        Mas aja lah ya …
        😀

      • limaumanes Januari 26, 2015 / 12:22

        Sipp deal. 😀

      • jampang Januari 26, 2015 / 13:28

        😀

      • jampang Januari 26, 2015 / 13:28

        saya malah baru tahu kalau limau disebutkan di dalam hadits

    • jampang Januari 25, 2015 / 22:16

      terima kasih tante 😀

  2. ayanapunya Januari 25, 2015 / 13:27

    Penasaran deh kenapa mas rifki ngasih nama anak2nya dengan huruf pertama S 😀

    • jampang Januari 25, 2015 / 22:18

      mungkin karena terpengaruh dengan nama anak pertama kali mbak.
      BTW Aa Gym juga ngasih nama anak-anak beliau dengan huruf yang sama. huruf G

      • ayanapunya Januari 25, 2015 / 23:15

        Iya. Dan nemu aja nama2 bagus dengan huruf G. Cucu2 beliau juga namanya pakai huruf G

      • jampang Januari 26, 2015 / 07:39

        oh… iya kah? emang anaknya udah ada yang nikah yah?
        saya ketinggalam berita

      • ayanapunya Januari 26, 2015 / 08:06

        Ada. Anak yang sulung Ghaida sama satu lagi yang sekolah di jerman

      • jampang Januari 26, 2015 / 10:19

        berarti saya yang kurang gaul 😀

      • Dinar Zul Akbar Januari 25, 2015 / 22:29

        Om??
        Berasa tua saya
        Dek Sabiq, panggil aku Kakak aja ya manggilnya
        #Halah lagi

      • jampang Januari 26, 2015 / 07:38

        😀
        😛

      • Dinar Zul Akbar Januari 26, 2015 / 12:15

        Dek sabiq, giginya dah numbuh ya??

      • jampang Januari 26, 2015 / 13:29

        belumlah om. umurku dua bulan juga belum nyampe

  3. gegekrisopras Januari 26, 2015 / 08:14

    Arti namanya bagusss! Berarti papanya Sabiq udah khusyuk cari nama + didoain nih~ semoga sesuai harapan ya Amiiinnn ^^
    Btw nama tante jg ada di Alkitab lho, Sab #eh :p

    • jampang Januari 26, 2015 / 10:18

      iya serius. masa buat anak kok coba-coba 😀 *iklanmodeon*

      tos kalau gitu, tante

  4. ahsanfile Januari 26, 2015 / 12:09

    Ihihihii… cakep sekali …. salam cubit dari paman ahsan yoo

    • jampang Januari 26, 2015 / 13:27

      aduh… sakit, paman

      • ahsanfile Januari 26, 2015 / 15:12

        awww…
        #dibales sama ayahnya

      • jampang Januari 26, 2015 / 15:21

        😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s