Symmetry : Masjid Agung Jawa Tengah

Tema tantangan Weekly Photo Challenge kali ini adalah symmety. Simetris. Sebuah tema yang membawa ingatan saya terhadap salah satu pokok bahasan saat belajar matematika di sekolah dahulu, yaitu tentang simteri lipat bangun datar dalam pelajaran matematika.

Tantangan dengan tema simetris ini tidak harus selalu terkait dengan arsitektur bangunan. Sebab ada banyak hal lain yang bisa dianggap memiliki unsur simetris. Foto dari dua orang kembar identik bisa dikatakan simetris. Sama juga halnya dengan mahkota bunga yang sedang mekar, terdapat unsur simteris di dalamnya.

Karena saya tidak memiliki file foto saudara atau anak kembar, sementara beberapa foto bunga sudah pernah saya upload di tantangan yang lain, saya memilih foto bangunan saja untuk memenuhi tantangan kali ini. Foto bangunan yang saya pilih adalah foto Masjid Agung Jawa Tengah yang saya ambil beberapa hari yang lalu ketika mengunjungi kota Semarang, Jawa Tengah.

Ada beberapa foto Masjid Agung Jawa Tengah yang saya ambil. Namun karena tidak semua hasilnya bagus, saya memilih tiga foto saja.

Foto pertama adalah foto bangunan Masjid Agung Jawa Tengah dari sisi depan. Terlihat sekali simetrisnya. Baik bentuk kubah, atap, tiang, menara, serta payung raksasa yang tertutup.

Masjid Agung Jawa Tengah - Kota Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah – Kota Semarang

Foto berikutnya adalah foto bangunan bagian depan masjid yang akan dilihat oleh pengunjung meskipun belum melihat bangunan utama masjid. Sebuah menara tinggi. Informasi yang saya dapatkan, di dalam menara terdapat lift yang bisa membawa pengunjung ke bagian atas menara. Sayangnya, saya belum mencobanya.

Masjid Agung Jawa Tengah - Kota Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah – Kota Semarang

Foto terakhir adalah foto ruangan utama di dalam bangunan masjid di mana para jama’ah melaksanakan shalat berjamaah. Terlihat dengan jelas pula unsur simetrisnya, bukan?

Masjid Agung Jawa Tengah - Kota Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah – Kota Semarang

Sebenarnya, selain bangunan Masjid Agung Jawa Tengah, ada bangunan lain yang memiliki unsur simetris pula yang sempat saya kunjungi ketika berada di Semarang, yaitu Klenteng Sam Po Kong yang beberapa fotonya sudah saya upload di album foto berjudul “Klenteng Sam Po Kong dan Taman Srigunting”.  Silahkan klik jika inginmelihat foto klenteng tersebut.

Anda memiliki juga foto dengan unsur simetris di dalamnya? Atau ingin melihat foto dengan tema simetris lainnya? Silahkan berkunjung ke dailypost.

–> Read In English  <–


Lihat Juga Foto Weekly Photo Challenge Lainnya :

53 thoughts on “Symmetry : Masjid Agung Jawa Tengah

  1. Enje Februari 14, 2015 / 14:58

    Mesti pake bhs inhgris jg ya klw mw ikutan ini?

    Btw salam kenal om 😀

    • jampang Februari 14, 2015 / 16:39

      enggak harus,koq. bahkan nggak pake kata-kata juga nggak masalah.

      salam kenal juga 😀

      • Enje Februari 14, 2015 / 19:06

        Oh, wokey…

      • jampang Februari 14, 2015 / 20:58

        😀

  2. esti kristikasari Februari 14, 2015 / 16:53

    Subhanallah..
    Bagus bgt masjidnya..

    • jampang Februari 14, 2015 / 16:54

      payungnya itu bisa dibuka, mbak. sayangnya pas saya datang ditutup. mungkin ada jadwalnya kali

      • esti kristikasari Februari 14, 2015 / 17:13

        Iya prnh baca begitu..hidrolik sprti di Masjid Nabawi

      • jampang Februari 14, 2015 / 20:55

        iya. betul, mbak

      • Dyah Sujiati Februari 14, 2015 / 20:36

        Payung itu otomatis terbuka sendiri kalau hujan

      • jampang Februari 14, 2015 / 20:59

        ooooo…. kirain ada waktu-waktu tertentu dibuka. misal pas jum’atan

  3. zilko Februari 14, 2015 / 17:04

    Hehehe, aku juga suka dengan kesimetrisan 😀

    • jampang Februari 14, 2015 / 20:54

      simetris memang bagus sih

  4. Iwan Yuliyanto Februari 14, 2015 / 17:40

    Masya Allah … Takjub. Sangat jelas simetris-nya.

    • jampang Februari 14, 2015 / 20:56

      emang keren masjidnya, pak

  5. nengwie Februari 14, 2015 / 18:55

    مَا شَاءَ اللّهُ
    Bagus sekali Mesjidnya… tp sesederhana apapun Mesjid, teteep bikin mata adem lihatnya, apalagi berada di dalamnya …

    • jampang Februari 14, 2015 / 20:58

      iya, teh. masjidnya bagus banget. dan betul, di dalam masjid pasti adem mata dan hati 😀

  6. Dyah Sujiati Februari 14, 2015 / 20:35

    Yang paling atas bagus tapi kok beda banget ya sama aslinya? XD

    • jampang Februari 14, 2015 / 20:59

      di mana bedanya, mbak?

  7. arip Februari 14, 2015 / 21:32

    Payungnya ini yg kayak di Masjid Nabawi ya bang? Bisa dibuka tutup kan?

    • jampang Februari 14, 2015 / 21:52

      iya. saya dengernya begitu. cuma belum ngelihat langsung

  8. edi padmono Februari 14, 2015 / 21:35

    Saya malah belum pernah kesana bang

    • jampang Februari 14, 2015 / 21:53

      ya gantian, sebelumnya kan saya yg bilang belum pernah ngubek-ngubek ancol 😀

  9. Ryan Februari 14, 2015 / 22:47

    Bagus mas.
    Lagi pusing challenge kali ini. Simetris. Hiks. Bunga simetris apa mas?

    • jampang Februari 15, 2015 / 05:36

      maksudnya, bentuk bunga umumnya kan simteris, mas. mahkotanya, kelopaknya… begitu 😀

      • Ryan Februari 15, 2015 / 05:59

        Ooo. Tapi kalau bunganya nguncup kan gak simetris juga mas.

      • jampang Februari 15, 2015 / 06:23

        iya seh 😀

      • Ryan Februari 15, 2015 / 06:28

        Dah keseringan upload foto bunga nih. Hiks. Sptnya pass buat wpc kali ini.

      • jampang Februari 15, 2015 / 06:29

        objek simetris sepertinya banyak, mas. foto wajah sendiri juga simetris, mobil, sepeda motor, pintu atau jendela

      • Ryan Februari 15, 2015 / 06:37

        Bongkar foto dulu deh mas.

      • jampang Februari 15, 2015 / 06:39

        selamat mencari

  10. Gara Februari 15, 2015 / 00:24

    Fotonya keren Mas… simetrinya jelas banget, apalagi di foto yang pertama.
    Sementara itu… saya bebingungan cari foto simetris. Sepertinya ada :hehe

    • jampang Februari 15, 2015 / 05:41

      terima kasih.
      kalau sering foto dan punya koleksi banyak, kemungkinan akan dapat beberapa foto yang simetris. coba aja

      • Gara Februari 15, 2015 / 12:21

        Boleh, boleh 😀

      • jampang Februari 15, 2015 / 13:11

        silahkan cek koleksinya kalau begitu

  11. Pamela Fitrah Februari 15, 2015 / 03:47

    mesjidnya hampirr mirip neh sm mesjid agung yg d cirebon cm yg ini agak modern dikit desainnya kalo yg d crb jadul bgt desainnya hihihi

    • jampang Februari 15, 2015 / 05:43

      ya waktu pembangunannya kan juga beda, mpo’ 😀

      • Pamela Fitrah Februari 15, 2015 / 19:05

        iya juga ya bang. eh tp kalo mesjid agung cirebon di bangun pake bata trs merekatkan antar bata itu pake putih telor bukan semen katanya begituh

      • jampang Februari 15, 2015 / 21:43

        tuh bener kan? 😀

  12. ahsanfile Februari 15, 2015 / 06:25

    Ubek-ubek foto kagak nemu yang simetris…

    • jampang Februari 15, 2015 / 06:27

      masa seh? bukannya banyak objek foto yang punya?

      • ahsanfile Februari 15, 2015 / 06:29

        Iya mas, nggak ada yang simetris, soale mahluk hidup semua banyakan.

      • jampang Februari 15, 2015 / 06:30

        kalau posisinnya dari atas atau dari depan. kan simetris juga

      • ahsanfile Februari 15, 2015 / 06:31

        Oke, tak nyari lagi.

      • jampang Februari 15, 2015 / 06:35

        semoga ketemu, mas

  13. yogisaputro Februari 15, 2015 / 07:59

    Oke sekali ini, saya juga menampilkan masjid kebetulan 😀

    • jampang Februari 15, 2015 / 13:05

      terima kasih. memang rata-rata masjid bentuk bangunannya simetris yah

      • jampang Februari 15, 2015 / 21:41

        foto di blog mas juga keren

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s