Pengolahan Data dan Amalan Manusia

importing-cleansing-inserting

Lembur. Jumat malam kemarin, saya lembur. Sabtu siang hingga menjelang sore, saya melanjutkan pekerjaan yang masih tersisa. Alhamdulillah, selesai pada waktunya.

Lembur saya kali ini terkait dengan pengolahan data. Data mentah yang dikirim oleh unit-unit di bawah instansi tempat saya bertugas harus diolah terlebih dahulu agar awal pekan nanti bisa langsung digunakan oleh unit terkait.

Secara garis besar, ada tiga tahapan pengolahan data yang saya lakukan bersama rekan-rekan satu seksi. Ketiga tahapan itu adalah importing, cleansing, dan iserting. Tiga tahapan yang mungkin bisa dijadikan analogi terhadap amal perbuatan manusia.

Importing

File data yang sudah diterima, kami modifikasi terlebih dahulu agar bisa diimport ke database sementara. Dalam proses ini, semua data diimport. Tanpa terkecuali. Tanpa identifikasi apakah data tersebut bermasalah atau tidak. Sebab proses ini menganggap bahwa semua data yang dikirim adalah data yang sudah valid.

Seperti seluruh amalan manusia di dunia, yang benar atau yang salah, semuanya tercatat. Semuanya akan dibawa oleh pelakunya bersamaan proses “import” dari alam dunia ke alam akhirat.

Cleansing

Di tahapan ini, dilakukan pengecakan atas semua data yang sudah masuk ke database sementara melalui proses import sebelumnya. Ada kriteria tertentu untuk menentukan mana data yang bisa lolos dan mana yang tidak.

Dalam tahapan ini, ada beberapa data yang dinyatakan tidak layak untuk diproses lanjut. Data yang dianggap tidak valid karena tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Hasil dari proses cleansing memberikan tanda atau flag bagi untuk setiap kelompok data. Yang valid dan yang tidak valid.

Di akhirat, setelah semua manusia dibangkitkan kembali, amalan masing-masing dinilai. Hasilnya terbagi dua. Amalan baik dan amalan buruk. Lalu keduanya dibandingkan mana yang jumlahnya lebih baik. Apakah seseorang memiliki amalan baik yang lebih banyak atau memiliki amalan buruk yang lebih banyak.

Inserting

Terhadap data-data yang sudah diberi flag sebagai data yang valid, akan diproses lanjut yaitu memasukkan data tersebut ke database sebenarnya. Database yang akan digunakan untuk aplikasi yang digunakan sehari-hari.

Sementara data yang diberi flag sebagai data yang bermasalah tidak bisa diproses lanjut. Data tersebut akan dikembalikan kepada pengirim untuk diperbaiki. Untuk kemudian diproses sendiri oleh unit yang bersangkutan melalui menu baru yang disediakan di aplikasi.

Di akhirat, setelah seluruh amal umat manusia, maka tempat tujuan si pemilik amal ditentukan. Hanya ada dua tempat yang tersedia. Surga atau neraka.

Berbeda dengan proses pengolahan data di atas, di akhirat, tak ada pengembalian manusia ke dunia untuk memperbaiki amalnya. Keputusan di sana sudah final dan takan pernah bisa digugat.

Wallaahu a’lam.


Tulisan Terkait Lainnya :

14 thoughts on “Pengolahan Data dan Amalan Manusia

  1. Ami Maret 29, 2015 / 16:22

    Analogi yang bagus, Bang.🙂 terima kasih sudah mengingatkan.

  2. Gara Maret 29, 2015 / 19:10

    Analoginya tepat sekali Mas :hehe. Mari terus berbuat baik di masa-masa collecting ini, supaya yang diimpor nanti lebih banyak amal baiknya ketimbang amal buruknya :hehe.

  3. rianamaku Maret 29, 2015 / 21:22

    Kadang kita harus saling di ingatkan.
    thx buat masukanya mas..

  4. zizadesita Maret 30, 2015 / 02:35

    Jadi, Senin sudah bisa quick count ya?
    👍
    Semoga prosesnya lancar.
    Amin

    • jampang Maret 30, 2015 / 05:33

      ini bukan untuk kepentingan kegiatan tertentu…. untuk kepentingan sehari-hari kok, mbak 😀

  5. Blogger Indonesia Maret 30, 2015 / 10:21

    Analagi yang menarik dan greget mas, memang hidup manusia itu tak ubahnya input-proses-output ya🙂

    • jampang Maret 30, 2015 / 12:59

      terima kasih, mas😀

  6. zaki19482 Maret 30, 2015 / 17:50

    Filosofi database manajemen untuk amal kebaikan manusia. Renungan yang menarik mas. Two Thumbs Up

    • jampang Maret 30, 2015 / 21:40

      terima kasih, mas. semoga bermanfaat

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s