Sabiq’s Diary : Lulus ASI Eksklusif

sabiq makan 03-06-2015 

Tanggal 3 Juni 2015 kemarin, usiaku genap enam bulan. Sejak hari itu, ada babak baru dalam proses tumbuh kembangku.

Selama enam bulan sebelumnya, aku hanya meminum Air Susu Ibu alias ASI. Itu adalah kesepakatan dan keinginan Ummi dan Abi. Ummi selalu rajin memberikan ASI kepadaku. Bahkan ketika aku terjaga di tengah malam karena lapar, Ummi selalu bangun dan memberikanku ASI.

Aku sendiri suka dengan ASI. Hanya saja di bulan-bulan pertama, aku mudah sekali tertidur ketika sedang menyusu. Mungkin karena rasa nyaman yang kurasakan saat menyusu. Selain itu, aku sering tergoda dengan suara-suara yang sampai ke telingaku. Misalnya, ketika aku sedang menyusu dan kemudian Abi berbicara dengan Ummi, aku langsung berhenti menyusu dan langsung memalingkan wajahku ke arah sumber suara. Jika belum kutemukan sumber suara, aku terus mencarinya dan tidak langsung melanjutkan minum ASI.

Jika jadwal minum ASI-ku terganggu, bukan aku saja yang merasa tidak nyaman, Ummi juga akan merasa tidak nyaman. Pernah Ummi merasakan demam karena jadwal minum ASI-ku mundur beberapa waktu. Jika sudah begitu, Ummi merasakan sakit dan aku juga kesulitan untuk minum ASI. Untunglah kejadian seperti itu hanya beberapa kali saja terjadi.

Seperti yang kusebutkan sebelumnya, memberikanku ASI ekslusif selama enam bulan adalah keinginan dan kesepakatan Ummi dan Abi. Namun ada saja komentar miring yang menyinggung atau menyarankan agar aku diberikan susu formula sebagai tambahan. Pasalnya, ada bayi yang tinggal di dekat rumahku dan ada pula yang sering lewat depan rumahku memiliki tubuh yang lebih gemuk dibandingkan tubuhku. Keduanya diberikan susu formula. Bahkan salah satu di antara mereka ada yang sudah berikan teh manis. Padahal dokter yang memberikanku imunisasi menyarankan agar aku cukup diberikan ASI saja.

Untunglah Ummi dan Abi tidak tergoda. Aku juga tidak tergoda. Dan akhirnya, aku bisa lulus ASI eksklusif. Alhamdulillah.

Hari Rabu, tanggal 3 Juni 2015, aku mulai diperkenalkan dengan makanan lain. Sebagai perkenalan, Ummi memberikanku puree buah. Puree adalah variasi dari bubur dimana bahan utamanya adalah buah atau sayuran yang diproses dengan blender hingga lembut. Puree pertama yang diberikan Ummi adalah puree pepaya. Sayangnya, aku cuma mau menikmatinya sebanyak lima sendok saja. Sepertinya, buah pepayanya kurang terlalu manis.

Keesokan harinya, Ummi memberikanku puree pisang. Rasanya enak. Aku suka. Bahkan aku sering tidak sabar dan meminta Ummi menyuapkan lagi dan lagi. Puree pisang buatan Ummi langsung habis.

Setelah beberapa hari hanya menikmati puree pisang, aku diberikan puree pir hijau. Aku juga suka. Rasanya manis. Abi yang menyuapiku. Sama seperti ketika menikmati puree pisang, aku sering berteriak meminta Abi untuk menyuapiku lagi dan lagi.

Aku juga sering meminta makan jika melihat Abi dan Ummi sedang makan bersama. Aku berteriak-teriak. Padahal sebelumnya aku sudah makan. Akhirnya, Abi memberikan potongan buah untuk aku hisap atau gigit untuk menggantikan teether. Barulah aku diam. Abi dan Ummi bisa makan dengan tenang.

Mungkin, beberapa hari lagi, puree buatan Ummi untukku akan lebih bervariasi lagi dan tentunya dengan jumlah porsi yang lebih banyak, menyesuaikan dengan pertumbuhanku.

sabiq makan 03-06-2015 2


Baca Diaryku Lainnya :

31 thoughts on “Sabiq’s Diary : Lulus ASI Eksklusif

  1. hensamfamily Juni 8, 2015 / 10:39

    paragraf pertama ada yg typo kayaknya.

    • jampang Juni 8, 2015 / 10:43

      iya, pak. enam bulan maksudnya😀
      terima kasih

    • jampang Juni 8, 2015 / 10:43

      6 bulan. typo.😀
      terima kasih

      • jampang Juni 8, 2015 / 10:46

        😀
        nggak typo nggak belajar😛

  2. salgadd Juni 8, 2015 / 10:54

    Seriusan ini aku jadi nostalgia sama anak pertama ^_^
    Alhamdulillah masih Allah berikan kesempatan untuk memberikan ASI eksklusif ya, mas.
    The Best Drink for Baby in the Universe.

    Lanjut teruuus sampe 2 taun.. huehuehue..

    • jampang Juni 8, 2015 / 16:35

      iya om. mudah2an aku, abi, dan ummi diberikan kesehatan oleh Allah. aamiin

  3. capung2 Juni 8, 2015 / 10:55

    Moga sht2 slalu ya Sabiq🙂

    • jampang Juni 8, 2015 / 16:34

      aamiin. terima kasih doanya, om

  4. zizadesita Juni 8, 2015 / 11:33

    Alhamdulillah sudah lulus. Semoga bisa berlanjut ke tahap selanjutnya.
    #jadi mupeng hamil lagi😄

    • jampang Juni 8, 2015 / 16:34

      terima kasih tante.
      semoga terkabul keinginannya, tante

      • jampang Juni 9, 2015 / 07:49

        nanti dedenya bikin diary juga seperti aku yah tente?😀

      • zizadesita Juni 9, 2015 / 08:28

        Hehehe, tergantung dedeknya bisa diajarin nge blog atau ndak, Pakde.

  5. Febriyan Lukito Juni 8, 2015 / 12:20

    Baca di google plus bingung saya. 6 tahun. Hihi.
    Sabiq pinter. Dah lulus S1 nya.

    • jampang Juni 8, 2015 / 16:33

      iya, typo, om😀
      terima kasih

  6. Gara Juni 8, 2015 / 20:10

    Saya selalu suka melihat senyuman dan tawa bayi. Tulus sekali :)). Yay, selamat buat Sabiq soalnya sudah lulus ASI eksklusif (cuma yang saya bingung, kenapa dibilang lulus S1, yah? *garuk-garuk kepala*). Semoga sehat selalu dan jauh dari sakit supaya bisa senyum dan tertawa terus seperti di foto-foto ini :hehe.

    • jampang Juni 9, 2015 / 07:48

      terima kasih, om.

      aku juga nggak tahu kenapa dibilangnya S1. mungkin karena ada tahapan ASI selanjutnya, yaitu sampai umurku dua tahun.

      • Gara Juni 9, 2015 / 23:24

        Ya, mungkin demikian… :hehe.

      • jampang Juni 10, 2015 / 07:47

        nanti aku coba tanya ummi untuk lebih pastinya

      • Gara Juni 10, 2015 / 13:28

        Terima kasih ya :hehe.

      • jampang Juni 10, 2015 / 13:41

        om, ternyata udah di jawab sama buk dokter di kolom komentar.
        S1 = 6 bulan
        S2 = 1 tahun
        23 = 2 tahun

      • Gara Juni 10, 2015 / 17:50

        Okay! Setelah itu siap untuk SD, SMP, SMA :hihi.
        Syukurlah dulu saya sudah lulus sampai S3 *langsung cium-cium si Ibu di kampung :hihi*.

      • jampang Juni 10, 2015 / 20:15

        wah… om hebat.

  7. mellyfeb0805 Juni 10, 2015 / 06:54

    Selamat Sabiq udah lulus S1, moga bisa sampai S3. Makannya yang lahap ya biar abi umi seneng🙂

    • jampang Juni 10, 2015 / 07:47

      terima kasih tante. iya… aku juga ingin makan yang banyak😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

