Sabiq’s Diary : Konstipasi

sabiq makan buah 1

“Sabiq udah pup?”

Itu adalah pertanyaan yang selalu Abi ajukan kepadaku akhir-akhir ini. Hampir setiap sore ketika Abi pulang dari kantor. Wajar sih Abi menanyakan hal itu, sebab hampir seminggu ini pupku tidak setiap hari. Bahkan pernah tiga hari sekali aku baru pup. Dan aku melakukannya tidak teramat susah payah. Aku harus mengeluarkan banyak tenaga dan bahkan sampai menangis. Ummi pun sampai-sampai ikut menangis.

Sepertinya, aku mengalami konstipasi. Konstipasi yah, bukan konspirasi. Kalau konspirasi itu seh salah satu judul flash fiction yang dibuat oleh Abi beberapa waktu yang lalu. Konstipasi itu adalah sebuah kondisi tidak bisa buang air besar secara teratur atau tidak bisa sama sekali. Beberapa hari ini, pupku menjadi keras dan padat. Meskipun sudah mengerahkan banyak tenaga, pupku masih susah keluar. Aku baru bisa mengeluarkannya setelah Ummi memberikanku obat pencahar yang dimasukkan ke dalam duburku.

Untungnya, tidak ada gejala lain yang menyertai kondisiku saat ini, semisal demam atau terdapat darah di pupku.

Mungkin penyebab aku mengali konstipasi atau sembelit karena aku baru saja mengalami perubahan pola makan. Sebelumnya, selama enam bulan aku hanya minum ASI. Barulah di awal bulan ini aku mencicipi jenis makanan lain. Seperti yang pernah aku tulis di diary sebelumnya, Ummi memberikanku pure buah pisang dan pir. Beberapa hari kemudian, aku mencoba biskuit atau bubur bayi. Saat itulah aku tidak pup seperti biasa yang sehari sekali.

Ummi dan Abi melakukan beberapa tindakan agar aku tidak lagi mengalami konstipasi atau sembelit ke depannya. Ummi berhenti dahulu memberikanku biskuit atau bubur bayi. Cukup jus buah saja. Tentu saja ASI tetap aku minum. Sementara Abi lebih sering memijat-pijat perutku dan menggerak-gerakkan kedua kakiku sebagai salah satu cara untuk memperlancar pupku.

Mudah-mudahan saja, setelah hari ini aku tidak lagi kesulitan pup. Pup normal, tidak keras dan tidak terlalu sehingga aku tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan banyak tenaga saat pup.

Kalau kondisiku normal, aku bisa memakan jenis makanan lain. Soalnya, kalau aku melihat Abi dan Ummi sedang makan, aku ingin ikut mencicipi makanan Abi dan Ummi. Kalau tidak diberi, aku akan terus meminta. Akhirnya Abi memberiku potongan buah pir untuk aku hisap atau gigit-gigit seperti aku menggigit-gigit teether. Barulah kemudian aku akan duduk tenang sambil menikmati potongan buah pir yang ada di tanganku. Rasanya enaaaaak!

sabiq makan buah 2


Baca Diaryku Lainnya :

31 thoughts on “Sabiq’s Diary : Konstipasi

  1. Eka Novita Juni 19, 2015 / 09:59

    Semoga cepet lancar pupnyaaa Sabiq…

    • jampang Juni 19, 2015 / 10:02

      terima kasih doanya, tante

  2. Akhmad Muhaimin Azzet Juni 19, 2015 / 10:01

    Beulll, potongan buah pir itu rasanya enak, bagi dooong🙂
    Semoga sehat selalu ya, Sabiq. Aamiin….

    • jampang Juni 19, 2015 / 11:06

      makanya aku suka dan asyik sendiri kalau diberi buah pir. cuma lama-lama manisnya hilang juga😀

  3. Mas Djie Juni 19, 2015 / 10:05

    Semangat ya sabiq sayang🙂

      • lazione budy Juni 19, 2015 / 13:57

        aman, pup ga ke mana-mana.

      • jampang Juni 19, 2015 / 21:10

        iya, om. aku pakai juga koq. cuma nggak sepanjang siang

  4. Emaknya Benjamin br. Silaen Juni 19, 2015 / 12:21

    Makan pepaya yang banyak bang🙂 . Kalau masih asi si ibu makan pepaya nanti keluar lewat asi yg diminum si kecil. Semoga ga sering2 sembelit ya Sabiq😉 .

    • jampang Juni 19, 2015 / 13:29

      iya, tante. sekarang aku minumnya jus pepaya tambah ASI. iya, ummi harus bantu yah dengan makan pepaya juga

  5. ayanapunya Juni 19, 2015 / 13:00

    Semoga konstipasinya segera berhenti ya, Sabiq!🙂

    • jampang Juni 19, 2015 / 13:28

      iya. terima kasih, tante

  6. Ria Angelina Juni 19, 2015 / 13:26

    Wah kalau bayi aku ngak tau boleh tidak.
    kalau aku kemarin coba pakai microlax yg di taruh di d*b*r.
    langsung lancar jaya.
    Wah semoga stabil lagi ya pupnya emang ngak nyaman kalau ngak bisa pup.

    • jampang Juni 19, 2015 / 13:28

      aku juga pakai itu, tante. ummi yang ngasih. dosisnya nggak penuh.
      terima kasih, tante

  7. Gara Juni 19, 2015 / 13:45

    Aih, pasti gak enak banget ya kalau begitu, tapi kalau ini penyebabnya gara-gara adaptasi sama jenis makanan yang baru, agaknya mesti dilalui ya :hehe. Semangat ya Sabiq, semoga pencernaannya cepat adaptasi sama jenis makanan yang baru :)).

    • jampang Juni 19, 2015 / 21:10

      iya om. enggak enak😀
      terima kasih om.

  8. zilko Juni 19, 2015 / 18:25

    Cepat sembuh ya Sabiq, hehehe🙂

  9. kangjum Juni 19, 2015 / 20:51

    Semoga cepet sembuh ya dan bisa beradaptasi sama makanan barunya🙂

    • jampang Juni 19, 2015 / 21:09

      aamiin. terima kasih doanya, om

  10. Haya Najma Juni 19, 2015 / 22:08

    waktu ikut AIMI MPASI terlalu sering pure buah juga bisa konstipasi

    semoga lancar terus ya pupnyaa hihi

  11. dani Juni 26, 2015 / 17:44

    Semoga lancar ya Sabiq pupnya.. Dulu pas baca-baca katanya wajar kok Bang. Semoga sehat selalu yaaa Sabiq..

    • jampang Juni 27, 2015 / 21:52

      terima kasih, om.
      iya… mungkin tubuhku ini sedang beradaptasi dengan pola dan menu makan baru, om

  12. vivi Juli 1, 2015 / 07:54

    bang, buah pir itu bagus untuk memperlancar pup. yg lebih joss lagi buah prune. kalau anakku konstipasi, aku kasih pir. selamat mpasi sabiq

    • jampang Juli 1, 2015 / 07:58

      buah prune itu kaya apa yah, tante ? apa sama dengan buah plum?
      sementara ini yang makan pir ummi, kalau aku dikasih potongan aja buat digigit2 pengganti teether😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s