ROY G. BIV : MEJIKUHIBINIU

rainbow in bukittinggi
rainbow in bukittinggi

“Neng, masih ingat tentang rumusan warna pelangi?”

“MEJIKUHIBINIU, kan?”

“Itu dulu, sekarang sudah berubah!”

“Masa sih, Bang? Jadi apa?”

“MEJIKUCINTAKAMU!”

😀

Dialog di atas saya ambil dari salah satu episode Komik Jampang dan Eneng yang berjudul “Pelangi VS Kamu”. Silahkan klik di sini untuk membaca satu episode lainnya.

Jika MEJIKUHIBINIU adalah cara kita di Indonesia untuk memudahkan menghapal warna pelangi, maka di negara lain ada juga rumusan untuk memudahkan ingatan akan warna pelangi. Mereka menggabungkan huruf awal dari setiap warna pelangi menjadi sebuah nama, yaitu “ROY G. BIV”.

ROY G. BIV merupakan akronim untuk warna-warna pelangi, yaitu Red, Orange, Yellow, Green, Blue, Indigo, Violet.

Dari akronim di atas, saya baru tahu bahwa Indigo bisa juga bermakna salah satu nama warna. Padanan untuk warna nila.

Warna pelangi menjadi tema dari Weekly Photo Challenge kali ini. Jika melihat ketentuan tantangan kali ini di dailypost, ada dua cara untuk berpartisipasi untuk tema ini. Pertama, dengan membagikan foto pelangi itu sendiri. Sedangkan cara yang kedua yaitu membagikan beberapa foto dalam bentuk gallery di mana setaip foto mewakili setiap warna dari pelangi.

Saya memilih cara yang pertama. Bagi saya lebih mudah karena saya memiliki beberapa foto pelangi yang saya lihat saat saya berkunjung ke Bukittinggi beberapa tahun yang lalu. Ketika dalam perjalanan pulang dari Ngarai Sianok untuk kembali ke Padang di sore hari, cuaca agak mendung dan sempat turun hujan. Namun tak lama kemudian terlihat pelangi di langit. Tak hanya satu, tetapi dua buah pelangi.

Saya tak ingat siapa yang megabadikan foto-foto dua pelangi yang pernah saya upload juga di blog ini, apakah saya atau rekan saya. Yang jelas, kamera yang digunakan adalah milik rekan saya😀

Berikut adalah koleksi foto dua pelangi di Bukittinggi yang pernah saya lihat langsung kehadirannya selepas hujan turun.

 


Lihat Juga Foto Weekly Photo Challenge Lainnya :

33 thoughts on “ROY G. BIV : MEJIKUHIBINIU

  1. ceritariyanti Juni 20, 2015 / 22:05

    Saya tuh menunggu pasti ada blogger Indonesia yang menuliskan Mejikuhibiniu dan akhirnya ada jugaaa… kita itu begitu lekat yaa dengan mejikuhibiniu itu… mungkin seperti mereka dengan si roy g biv itu…

    • jampang Juni 21, 2015 / 09:29

      wah… koq sampai ditunggu2, mbak. emangnya ada apa dengan mejikuhibiniu ini?😀

      iya… buktinya mereka juga punya cara untuk mudah menghapalkannya

  2. MS Juni 20, 2015 / 22:55

    cantik nian pelanginya

    rupanya di Sumbar itu sering ada pelangi kembar ya
    (padahal kejadian ini katanya langka) aku juga nemu pelangi itu waktu di Lembah Harau Payakumbuh

    • jampang Juni 21, 2015 / 09:28

      wah kalau benar langka, saya beruntung sekali bisa melihat pelangi kembar waktu itu

  3. Febriyan Lukito Juni 21, 2015 / 02:41

    Uhuyyy. Mejikucintakamu. Hehehe.
    Yang minggu lalu blm ikutan. Yang ini susah temanya. Hiks.

    • jampang Juni 21, 2015 / 09:26

      kalau dapat foto pelangi seh cukup satu aja, mas udah bisa ngikutin

      • Febriyan Lukito Juni 21, 2015 / 11:26

        Kayaknya dah hapus or lupa taruh mana

      • jampang Juni 21, 2015 / 12:54

        wah kalau kehapus sayang banget. mungkin aja lupa nyipan filenya. bisa disearch kan?

      • jampang Juni 21, 2015 / 20:46

        jadi lebih susah nyarinya kalau begitu. perlu tenaga dan waktu ekstra

  4. zilko Juni 21, 2015 / 04:05

    Hehehe, aku juga pernah melihat double rainbow disini. Dan kalau diperhatikan dengan seksama, pelangi yang di luar spektrum warnanya terbalik ya, hehehe🙂

    • jampang Juni 21, 2015 / 09:24

      masa terbalik, mas?
      kalau dilihat dari akronim warna ROY G BIV itu urutannya sama

      • zilko Juni 21, 2015 / 14:51

        Hahaha, maksudku, dari luar, pelangi yang di dalam kan ROY G BIV kan. Sementara pelangi yang di luar merahnya di bagian dalam, dan ROY G BIV-nya dari dalam ke luar🙂 .

      • jampang Juni 21, 2015 / 16:29

        eh iya yah…. saya baru perhatiin kalau keduanya berkebalikan. jangan-jangan yang satunya itu hasil cerminan atau pantulan yah?
        *mikir*

  5. gegekrisopras Juni 21, 2015 / 04:07

    Cakep bgt pelanginya bentuk busut gitu~
    Btw aku masih bingung warna Nila itu kya apa ya, mas? Taunya ikan Nila😀

    • jampang Juni 21, 2015 / 09:23

      iya, mbak.😀
      mungkin gradasi antara warna biru ke ungu, mbak

  6. febridwicahya Juni 21, 2015 / 10:18

    MAS? APAAN MEJIKUCINTAKAMUUUU? APAAAAAAAAAAN? wkwkwk😀

    Hihihi indahnya itu pelanginya mas😀

    • jampang Juni 21, 2015 / 12:55

      😀

      ya, itu dialog di komik jampang dan eneng yang isinya emang gombalan semua

      • febridwicahya Juni 23, 2015 / 14:11

        WAhahahah bagus-bagus mas gombalannya😀 wkwkw

      • jampang Juni 23, 2015 / 14:44

        tentu saja😀

  7. rizzaumami Juni 21, 2015 / 13:35

    kok bisa dobel gitu ya pelanginya. dari dulu kalo lihat pelangi pasti yakin kalo itu bisa dipegang, trus bisa buat perosotan -_-

    • jampang Juni 21, 2015 / 16:31

      baru nemuin juga waktu itu, makanya heran dan takjub.

      enak kali yah main perosotan di atas pelangi😀

  8. Gara Juni 23, 2015 / 14:46

    Foto satu pelangi pun saya tak pernah dapat, ah di sini ada foto dua pelangi, jadi bikin iri, Mas, sungguh :hehe. Tapi ayo kita ke air terjun, siapa tahu di sana ada banyak pelangi yang menanti untuk ditangkap! Yosh!

    • jampang Juni 23, 2015 / 14:47

      bisa jadi di air terjun akan sering muncul pelangi, gar

      • Gara Juni 24, 2015 / 15:44

        Semestinya demikian Mas :hehe.

      • jampang Juni 24, 2015 / 21:35

        selamat hunting pelangi😀

      • Gara Juni 24, 2015 / 22:12

        Terima kasih!

      • jampang Juni 25, 2015 / 07:39

        sama-sama

  9. dani Juni 26, 2015 / 14:33

    Kalonlihat pelangi langsung selalu berhasil bikin saya nahan napas Bang. Kagum akan keindahan dan kebesaran pencipta.

    • jampang Juni 26, 2015 / 15:46

      iya mas.
      dan di jakarta, jarang banget bisa ngelihat pelangi

  10. ade_jhr Agustus 11, 2015 / 03:55

    kalau liat pelangi tu rasanya menenangkan apa lagi kalau sehabis hujan

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s