[EF#24 Weekly Challenge] Dates and Juice

kurma dan jus
Saya suka makanan. Mungkin jika makanan itu halal dan tidak basi, saya akan mencicipinya. Tetapi saya bukan orang yang fanatik terhadap satu atau dua jenis makanan. Saya tidak mengharuskan adanya satu atau dua jenis makanan itu ada di meja makan setiap hari atau seminggu sekali. Saya tidak mencari-cari makanan, tetapi jika ada saya akan langsung memakannya hingga habis atau dicicil.

Kiranya seperti itu juga halnya soal makanan untuk santap sahur dan berbuka selama bulan Ramadhan kali ini. Bisa dibilang, sampai hari kesembilan puasa ini, makanan yang saya makan untuk sahur dan berbuka berbeda-beda setiap harinya. Semua makanan itu adalah hasil dari kreasi Minyu di dapur sebagaimana yang pernah saya ceritakan di sini.

Namun demikian, ada satu jenis makanan yang memang saya wajibkan ada untuk sahur dan berbuka. Makanan itu adalah kurma.

Mengapa harus ada kurma?

Saya mencoba mengikuti sunnah Rasulullah yang menganjurkan untuk berbuka dengan kurma. Saya tekankan, berbuka dengan kurma. Bukan dengan yang manis seperti saya. Meskipun kurma memang manis rasanya. Yang jelas, kandungan dalam kurma berbeda dengan kandungan di dalam jenis makanan lainnya. Dan berdasarkan beberapa penelitian ditemukan bahwa kurma dengan kandungan di dalamnya adalah makanan terbaik untuk berbuka puasa.

Selain kurma yang ada setiap berbuka, ada jenis minuman yang disiapkan oleh Minyu. Jika ada buah, maka Minyu membuat jus. Sebagai variasi, kadang Minyu membuat minuman dingin dengan sirup. Minyu tidak menggunakan es untuk kedua jenis minuman itu. Setelah jus atau minuman itu jadi, Minyu memasukkannya ke dalam kulkas dan baru dikeluarkan menjelang waktu berbuka puasa.

21 respons untuk β€˜[EF#24 Weekly Challenge] Dates and Juice’

  1. capung2 Juni 26, 2015 / 13:12

    Sunnahnya mmg dgn kurma tapi sayangnya sya gag bgtu doyan, paling dgn kolak utk pnggntinya.

    • jampang Juni 26, 2015 / 15:48

      kan rasanya sama-sama manis, mas πŸ˜€

  2. eda Juni 26, 2015 / 13:13

    dimasukin freezer sampe jadi kaya eskrim gitu?

    • jampang Juni 26, 2015 / 15:47

      nggak lah, mbak. cuma sampe dingin aja. kan nggak lama di dalamnya

  3. febridwicahya Juni 26, 2015 / 13:48

    Aaaaah, kurma menu sunnah buka puasa :3 tapi aku jarang juga sih makan kurma ._.

    • jampang Juni 26, 2015 / 14:04

      alhamdulillah, sampai hari ini buka puasa pake kurma

      • febridwicahya Juni 28, 2015 / 10:29

        Aaaah, menjalankan sunnah rosul banget :3 hihihi keren mas, semoga bekah selalu ya mas πŸ˜€

      • jampang Juni 28, 2015 / 14:24

        aamiin…. terima kasih

  4. dani Juni 26, 2015 / 14:16

    I love dates as well Bang. As for fruit I prefer chopped fruits instead of juice. I always have gas when I drink juice. 😦

    • jampang Juni 26, 2015 / 15:47

      because Minyu made it for me, so i just drink it πŸ˜€

  5. zilko Juni 26, 2015 / 15:58

    Somehow I don’t really like the taste of date…

    • jampang Juni 27, 2015 / 21:54

      is it too sweet or what?

  6. Gara Juni 26, 2015 / 16:59

    Saya suka kurma! Manis-manis menyenangkan, biasanya suka buat dicemilin :hehe. Sirup juga suka banget, segar-segar menyamankan suasana, cuma tidak boleh banyak-banyak nanti sakit tenggorokan :hihi.

    • jampang Juni 27, 2015 / 21:52

      idem kalau begitu, Gar πŸ˜€

      • Gara Juni 27, 2015 / 22:16

        Sip!

    • jampang Juni 27, 2015 / 21:51

      begitu lebih baik ya, pak. kalau saya seringnya di bulan puasa aja makan kurmanya πŸ˜€

  7. zizadesita Juni 30, 2015 / 09:22

    Klo dulu pernah makan kurma sering aneh rasanya, berpasir atw trlalu manis. Pas sekarang baru tau jenis kurma bermacam2, dan ada yg enak bgt, tp sayangnya mihil..iyalah😝

    • jampang Juni 30, 2015 / 10:37

      kan ada harga ada rasa, mbak πŸ˜€

      tapi kalau ortu saya lebih suka yang curah dibandingkan yang mahal itu. katanya yang mahal itu keras

      • zizadesita Juni 30, 2015 / 12:34

        Hihi, iyes bener. Ada rasa ada harga. Kalo pinter milih seharusnya bisa dapet yg murah dan enak, kelemahan saya disitu Bang, ndak pinter milih buah.

      • jampang Juni 30, 2015 / 12:53

        nah saya juga nggak pinter milih buah. makanya kalau saya beli buah, buahnya yang sudah ketahuan manis, semisal semangka, pir, anggur, buah naga. kalau buah lainnya nggak pede πŸ˜€

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s