[Prompt#82] Berbaju Tanpa Bercelana

food

Menjelang Maghrib, suasana food court di ITC Depok semakin ramai. Hampir seluruh meja ditempati oleh orang-orang yang akan berbuka puasa. Tyas, Reni, dan Aliya ada di antara mereka.

“Pesananku kok belum datang sih!” ucap Tyas kesal.

“Sabar! Kamu kan memesan paling akhir,” timpal Reni.

“Soalnya sebentar lagi bedug Maghrib nih!” balas Tyas.

“Sebentar lagi pasti datang. Tenang aja!” Aliya coba menenangkan Tyas.

Tyas terdiam. Namun wajahnya tidak bisa menyembunyikan kekesalannya.

Beberapa saat kemudian, adzan Maghrib berkumandang dari setiap televisi yang terpasang di beberapa titik food court.

“Tuh kan, sudah Maghrib!” kembali Tyas meluapkan emosinya.

“Tyas, cicip makananku aja untuk batalin puasa!” Rani menawarkan makanannya.

Tyas bergeming.

“Bukan batalin puasa, Ran, tapi buka puasa. Masa sudah seharian puasa harus dibatalin?” tegur Aliya.

“Iya, maksudku begitu!”

“Enggak ah, aku buka puasanya nanti aja kalau pesananku sudah datang!” Tyas menolak.

“Enggak boleh begitu, Tyas!” kembali Aliya, gadis berjilbab di antara mereka mengingatkan. “Buka puasa itu baiknya didahulukan. Kalau kamu tidak mau makanan Tyas, kamu boleh cicip makananku!”

Akhirnya Tyas mengikuti saran Aliya untuk segera berbuka puasa.

“Mbak, ini pesanannya!” seorang lelaki mengenakan kaos berlogo salah satu nama kios makanan datang sambil menyerahkan makanan dan minuman pesanan Tyas.

“Kok lama banget sih, Mas!” protes Tyas.

“Maaf, Mbak!” jawab lelaki tersebut seraya berlalu dari hadapan Tyas.

-o0o-

“Shalat yuk!” ajak Aliya.

“Ayo!” timpal Rani.

“Aku nggak dulu yah!” ucap Tyas.

“Lho, kok nggak mau?” tanya Rani.

“Bete nih, gara-gara pesananku terlambat. Kalian aja yang shalat!” jawab Tyas.

“Masa puasa tapi nggak shalat, sayang banget pahalanya lho,” sindir Aliya.

“Biarin!” ucap Tyas sewot.

“Emangnya kamu mau dianggap pakai baju tapi nggak pakai celana?”

“Maksudmu, Al?”

“Kalau diibaratkan pakaian, puasa dan shalat itu seperti baju dan celana. Orang berpuasa tapi nggak shalat, ibarat orang yang mengenakan baju tapi nggak memakai celana,” jawab Aliya. “Kamu mau seperti itu?”

“Ya nggak mau!”

“Kalau begitu, ayo shalat!”

“Iya!”

-o0o-

“Bete!” teriak Tyas ketika berada di antrian wudhu.

“Kenapa lagi, Tyas?” tanya Rani.

“Sudah pesananku telat datang, sekarang mau shalat aja antriannya panjang!”

“Sabar, Tyas, nanti kita juga akan dapat giliran,” Aliya coba menenangkan emosi Tyas.

-o0o-

“Benar kataku, kan?” ucap Aliya kepada kedua temannya ketika mereka sudah berada di dalam masjid. “Kita akhirnya dapat giliran untuk shalat maghrib.”

“Iya!” jawab Tyas. “Sekalian aja kamu jadi imam, Al!”

“Ok! Siapa takut?”

Aliya bersiap menjadi imam dan mengucapkan takbiratul ihram.

“Allahu Akbar Allahu Akbar!”

Kumandang adzan Isya terdengar dari ruang sebelah.

— meramaikan Prompt#82 : Automatic Video —


Baca Juga Monday Flash Fiction Lainnya :

26 thoughts on “[Prompt#82] Berbaju Tanpa Bercelana

  1. rizzaumami Juni 27, 2015 / 22:23

    Telat deh shalatnya, gara-gara Tyas nih. Siapa sih Tyas ini? Jangan-jangan TM.

    • jampang Juni 28, 2015 / 14:27

      soalnya kalau buka puasa di luar yang kondisinya kurang mendukung bisa kejadian…. mau beli makan dan makan antri, mau wudhu antri…mau shalat juga antri

  2. Dyah Sujiati Juni 27, 2015 / 22:55

    Ya salam!

    Tapi nasihatnya bagus. Analoginya juga oke

    • jampang Juni 28, 2015 / 08:07

      😀
      terima kasih, mbak

  3. mas huda Juni 27, 2015 / 23:05

    Hadeh…. gitu aja kok bete ya

    • jampang Juni 28, 2015 / 08:07

      mungkin kondisi emosinya lagi kurang stabil, mas😀

  4. Gara Juni 27, 2015 / 23:09

    Ceritanya Mas Jampang ini selalu ada pesan dan pelajarannya di dalamnya ya :hehe. Padahal setelah saya cek prompt-nya, ternyata MV lagu korea (dengan tulisan SMTown :haha). Tapi bisa diramu jadi religius seperti ini, bagus sekali :)).

    • jampang Juni 28, 2015 / 08:06

      tantangannya kan pilih salah satu adegan di video itu. kebetulan ada orang yang sedang menghadapi meja makan… kondisi seperti itu yang ngetrend sekarang kan buka puasa bersama di luar😀

      tulisan SMTown itu maksudnya apa, Gar? nggak ngerti dan nggak ngeh juga😀

      BYW, terima kasih

      • Gara Juni 28, 2015 / 08:30

        Oalah, rupanya demikian :hehe. SMTown itu label rekaman sekaligus manajemennya si girlband itu Mas.
        Iya, sama-sama :)).

      • jampang Juni 28, 2015 / 14:26

        oooo…. nama girlband itu nggak tahu😀

      • Gara Juni 28, 2015 / 20:18

        Sama, saya juga :haha. Tumben dengar juga :)).

      • jampang Juni 28, 2015 / 20:57

        😀
        kirain ngerti

      • Gara Juni 29, 2015 / 16:11

        Nggak, Mas :haha.

      • jampang Juni 29, 2015 / 16:45

        idem lah kalau begitu😀

      • Gara Juni 30, 2015 / 14:00

        :hihi.

      • jampang Juni 30, 2015 / 14:25

        😀

  5. Firman Juni 28, 2015 / 14:19

    Analoginya keren, nyampe banget. Awalnya kirain mau bahas bola.. Berbaju Tanpa Barcelona. Lahh.

    • jampang Juni 28, 2015 / 14:24

      terima kasih😀
      kalau bahas bola jadinya main plesetan donk

  6. alrisblog Juni 29, 2015 / 09:04

    Menahan lapar dan haus selama seharian bisa sabar, masa nunggu makanan aja gak bisa, hehe…

    • jampang Juni 29, 2015 / 09:30

      di situlah kadang ujiannya…. ujian itu datang di saat manusia lengah😀

  7. dani Juni 29, 2015 / 18:38

    Emang kalo bukber di mall yang rame gitu seringnya. Makanya males kalo ada undangan bukber trus di mall lagi.

    • jampang Juni 29, 2015 / 20:46

      karena pernah ngalamin, meski nggak sampe nggak shalat, saya juga malas, mas ikutan bukber😀

  8. mellyfeb0805 Juni 29, 2015 / 19:27

    Emang cara aman bukber di rumah, di mall bahaya nt sewot ga berujung kayak Tyas😀

    • jampang Juni 29, 2015 / 20:43

      iya mbak. di rumah atau ya di masjid/mushalla sekalian😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s