Tomodachi Photography : Capture Your Loved Moments into Everlasting Memory

 In a world where virtually every human own a digital camera, capturing a memorable moment has never been easier than ever. Yet, often those beautiful, memorable, loving, funny, hilarious or humorous moments simply lost in such a way because either they are not captured right at such finest seconds or the resulting images turns blurry, too bright or dark, less or over- saturated. Hence, capturing gorgeous images at balanced setting at the right split second requires the professionals, or as wise men say, the right wo/men behind the machines.

Last but not least, good images are produced by those who are passionate
about making them great.

  tomodachi-jj haruki

Kalimat di atas saya salin langsung dari sini yang mungkin mewakili pandangan dan pendapat dari JJ Haruki tentang dunia fotografi. Kalimat tersebut juga tertulis di laman “About Us” di http://tomodachiphotography.com/. Untuk mebuktikan bahwa dirinya memiliki passion yang kuat dalam hal fotografi, JJ Haruki mendirikan sebuah wedding photography bernama “Tomodachi Photography” yang berbasis di Bali, Lombok, dan Flores sejak tahun 2013.

Sebagai sarana mempromosikan wedding photography miliknya, JJ Haruki membuat sebuah web yang dapat diakses melalui www.tomodachiphotography.com.

-o0o-

Di zaman teknologi saat ini, web telah menjadi bagian hidup masyarakat. Bisa dikatakan bahwa masyarakat akan bersentuhan langsung dengan web. Terlebih lagi dengan adanya smartphone yang menjadikan fasilitas untuk bisa mengakses halaman sebuah web, sehingga seseorang tidak hanya bisa membuka halaman web melalui personal computer saja. Mereka bisa membuka halaman web melalui smartphone yang bisa mereka bawa ke mana-mana.

Dengan kondisi seperti itu, maka pembuat sebuah web harus bisa memanjakan para pengunjung sehingga mereka betah berlama-lama saat mengakses web dan memungkinkan pengunjung tersebut untuk kembali lagi. Bagaimanapun, kesan pertama pengunjung saat membuka halaman sebuah web sangat menentukan. Untuk itu, sebuah web yang dibangun haruslah memperhatikan beberapa kondisi seperti waktu loading web, konten yang bermanfaat, aksesibilitas, dan tampilan.

Lantas, bagaimanakah kondisi web www.tomodachiphotography.com? Saya akan mencoba untuk membuat ulasannya.

tomodachi-1
Home

Ketika membuka halaman muka atau Home, pengunjung akan disuguhkan dengan halaman yang tidak banyak menampilkan attribute. Di bagian paling atas ditampilan gambar logo yang juga merupakan nama web. Selanjutnya ditampilan menu-menu HOME, GALLERY, CONTACT US, FAQ, dan ABOUT US. Di bagian tengah ditampilkan tujuh buah foto dengan tampilan slide show atau dapat dipilih oleh pengunjung dengan mengklik salah satu garis agak transparan yang terletak di bagian tengah bawah foto. Di bawah foto ditampilkan beberapa akun media sosial yang dimiliki Tomodachi Photography. Dan di bagian paling bawah, terdapat empat buah banner yang sepertinya merupakan banner komunitas yang diikuti oleh Tomodachi Photography atau pemiliknya.

Kelebihan :

  • Sederhana dengan tidak banyak menampilkan attribute
  • Logo, foto, dan banner tidak menggunakan flash yang dapat mengganggu kelancaran akses ketika sedang me-load halaman.

Kekurangan :

  • Banner di bagian bawah ternyata diberikan link yang jika diklik akan mengarahkan pengunjung ke halaman atau website tujuan. Sayangnya, link keempat banner tersebut tidak merujuk kepada halaman atau alamat yang tersedia sehingga yang tampil adalah halaman Error 404 – Not Found.

Saran :

  • Memperbaiki link untuk masing-masing banner agar dapat menampilkan halaman yang sesuai atau hanya memasang banner saja tanpa menyertakan linknya. Mungkin salah satu kondisi tersebut akan menjadikan web lebih baik.

tomodachi-4

Gallery

Ketika mengklik link Gallery pada menu, maka pengunjung akan dibawa ke halaman yang menampilkan foto-foto yang pernah diabadikan oleh Tomodachi Photography. Penyajian foto-foto dipisahkan menjadi tiga kategori, yaitu Wedding, Pre Wedding, dan Family Portrait.

Pada halaman Gallery, foto ditampilkan dalam bentuk thumbnail dan dibagi ke dalam beberapa halaman. Satu halaman terdiri dari sembilan buah thumbnail. Jika salah satu thumbnail diklik, maka pengunjung dapat melihat foto-foto lain dalam resolusi yang lebih besar.

Untuk melihat Gallery foto berdasarkan kategori, pengunjung bisa mengklik salah salah satu dari tiga kategori yang disediakan.

Pada halaman Gallery kategori Wedding dan Pre Wedding, foto yang ditampilkan dalam resolusi yang cukup besar, tidak seperti yang ditampilkan pada halaman Gallery yang berupa thumbnail. Sedangkan untuk melihat foto secara lengkap, pengunjung bisa mengklik salah satu dari foto-foto yang ada sama halnya seperti pada halaman Gallery. Sedangkan untuk kategori Family Portrait tidak ada foto yang ditampilkan.

Kelebihan :

  • Tampilan foto berupa thumbnail di dalam Gallery akan memberikan kenyamanan kepada pengunjung karena proses loadingnya lebih cepat dibandingkan jika menampilkan foto dengan resolusi besar.
  • Pembagian tampilan thumbnail di dalam Gallery yang terbagi ke dalam beberapa halaman juga mempercepat proses loading dibandingkan dengan menampilkan seluruh foto yang ada dalam satu halaman saja.
  • Foto diproteksi sehingga tidak bisa diklik kanan. Kondisi tersebut mengakibatkan pengunjung tidak bisa menyimpan foto dengan cara “save image as”. Hal ini bagus untuk mencegah foto digunakan atau dijiplak oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan :

  • Tampilan foto pada kategori Wedding dan Pre Wedding ditampilkan dengan ukuran besar sehingga proses loadingnya agak lambat.
  • Adanya ketidakseragaman tampilan foto antara di halaman Gallery yang berupa thumbnail dengan yang ditampilkan di halaman kategori Wedding dan Pre Wedding yang berupa resolusi lebih besar.
  • Tidak ada foto yang ditampilkan pada ketegori Family Portrait.

Saran :

  • Menyeragamkan penampilan foto di halaman Gallery, kategori Wedding, kategori Pre Wedding dengan format thumbnail dan dibagi ke dalam beberapa halaman seperti yang ditampilkan pada halaman Gallery.
  • Menambahkan foto pada kategoi Family Portrait dengan tampilan yang sama seperti pada halaman Gallery atau meniadakan kategori tersebut jika memang tidak diperlukan, atau tetap memasang kategory tersebut dengan menambahkan keterangan bahwa belum ada foto yang tersedia jika memang ada rencana untuk menampilkan foto-foto yang masuk dalam kategori Family Portrait.
  • Menambahkan watermark di setiap foto sebagai upaya perlindungan terhadap foto-foto yang dipublikasikan agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Sebab meskipun foto-foto tersebut sudah diproteksi dengan tidak bisa diklik kanan, namun pengunjung masih bisa menyimpan foto tersebut dengan memanfaatkan tombol print screen di keyboard ataupun dengan memanfaatkan fitur yang ada di smartphone.
  • Menambahkan kata-kata yang bisa mewakili situasi dan kondisi saat setiap foto diambil. Memang sabuah foto bisa berbicara seribu kata, namun adakalanya, kata-katalah yang dapat melengkapi sebuah informasi yang tersaji dalam bentuk foto.

Contact US

Menu Contact Us disediakan oleh setiap web untuk mendapatkan pertanyaan, komentar, saran, dan atau kritik yang berguna bagi pengembangan web di masa mendatang. Tomodachi Photography sudah membuat halaman ini.

Kelebihan :

  • Formnya yang tersedia cukup simple sehingga pengunjung tidak mengalami kesulitan untuk mengisinya.
  • Alamat dan nomor telepon ditampilkan secara lengkap sehingga memberikan keyakinan kepada pengunjung bahwa Tomodachi Photography bukanlah wedding photography abal-abal.

Kekurangan :

  • Warna font yang kurang contrast dengan warna backgorund.

Saran :

  • Mengganti warna font dengan warna hitam agar lebih contrast dengan warna background yang putih sehingga lebih nyaman bagi mata pengunjung.

FAQ

FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions, yakni sebuah daftar pertanyaan dan jawaban yang biasa ditanyakan kepada pemilik suatu website. Melalui salah satu menunya, Tomodachi Photography sudah menyediakan halaman ini.

Kelebihan :

Jumlah FAQ cukup mewakili keingintahuan para pengunjung tentang apa atau siapa Tomodachi Photography beserta jasa atau fasilitas yang diberikan oleh Tomodachi Photography.

Kekurangan :

  • Sama seperti pada halaman About Us, warna font di halaman FAQ juga kurang contrast dengan warna backgorund.

Saran :

  • Mengganti warna font dengan warna hitam agar lebih contrast dengan warna background yang putih sehingga lebih nyaman bagi mata pengunjung.
  • Karena wilayah kerja Tomodachi Photography adalah Bali, Lombok, dan Flores yang berada di Indonesia (selain dapat pula melayani klien yang berada di Jepang), ada baiknya disediakan pula FAQ berbahasa Indonesia. Kecuali jika target pemasaran dari Tomodachi Photography dikhususkan untuk mereka yang berasal bukan dari Indonesia.
  • Mengenai harga hanya disebutkan range antara $200-$500 dan memungkinkan adanya negosiasi antara calon pasangan dengan pihak Tomodachi Photography. Mungkin ada baiknya jika diberikan sedikit rincian dari setiap range harga tersebut berupa paket. Misal untuk paket dengan harga $200 akan mendapat fasilitas berupa A, B, dan C. Untuk paket harga $300 akan mendapat fasilitas A, B, C, dan D. Dan seterusnya. Dengan demikian, calon penganting bisa mendapatkan informasi yang lebih mendetil dan dapat menentukan paket pilihannya.

About Us

Di halaman ini pengunjung diberikan sedikit informasi mengenai latar belakang berdirinya Tomodachi Photography.

Kelebihan :

  • Cukup informatif. Singkat dan padat.

Kekurangan :

  • Sama seperti pada halaman About Us, warna font di halaman FAQ juga kurang contrast dengan warna backgorund.

Saran :

  • Mengganti warna font dengan warna hitam agar lebih contrast dengan warna background yang putih sehingga lebih nyaman bagi mata pengunjung.

-o0o-

Di bagian berikutnya, saya akan melakukan pengetesan web Tomodachi Photography dengan menggunakan tool yang dikembangkan oleh Google, yaitu PageSpeed Insights yang bertujuan untuk memperbaiki sebuah web agar dapat dibukan dengan cepat melalui media apa pun.

Untuk melakukan tes ini, saya membuka link https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ lalu memasukkan alamat web Tomodachi Photography dan mengklik tombol Analyze. Hasilnya adalah sebagai berikut :

tomodachi-5

tomodachi-3

tomodachi-6
Dari tes yang saya lakukan, didapatkan hasil bahwa dari sisi kecepatan, web Tomodachi Photography hanya mampu mendapatkan nilai 44 dari yang seharusnya 100. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa web ini cukup lambat. Namun demikian dari sisi User Experiemnce, web ini mendapatkan angka 96 dari yang seharusnya 100, yang artinya sudah sangat bagus.

Selain memberikan penilaian terhadap sebuah web, PageSpeed Insights juga memberikan langkah-langkah sebagai solusi yang bisa dilakukan oleh Tomodachi Photography untuk memperbaiki tampilan webnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan membuka alamat PageSpeed Insights untuk melakukan tes dan membaca solusi-solusi yang diberikan untuk kemudian dilakukan untuk perbaikan web Tomodachi Photography.

Kesimpulan

Web Tomodachi Photography sudah cukup bagus dari sisi penampilan dan penyajian informasi. Namun demikian, ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki untuk meningkatkan tingkat kecepatan akses, keseragaman tampilan, dan beberapa hal lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas.

Tulisan ini  diikutkan di lomba review Tomodachi Pothography


Tulisan Terkait Lainnya :

13 thoughts on “Tomodachi Photography : Capture Your Loved Moments into Everlasting Memory

  1. dani Juni 29, 2015 / 15:41

    Lengkap Bang. Semoga menang ya Bang. 🙂

    • jampang Juni 29, 2015 / 15:59

      terima kasih, mas. baru pertama kali bikin review blog buat lomba😀

  2. zilko Juni 29, 2015 / 15:42

    Website yang ramah pengunjung akan membuat pengunjung betah ya🙂

    • jampang Juni 29, 2015 / 15:58

      iya, mas. kurang lebih begitu

  3. lovelyristin Juni 29, 2015 / 19:09

    hoo jadi gak bisa dong ya foto dgn tema selain wedding?

    • jampang Juni 29, 2015 / 20:46

      foto keluarga bisa, mbak

  4. Gara Juni 29, 2015 / 19:53

    Eh saya jadi penasaran dengan blog saya sendiri, coba ah dianalisis dengan tool itu, siapa tahu ada hal-hal yang harus diperbaiki :hihi. Dan ini situs fotografi yaa… hmm makin semangat belajar jejepretan siapa tahu suatu hari nanti bisa jadi pekerjaan sampingan, pasti akan bagus sekali :)).

    Nice review karena ini sangat membuka mata, Mas! :hehe.

    • jampang Juni 29, 2015 / 20:42

      silahkan dicoba, gar. blog saya juga banyak masalah😀

      nah… diperdalam aja hobinya, teman saya juga ada yang semula hobi akhirnya bikin semacam studio dan menerima orderan kalau ada permintaan jadi fotografer pernikahan misalnya

      • Gara Juni 30, 2015 / 13:59

        Iya, amin Mas :hehe. Terima kasih atas doanya :hehe.

      • jampang Juni 30, 2015 / 14:25

        sama-sama

  5. ayanapunya Juni 30, 2015 / 09:27

    wiih lengkap banget review blognya

    • jampang Juni 30, 2015 / 10:17

      terima kasih, mbak.
      baru pertama kali ini bikin review blog. buat lomba lagi, siapa tahu beruntung😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s