Soneta : Senandung Awan

aku dan puisi

Soneta, adalah puisi yang terdiri atas empat belas baris yang terbagi menjadi dua, dua bait pertama masing-masing empat baris dan dua bait kedua masing-masing tiga baris. Soneta berasal dari kata sonneto (Bahasa Italia) perubahan dari kata sono yang berarti suara. Jadi soneta adalah puisi yang bersuara.

Di Indonesia, soneta masuk dari negeri Belanda diperkenalkan oleh Muhammad Yamin dan Roestam Effendi, karena itulah mereka berdualah yang dianggap sebagai ”Pelopor/Bapak Soneta Indonesia”. Bentuk soneta Indonesia tidak lagi tunduk pada syarat-syarat soneta Italia atau Inggris, tetapi lebih mempunyai kebebasan dalam segi isi maupun rimanya. Yang menjadi pegangan adalah jumlah barisnya (empat belas baris).

..:: Senandung ::..

senandung telah bersua
merangkai kata-kata dalam berita
yang terbawa entah dari mana
tanpa sadar akibat dan derita

tiada lagi yang terkekang
mengoyak semua tirai penghalang
seiring angin bertiup kian kencang
senandung pun terus berkumandang

tanpa ragu tanpa malu
menghina yang jauh di setiap penjuru
membusungkan dada seakan diri semanis madu

kelana senandung tanpa hati
menutupi kehinaan diri
yang tersembunyi

..:: Awan ::..

kugemakan sebuah tanya
yang hanya terungkap dalam hati
sambil menengadahkan kepala
lurus ke arah langit tinggi

kiranya apa yang dibawa
oleh sekumpulan awan
yang bergerak bersama
tersapu angin beriringan

lalu turunlah hujan
kuanggap itu sebagai jawaban
sebuah harapan

ia menyegarkan pikiran
membuka sebuah jalan
menuntunku ke masa depan


Baca Juga Puisi Lainnya :

17 thoughts on “Soneta : Senandung Awan

  1. alrisblog Agustus 13, 2015 / 14:25

    Saya kalo baca kata soneta itu ingatnya ke bang haji, yang terkenal dengan salah satu jargonnya “t e r l a l u” hehe…

    • jampang Agustus 13, 2015 / 17:36

      😀

      pastinya banyak yang mikirnya ke arah situ, mas

  2. dani Agustus 13, 2015 / 14:28

    Jadi penasaran liriknya soneta group itu ngikutin aturan pakem soneta gak ya. Hehehehe.

    • jampang Agustus 13, 2015 / 17:36

      sepertinya enggak😀

  3. Ria Angelina Agustus 13, 2015 / 21:26

    Jadi soneta Inggris dan Italia tetap sama 14 baris kaya Indonesia.

    • jampang Agustus 18, 2015 / 17:58

      kalau pastinya kurang tahu, mbak

  4. Pamela Fitrah Agustus 14, 2015 / 04:51

    nggak paham bang. cuma saya jadi ingat soneta grub😀

  5. Ina Agustus 14, 2015 / 15:03

    Syaratnya kudu di jumlah baris yah? Atau kata(?) dibelakang?

    Lama nih ga mampir aku… Maaf

    • jampang Agustus 18, 2015 / 17:53

      kalau ngikuti pakemnya, jumlah baris dan rima, mbak

    • jampang Agustus 18, 2015 / 17:52

      yang senandung itu idenya dari yang suka bergosip

      yang awan…. ya keingat hujan dan ada pelangi

  6. Orin Agustus 15, 2015 / 10:56

    kalo mengikuti pakem susah susah sulit ya bang bikinnya, inget dulu pernah jadi tugas bahasa Indonesia waktu SMP hihihi

    • jampang Agustus 18, 2015 / 17:50

      iya, teh. jadi seperti dibatasi gitu

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s