Nama-nama yang Unik, Keren, Atau Apalah

“Namanya siapa, Mas?”

“Rifki.”

“Rifki siapa?”

“Cuma Rifki.”

“Cuma satu kata?”

“Iya.”

“Wah nanti kalau bikin paspor untuk naik haji bakal repot tuh!”

“#$%^&#”

Dialog seperti di atas pernah saya alami beberapa tahun silam. Yang bertanya adalah pihak pemasaran dari sebuah perumahan baru yang sedang dibangun. Saat itu saya akan melakukan booking salah satu rumah. Sayangnya, karena satu dan lain hal, transaksi tersebut tidak berlanjut ke transaksi jual-beli. Ternyata saya tidak berjodoh dengan rumah tersebut.

Bicara soal nama, saya jadi agak minder jika dibandingkan nama bayi dan nama anak-anak zaman sekarang. Pasalnya, nama-nama mereka terdiri dari lebih dari satu kata. Umumnya tiga kata. Indah pula. Jangankan dibandingkan dengan mereka, jika dibandingkan dengan teman-teman di masa sekolah, kuliah, dan kerja, nama saya pun masih terlalu singkat. Nama saya hanya terdiri dari satu yang terdiri dari lima huruf saja. Namun demikian, nama saya yang satu kata itu memiliki arti yang baik. Nama tersebut diambil dari Bahasa Arab yang memiliki arti sahabat, teman, atau lemah-lembut. Mungkin itulah doa dan harapan kedua orang tua saya ketika memilih nama tersebut untuk saya.

Ya, nama adalah doa. Karenanya, menjadi salah satu kewajiban orang tua untuk memberikan nama yang baik untuk anak-anak mereka. Semoga saja saya sudah melakukan hal tersebut dengan memberikan nama yang terbaik dan terindah menurut pandangan saya kepada dua anak lelaki saya. Syaikhan Muhammad Azzamy dan Sabiq Muhammad Ihsan.

syaikhan dan sabiq naik odong-odong

Lantas, adakah nama yang tergolong unik, keren, atau apalah istialahnya yang pernah saya dengar dan saya temui langsung sang pemilik nama tersebut? Tentu saja ada. Berikut adalah nama-nama dan sedikit cerita tentang mereka.

Karnov

Dia adalah teman saya di sekolah dasar. Namanya cukup asing di telinga jika dibandingkan dengan nama teman-teman lainnya saya yang kental dengan budaya Betawi dan mengambil nama dari kata-kata dalam Bahasa Arab.

Selain namanya yang unik, tas sekolah milik Karnov juga berbeda dengan tas siswa-siswa sekolah dasar lainnya. Jika saya dan teman lainnya menggunakan tas punggung pada umumnya, Karnov memiliki tas sekolah berupa tas koper merek “President”.

Saya tidak tahu dari manakah Karnov berasal. Apakah dirinya Indo karena salah satu dari orang tuanya adalah warga negara asing atau orang tuanya menggemari permainan video game bertajuk Karnov, lelaki Rusia yang memiliki kekuatan sangat hebat? Saya tidak dapat menemukan jawaban pertanyaan itu sebab Karnov pindah sekolah sebelum lulus sekolah dasar.

Ninin

Di SMA, saya menemukan sebuah nama yang menurut saya unik. Nama tersebut disandang oleh salah seorang guru biologi yang pernah mengajarkan saya di kelas satu SMA. Nama lengkap beliau Ninin Nirawaty. Sepertinya beliau adalah guru tercantik yang pernah mengajarkan saya 😀

Sebelum mempublikasikan coretan ini, iseng-iseng saya mengetik nama beliau di facebook, ternyata ada orang yang memiliki nama serupa 😀

Petra

Itu adalah teman kuliah saya. Asalanya dari Padang. Makanya tak heran jika namanya unik dan keren. Sebab biasanya, orang-orang yang berasalah dari Ranah Minang yang saya kenal memiliki nama-nama yang unik dan keren.

Konon, menurut si empunya nama, nama Petra diambil dari perusahaan tempat di mana ayahnya bekerja ketika dirinya lahir. Apa mungkin perusahaan tersebut adalah Petral yang merupakan anak perusahaan Pertamina? Sebab sebelum bernama Petral, nama perusahaan itu adalah Petra Group.

Nama lengkap teman kampus saya itu yang kini sama-sama bekerja di Direktorat yang sama namun beda unit organisasi adalah Ronny Petra Amzar.

Eos

Nama tersebut disandang oleh rekan kerja saya yang sekarang sudah pensiun. Pensiun dini tepatnya. Seorang perempuan yang juga berasal dari Padang, Sumatera Barat. Saya biasa memanggilny dengan sapaan Uni Eos.

Semula, saya mengira bahwa nama Eos tersebut diambil dari tipe lensa milik kamera dengan merek Canon. EOS merupakan singkatan dari Electro-Optical System. Nyatanya, saya salah besar. Berdasarkan konfirmasi dari si empunya nama, Eos itu diambil dari nama dalam mitologi Yunani. Eos adalah Dewi Fajar yang digambarkan mengenakan pakaian yang disulam dari kelopak-kelopak bunga. Tugas kesehariannya adalah melintasi langit dan dengan jari-jarinya yang kemerahan menaburkan air embun sebelum sang kakak, Helios, Dewa Matahari terbit.

Ternyata sejarah namanya lebih keren daripada yang saya kira. Nama lengkap rekan saya itu adalah Eos Roza.

Demikianlah nama-nama yang unik, keren, atau apalah istilahnya versi On The Spot Jampang’s Blog.


Tulisan Terkait Lainnya :

42 thoughts on “Nama-nama yang Unik, Keren, Atau Apalah

  1. zilko November 4, 2015 / 15:42

    Nama yang unik membuat menjadi gampang diingat ya? (Eh, atau malah jadi susah karena pada tidak terbiasa? 😛 )

    • jampang November 4, 2015 / 15:57

      kedua2nya bisa memungkin, mas

  2. ndu.t.yke November 4, 2015 / 16:13

    Klo di Surabaya, Petra itu beken & identik sbg nama sekolah mulai dari TK sampai universitas 🙂

    • jampang November 4, 2015 / 16:18

      jangan2 yang mendirikan adalah perusahaan minyak 😀

      • ndu.t.yke November 4, 2015 / 16:31

        Oooow bisa jadi ya?

      • jampang November 5, 2015 / 08:03

        saya cuma nebak2 aja, mbak 😀

  3. capung2 November 4, 2015 / 16:14

    Jdi ingat ama kakak ipar sya, dia laki2 tapi diberi nama Victoria, pnggilannya Victor. 😀

    Klo ortu jmn skrg yg udah pd melek agama, bnyk nama2 anaknya berbau islami.

    • jampang November 4, 2015 / 16:18

      dengan sedikit modifikasi, bisa jadi nama yang keren, mas

  4. ayanapunya November 4, 2015 / 19:41

    Jadi ingat dulu teman namanya wati. Tiap dia sebutin nama pasti pada nanya lagi, “wati doang?” 😀
    Setuju banget nama orang padang keren-keren 🙂

    • jampang November 5, 2015 / 08:03

      tuh kan…. kalau satu kata pasti ditanya lagi 😀

  5. Dinar Zul Akbar November 4, 2015 / 20:06

    Dulu mahasiswi LIPI*
    Ada yg namanya Zurni Layla
    Yg klo diterjemah artinya
    Kunjungilah aku pada malam hari

    • jampang November 5, 2015 / 08:02

      eeeaaaaa…..
      jangan2 yang ngasih nama nggak tahu artinya

  6. Ria Angelina November 4, 2015 / 22:29

    Aku pernah beberapa kali bertemu dengan orang yang namanya unik,kadang aku bertanya apa artinya san bikin aku berkata oooooo.

    • jampang November 5, 2015 / 08:01

      alasan dan artinya juga unik2 ya, mbak

  7. Jauharry November 4, 2015 / 23:02

    Punya murid privat namanya “Moska” pernah saya tanya artinya apa, kata neneknya artinya masjid d ambil dari kata “mosque” ooh kirain artinya Nyamuk dari kata “mosquito” ahaha Alhamdulillah ngambek tuh bocah gak mo belajar

    • jampang November 5, 2015 / 08:01

      😀
      lagian tega banget

  8. damarojat November 5, 2015 / 01:36

    teman SD saya sekeluarga 5 anak kl ga salah,namanya satu kata semua. ada yg namanya ‘Porkas’. 80-an banget ya. kata teman saya dia adl anak takwa. batak-jawa.

    • jampang November 5, 2015 / 08:00

      untung bukan dinamain SDSB

    • jampang November 5, 2015 / 10:30

      sepertinya masih bisa sampai malam nanti

      • titantitin November 5, 2015 / 11:02

        okaay. smoga keburu 😀

      • jampang November 5, 2015 / 12:56

        good luck!

  9. ira nuraini November 5, 2015 / 10:21

    jadi inget tmn SMP yg punya nama tersingkat dari semua tmn yg pernah saya kenal.. SAS iya cuma 3 huruf itu aja namanya… 😀

    • jampang November 5, 2015 / 10:30

      kalau di berita online ada nama anak yg cuna satu huruf aja, mbak. “D” namanya

      • ira nuraini November 5, 2015 / 15:30

        singkat, jelas dan padat… hahaha

      • jampang November 5, 2015 / 16:16

        iyah 😀

  10. Alris November 5, 2015 / 11:23

    Ada teman namanya Kardono, jawa banget ya. Panggilannya Don. Padahal ibu bapaknya asli Padang, hehe…

    • jampang November 5, 2015 / 12:56

      koq bisa begitu? 😀
      ternyata yang saya tulis nggak semuanya benar doank yah tentang nama-nama orang padang

  11. Dyah Sujiati November 5, 2015 / 12:25

    Pemilik nama paling pendek yg pernah sy jumpai sampai saat ini adalah temen SD. Namanya Anik. 😀

    Nama keren ~> Ice Juice *dibaca dengan tata cara membaca indonesia* 😀

    • jampang November 5, 2015 / 12:55

      dulu ada tukang es campur keliling… ada tulisan “Ice” di grobaknya…. kalau mau beli, saya selalu bilang… “beli es ICE” *dibaca dengan tata cara membaca indonesia*

  12. Rahmat_98 November 5, 2015 / 13:59

    Sama dengan dua putri cantik saya bang, RE Rinjani Permata Hati Rahmat sama RE Dixizetha Ayesha Ainur Rahmat. RE nya akronim ayah bundanya 🙂

    Temen di kampus S1 saya juga punya nama unik, yaitu U. Hasanudin.
    Pas di tanya kepanjang U apaan, eh dia malah bilang U doang 😀

    • jampang November 5, 2015 / 16:18

      wah, nama anaknya panjang sekali, bang.

      😀 ternyata cuma U doank nggak ada kepanjangannya

      • Rahmat_98 November 6, 2015 / 08:18

        Balas dendam sama nama ayahnya yang cuman satu kata aja bang 😀

        U doang, makanya ditulis U. 😀

      • jampang November 6, 2015 / 08:45

        😀
        sama juga seh, nama anak saya juga lebih panjang daripada nama saya

  13. belalang cerewet November 5, 2015 / 20:27

    Nama sobat blogger asal Padang yang unik ya Vizon, yang jadi pak dosen. Unik dan belujm pernah nemu. Kakak kelas ada yang namanya irit juga: Said. Teman-teman memplesetkan namanya konon adalah bentuk past tense dari “say”, hehe. Ada juga sobat blogger yang namanya hemat: Muna. Lucu dan unik ya ternyata.
    Tapi nama orang indonesia masih mending. Di Barat nama cewek dan cowok sering ga ada bedanya.

    Semoga menang mas….

    • jampang November 6, 2015 / 07:46

      nah ada lagi nama keren dari ranah minang.

      nama lainnya lebih singkat daripada nama saya yah 😀

      terima kasih, mas

      • belalang cerewet November 6, 2015 / 17:21

        Betul betul betul…. Masih ada yang lebih singkat ternyata.

      • jampang November 9, 2015 / 09:02

        bahkan pernah baca yang namanya cuma satu huru doank…. “D”.

  14. mysukmana November 13, 2015 / 02:54

    bicara soal nama, masih bingung juga nih mau ngasih nama apa buat calon bayi saya nanti hehhe

    • jampang November 13, 2015 / 08:11

      insya Allah nanti akan ketemu nama yang terbaik. aamiin

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s