Sabiq’s Diary : Fotoku Dicatut!

Beberapa hari ini, tersebar berita tentang pencatutan nama presiden. Entah benar atau tidak, aku tidak tahu dengan pasti. Sedangkan jika ada berita bahwa ada foto diriku yang dicatut, maka berita tersebut benar adanya. Tetapi sayangnya, berita tentang hal tersebut tidak tersebar di media, baik cetak ataupun online, apalagi televisi. Berita tersebut adanya cuma di sini, di diaryku.

Tadi pagi, Abi mendapat pesan dari tanteku bahwa ada salah satu  fotoku yang dicatut dan dijadikan semacam gambar untuk iklan sebuah produk vitamin untuk anak-anak. Foto yang dicatut oleh pihak yang kurang bertanggung jawab itu adalah fotoku di atas.

Ada yang pernah lihat? Kalau yang selalu mengikuti atau membaca diaryku pasti pernah melihatnya. Sebab foto tersebut menjadi ilustrasi diaryku yang bercerita tentang diriku yang sering dipijat oleh Abi. Atau kalau yang sering melihat foto yang diupload Abi untuk Weekly Photo Challenge juga pasti pernah melihatnya di sini.

Rupanya ada pihak yang mendownload foto tersebut, mengeditnya sedikit, lalu menggunakannya sebagai ilustrasi pengenalan dan penjualan sebuah produk vitamin untuk anak-anak. Hasil fotoku yang sudah diedit dan dijadikan ilustrasi penjualan vitamin untuk anak-anak adalah seperti di bawah ini.

image

Memang sih,  pihak yang menggunakan fotoku tidak mengatakan bahwa aku adalah salah satu bayi atau anak yang meminum vitamin yang diiklankan. Fotoku hanya dijadikan sebagai ilustrasi tentang manfaat bawang merah yang dapat menurunkan panas anak yang kemudian diikuti dengan pengenalan dan penjualan produk vitamin anak-anak. Tetapi tetap saja, fotoku itu kurang tepat penggunaannya. Sebab di foto itu, Abi tidak menggunakang bawang merah sama sekali untuk memijatku. Abi hanya menggunakan baby oil. Jadi bisa dikatakan sebuah kebohongan jika fotoku tersebut dikaitkan dengan penggunaan bawang merah. Iya, kan?

Abi sudah memberikan komentar di halaman yang memuat fotoku itu, namun belum ada tanggapan dari adminnya. Ya, memang sudah resiko jika mengupload foto di internet tanpa dilindungi dengan watermark dan kemudian disalahgunakan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Mungkin nanti aku akan minta ke Abi untuk memberi watermark di foto-fotoku yang akan diupload agar tidak disalahgunakan lagi.

Atas kejadian ini, aku hanya berharap pihak admin dari halaman yang memuat fotoku itu mau mengklarifikasi atau meminta izin kepadaku agar usahanya lebih berkah dan lebih bermanfaat. Apalagi kalau aku bisa mencicipi produknya semacam endorse seperti teman kantor Abi yang mengendorse kais yang aku kenakan di diaryku yang berjudul 😀 sebab usiaku sebentar lagi satu tahun dan boleh meminum vitamin tersebut.


Tulisan Terkait Lainnya :

27 thoughts on “Sabiq’s Diary : Fotoku Dicatut!

  1. febridwicahya November 23, 2015 / 21:57

    Lah, bisa-bisanya sabiqs fotonya dicatut begitu ya :’ duh, dunia maya. dunia mayaa

    • jampang November 23, 2015 / 22:04

      Resikonya ya begitu, om

  2. Diah indri November 23, 2015 / 22:43

    Bisa dituntut nih pak, ada nilai komersial.di dalamnya.

    • jampang November 24, 2015 / 08:21

      cuma aku nggak tahu caranya tante…. 😦

  3. zilko November 23, 2015 / 23:06

    Aduh, kasus pencatutan foto begini masih banyak banget terjadi ya 😦 . Nampaknya masih banyak sekali pihak yang tidak mengerti etika referensi.

  4. pingkanrizkiarto November 24, 2015 / 07:13

    kalau sudah begini mmg jadi kepikiran pentingnya watermark… tapi kadang memang males aja masangnya…

    • jampang November 24, 2015 / 08:06

      sepertinya abi juga mikirnya begitu, tante

  5. ganganjanuar November 24, 2015 / 08:40

    Mudah-mudahan segera diendorse hehe, berkah dalam “musibah”.

    • jampang November 24, 2015 / 09:06

      aamiin. saya seh maunya yang terbaik untuk semua 😀

  6. edi padmono November 24, 2015 / 10:48

    itu tandanya karya abang sudah berkualitas, so ihlaskan aja sebagai sebuah investasi. Siapa tau nanti ada job yang berkaitan dengan dunia photo bayi untuk bang Rifki

    • jampang November 24, 2015 / 14:44

      ya mudah2an, om 😀

  7. Gara November 24, 2015 / 11:13

    Mesti hati-hati kalau upload foto ya :hehe, salah-salah bisa dipakai untuk sesuatu yang tidak baik. Semoga masalahnya cepat selesai dan pihak bersangkutan bertanggung jawab. Minimal endorse lah yaa… :hehe :peace.

    • jampang November 24, 2015 / 14:43

      iya, om. aamiin.
      ya lihat aja kelanjutan ceritanya nanti, om

      • Gara November 25, 2015 / 13:10

        Siap!

      • jampang November 25, 2015 / 13:56

        😀

  8. titintitan November 24, 2015 / 14:36

    ><

    adaaa aja yg begini yah.

    tapi mungkin nanti jd endors mas 😀

    • jampang November 24, 2015 / 14:43

      aamiin, tante 😀

  9. alrisblog November 24, 2015 / 16:05

    Gak punya etika yang memasang foto sabiq tanpa ijin. Semoga jadi berkah.

    • jampang November 24, 2015 / 16:15

      aamiin. terima kasih doanya, om

  10. Dyah Sujiati November 25, 2015 / 08:39

    Waduh!
    Kayak negara lagi gaduh nih catut mencatut

    • jampang November 30, 2015 / 08:04

      mungkin sebaiknya begitu, tante…. tinggal dipilih tempat peletakannya agar nggak merusak keindahan foto 😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s