Perbandingan Pelayanan Pembayaran Pajak Sepeda Motor di SAMSAT Tahun Lalu dan Sekarang

alur pembayaran pajak kendaraan bermotor di samsatHari kerja pertama di tahun 2016 yang sekaligus menjadi hari istimewa bagi saya dan Minyu, saya awali dengan melakukan pembayaran pajak “Si Eneng”. Sebab hari ini adalah batas terakhir. Jika saya bayar besok, akan kena denda.

Sebenarnya, di tanggal 31 Desember 2015 kemarin, saya sudah datang ke SAMSAT yang letaknya tak jauh dari kantor tempat saya kerja, KPDJP. Cukup dengan jalan kaki. Namun ketika tiba di lokasi sudah pukul sepuluh lewat sekian menit. Sementara pelayanan di hari itu dibatasi hanya sampai dengan pukul sepuluh pagi sesuai dengan pengumuman yang ditempel di beberapa tempat. Alhasil, saya pulang dengan tangan hampa.

Hari ini saya kembali lagi ke SAMSAT.

Saya tiba di SAMSAT lantai empat sekitar pukul delapan lewat. Alhamdulillah, suasananya tidak begitu ramai. Mungkin masih suasana tahun baru atau mungkin juga karena masih pagi. Antrian di loket pendaftaran hanya beberapa orang meskipun tetap terjadi pertambahan antrian.

Jadi, bagi yang ingin mendapatkan pelayanan lebih cepat, salah satu caranya adalah datang lebih awal 😀

Langkah pertama, saya mengambil formulir permohonan. Lalu mengisinya dengan mengikuti contoh yang sudah disediakan. Selesai mengisi, saya menuju loket pendaftaran untuk menyerahkan formulir yang sudah saya isi beserta dokumen yang terdiri dari fotocopy BPKB, fotocopy STNK serta aslinya, dan fotocopy KTP beserta aslinya. Setelah dicek petugas, saya menunggu untuk dipanggil.

Selang beberapa menit kemudian, saya dipanggil. Petugas menyerahkan KTP asli beserta kwitansi yang mirip dengan STNK berisi rincian biaya yang harus saya bayar. Saya lalu membawa kwitansi tersebut ke loket pembayaran. Lalu kembali menunggu untuk dipanggil.

Mungkin sekitar sepuluh atau lima belas menit kemudian saya dipanggil untuk menerima STNK baru.

Saya kembali ke kantor kurang lebih pukul sembilan. Lumayan cepat.

Ini adalah kali kedua saya membayar pajak sepeda motor di SAMSAT. Sebelumnya saya lakukan pada tanggal 30 Desember 2014. Dari dua kali melakukan pembayaran, ada perbedaan yang cukup signifikan.

Pengalaman saya di kali pertama boleh dibilang agak mengecewakan. Sebab ada permainan yang dilakukan oleh oknum petugas di balik loket. Cerita lengkapnya sudah saya tuangkan dalam coretan saya yang berjudul “Pelayanan Cepat di SAMSAT, Tapi Jumlah yang Dibayar Tidak Akurat”. Namun untuk tahun ini, pelayanan di SAMSAT sudah lebih bagus. Saya masih mengenali wajah petugas yang di tahun lalu melakukan hal yang kurang terpuji masih bertugas di loket yang sama namun kali ini tidak lagi melakukan hal seperti tahun lalu. Setidaknya ketika saya berada di lokasi saya melihat demikian. Semoga saja memang begitu untuk seterusnya.

Oh ya, kalau ada yang belum tahu, kepanjangan dari SAMSAT adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. 😀

 


Tulisan Terkait Lainnya :

23 thoughts on “Perbandingan Pelayanan Pembayaran Pajak Sepeda Motor di SAMSAT Tahun Lalu dan Sekarang

  1. junioranger Januari 4, 2016 / 14:11

    Di kebumen ngga pake fotocopy bpkb. Entahlah di tmpat lain

    • jampang Januari 4, 2016 / 14:15

      ooo…. tadi ngikutin yang tahun lalu…. bawa aja semuanyalah daripada balik lagi 😀

  2. Jejak Parmantos Januari 4, 2016 / 15:09

    Walah, saya baru tahu kepanjangan SAMSAT setelah baca tulisan ini 😀

  3. capung2 Januari 4, 2016 / 16:06

    Rapelan pajak motor bln Januari ini udah msk tahun ketiga, gara2 ganti alamat ktp baru.. jadi hrs narik berkas, jdi males ngurus sayanya. Padahal mo bayar tapi dipersulit ama aturan yg ada.

    • jampang Januari 4, 2016 / 16:08

      kalau pindah berkas lebih mahal kan, mas?
      dulu saya siasati balik nama dengan keluarga yang tinggal di kota yang sama. cuma resikonya setiap bayar pajak harus pinjam KTP

      • capung2 Januari 4, 2016 / 16:14

        Blm faham sya jga.. awalnya di kodya bogor skrg di kabupatennya, ini jga mo mnta tolong diurusin sodara.

      • jampang Januari 4, 2016 / 16:50

        mudah2an dipermudah urusannya, mas

      • capung2 Januari 4, 2016 / 20:25

        Aamiin.. trims

  4. ayanapunya Januari 4, 2016 / 17:05

    Kalau saya bayar pajak motor di samsat corner yang ada di mal. Cuma disuruh nunjukin bpkp sama ktp dan stnk asli pemilik
    Haha saya baru tahu nih kepanjangan samsat 😀

  5. Akhmad Muhaimin Azzet Januari 4, 2016 / 17:24

    Bagian paling bawah, kepanjangan SAMSAT, itu penting banget lho, Bang 🙂
    Sepertinya banyak yang belum tahu tuh, hehehe

  6. Gara Januari 4, 2016 / 17:43

    Saya juga baru tahu kepanjangan samsat Mas :hehe. Terima kasih, ya. Mudah-mudahan oknum yang dulu berperilaku kurang terpuji itu sudah tobat. Mudah-mudahan ini berarti perubahan di instansi samsat sudah berlangsung, dan mereka sedang bergerak menuju arah yang lebih baik :hehe. Tapi kok pendaftarannya cuma dibuka sampai jam 10 doang ya Mas? Jam pelayanan bukannya sampai jam 5 sore? :hehe.

    • jampang Januari 5, 2016 / 08:11

      aamiin.

      yang sampai jam 10 itu cuma pas tanggal 31 desember kemarin aja, Gar. akhir tahun. kalau normalnya sampai jam 3. kalau nggak salah lihat 😀

      • Gara Januari 6, 2016 / 14:29

        Oooh… untuk mengakomodir para pegawai agar tak terkena kemacetan pas pulang kali ya Mas :hehe.

      • jampang Januari 6, 2016 / 16:13

        mungkin. atau ada sebab lain yang kita nggak tahu, gar

      • Gara Januari 6, 2016 / 18:11

        Hmm, boleh jadi…

      • jampang Januari 6, 2016 / 20:51

        Yg penting saya bayar nggak telat dan nggak kena denda

      • Gara Januari 7, 2016 / 13:20

        Iya sih Mas… :hehe.

      • jampang Januari 7, 2016 / 14:30

        😀

  7. ade_jhr Januari 4, 2016 / 21:09

    Jd pelayananya lbh baik ya mas… Ak belum pernah bayar pajak tp klo ngambil stnk nya pernah hehe

    • jampang Januari 5, 2016 / 08:09

      yang terjadi kemarin seh begitu. ya mudah2an selanjutnya juga begitu

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s