Alphabet : ABC

Team Weekly Photo Challenge kali ini adalah alphabet. Saya menjadikan “ABC” sebagai bagian dari judul di atas karena ketiganya adalah huruf pertama dalam susunan abjad. Selain itu, karena “ABC” merupakan salah satu judul video lagu Upin Ipin yang pernah menjadi tontonan favorit Sabiq. Dan satu hal lagi, karena ketiga huruf itulah yang paling mudah saya temukan untuk saya abadikan dengan kamera handphone saya hari ini.

Huruf “ABC” terdapat di salah satu bagian sepeda roda tiga milik Sabiq yang dibeli beberapa waktu yang lalu yang uangnya berasal dari uang THR yang didapat Sabiq di lebaran pertamanya. Berikut adalah penampakkannya.

alphabet-1

Foto di atas tidak saya edit kecuali untuk mengecil ukuran pixelnya agar lebih kecil pula ukuran filenya. Ketika mengambil foto tersebut, saya menirukan sebuah trik untuk menghasilkan foto makro dengan menggunakan kamera handphone yang alakadarnya. Sebab untuk menghasilkan foto makro yang bagus tentunya diperlukan kelengkapan kamera yang keren, yang jauh lebih canggih dibandingkan sebuah kamera handphone.

Lantas, apakah foto hasil jepretan saya di atas sudah bisa dikatakan foto makro? Entahlah. Saya juga tidak tahu. Namun sebagai perbandingan, berikut saya sertakan pula foto objek yang sama yang saya ambil dengan kamera yang sama tanpa melakukan trik apa pun.

alphabet-2

Bagaimana, kelihatan bedanya, kan?😀

Mungkin suatu saat nanti saya akan menjelaskan trik yang saya lakukan saat mengambil foto di atas jika saya sudah berhasil menggunakannya dengan maksimal dan mendapatkan objek yang keren. Tapi jangan dianggap sebagai janji yah, sebab janji adalah hutang. Dan saya takut ditagih.

Selain mengambil foto “ABC” yang ada di sepeda roda tiga milik Sabiq, saya juga mengambil tiga buah foto dari objek berupa beberapa huruf yang menempel di kendaraan. Sudah bisa dipastikan bahwa huruf-huruf tersebut adalah logo dari merek mobil dan bagian dari plat nomor polisi kendaraan bermotor. Ketiganya saya gabungkan dalam satu gambar seperti di bawah ini.

alphabet-3


Lihat Juga Foto Weekly Photo Challenge Lainnya :

21 thoughts on “Alphabet : ABC

  1. MS Januari 16, 2016 / 22:31

    penSaran pakai teknik apa untuk buat foto makronya

    • jampang Januari 16, 2016 / 23:09

      Saya juga penasaran apa foto di atas itu bisa dibilang foto makro?😀

      Yg biasa saya lihat kan objeknya kecil semisal serangga. Tajam di objek serangga itu sementara sekelilingnya blur

  2. boemisayekti Januari 17, 2016 / 09:05

    triknya bagaimana jika pakai hp alakadarnya?

    • jampang Januari 17, 2016 / 11:03

      Diteteskan air di kamera HP, mbak. Jangan kebanyakan… Nanti malah rusak HPnya

  3. Gara Januari 17, 2016 / 09:29

    Iya, bagaimana triknya? Saya pengen belajar foto makro juga nih Mas :hehe. Itu bagian mainannya bisa diputar-putarkah Mas?

    • jampang Januari 17, 2016 / 09:57

      Kalau pakai kamera canggih seh tinggal diset aja kali, gar. Saya blm uji coba lagi triknya nih. Blm sempat.😀

      Iya, itu bisa diputar. Satu arah akan berbunyi a-b-c, kalau arah lain bunyinya one-two-three… Gitu, gar

      • Gara Januari 17, 2016 / 10:08

        Ooooh… menarik sekali :hehe.

      • jampang Januari 17, 2016 / 11:03

        Kalau mau coba… Teteskan air di kamera hp, gar. Waktu tes pertama kali, hasilnya seperti di atas itu. Berikutnya gagal😀

      • Gara Januari 17, 2016 / 11:08

        Hais, pakai air Mas? Agak berisiko sih ya… :haha *penakut*

      • jampang Januari 17, 2016 / 11:11

        😀
        Iya. Setetes aja… Dikiiiiit aja. Kalau setetes, airnya nggak nggak akan jalan-jalan… Diam aja di situ. Tp sepertinya untung2an… Nyoba bbrp kali lebih banyak gagalnya

      • Gara Januari 17, 2016 / 11:14

        Okee…

      • jampang Januari 17, 2016 / 11:16

        Selamat mencoba. Dan semoga beruntung😀

      • Gara Januari 17, 2016 / 18:22

        Terima kasih.

  4. puputs Januari 17, 2016 / 09:47

    kalo pake kamera hp, apa tinggal dideketin aja kamera ke object yg mau di foto ya, atau ada cara lain…

    • jampang Januari 17, 2016 / 09:54

      Kalau saya baca pengertiannya, foto makro ya seperti itu. Mengambil gambar dr objek yang kecil sehingga nampak besar. Tp ada seh titik perbedaan antara foto makro dengan foto close up. Kalau saya perhatikan hasilnya, di foto makro, sekeliling objek itu nampak blur.

  5. febridwicahya Januari 17, 2016 / 14:00

    Aku tau dong lagu ABCnya upin-ipin #penyukakartun wkwkwk

    foto biasa aja aku belum mahir, lah ini ada teknik foto makro segala😀 mantap lah😀

    • jampang Januari 17, 2016 / 16:35

      masalahnya… trik itu koq nggak bisa diulangi…. gagal terus😀

      • febridwicahya Januari 19, 2016 / 23:01

        WKwkwk brati trik yang susah mas itu :p

  6. ysalma Januari 17, 2016 / 22:05

    Trik fotonya ternyata unik, kreatif.

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s