Plus Minus My COD

    

Air yang diam akan menjadi keruh, berbau, bahkan menjadi sumber penyakit. Agar tetap jernih, segar, dan bisa memberikan manfaat yang banyak, air harus terus bergerak. Agar tetap bisa berdiri tegak, mampu bersaing, bahkan melebarkan sayap, sebuah perusahaan juga harus terus bergerak mengikuti perkembangan zaman dan serta melakukan terobosan dan inovasi baru.

Meciptakan terobosan dan inovasi baru itulah yang dilakukan oleh JNE, perusahaan besar yang bergerak di bidang jasa kurir/logistik, dengan meluncurkan paket “7 Magnificent” atau “7 yang mengagumkan”. Ketujuh hal yang dimaksud adalah Aplikasi My JNE, JNE-PopBox, @box prepaid, Promo JNE Super Speed, JNE International Shipment, dan Layanan CD Music & JNE Trucking.

Dari yang tujuh hal tersebut, saya baru bersentuhan langsung dengan Aplikasi My JNE yang sudah terinstal di smartphone saya. Bagaimana pengalaman saya menggunakan Aplikasi My JNE dan beberapa fiturnya sudah saya tulis sebelumnya. Yang tersisa adalah fitur My COD yang baru saya singgung sedikit dalam coretan saya yang berjudul “Review Aplikasi My JNE”.

My COD dan My COD Wallet merupakan salah satu fitur yang disediakan di dalam Aplikasi My JNE. Fitur lainnya, adalah My Shipment, My Location, dan My Tariff. Yang dimaksud COD di dalam My COD bukanlah Cash on Delivery yang diartikan sebagai pembayaran sejumlah harga barang yang dibeli yang dapat dilakukan setelah barang diterima oleh pembeli ataupun ongkos kirim yang dibayarkan kepada kurir yang datang mengantarkan paket. COD di fitur My COD adalah Cash on Digital yang berfungsi sebagai rekening bersama yang menjadi perantara transaksi antara pembeli dan penjual.

Seperti yang saya singgung di atas, JNE sedang melebarkan sayapnya ke bidang yang sedikit berbeda dengan yang ditangani selama ini. Jika sebelumnya hanya menerima titipan barang dari konsumen agar dikirimkan ke alamat tujuan, kini juga menerima titipan uang dari para penjual atau pembeli yang sudah terdaftar di Aplikasi My JNE dengan memanfaatkan fitur My COD dan My COD Wallet.

…::: My COD

Fitur My COD sangat mudah digunakan alias user friendly dan bisa digunakan oleh siapa saja yang sudah terdaftar di Aplikasi My JNE baik sebagai pembeli atau penjual. Informasi mengenai pembelian atau penjualan barang dapat diinput pada formulir yang tersedia. Informasi tersebut berupa Nama Pesanan, Nomor Telepon Pembeli, Barang yang Dibeli, Ongkos Kirim, Biaya Lain-lain, dan Jumlah Total.

My COD Order
My COD : Create Order

Kolom nama pesanan bisa diisi apa saja. Aplikasi memberikan kebebasan kepada penjual atau pembeli untuk mengisinya.

Kolom nomor telepon pembeli yang diisi akan diverifikasi oleh aplikasi untuk memastikan pakah nomor telepon yang diinput terdaftar di aplikasi atau tidak. Jika terdaftar, maka informasi mengenai pembeli atau penjual yang menggunakan nomr tersebut akan dimunculkan.

Kolom barang yang dibeli diisi dengan nama barang, harga barang, dan jumlah barang. Barang yang dibeli dalam satu pemesanan (order) bisa lebih dari satu jenis. Pembeli dan penjual juga tidak perlu melakukan hitung-hitungan sendiri mengenai jumlah harga, sebab aplikasi sudah melakukannya, jadi tinggal terima beres saja.

Kolom ongkos Kirim diisi dengan ongkos kirim sesuai tarif JNE.

Kolom biaya lain-lain dapat diisi jika memang ada.

Kolom jumlah total akan terisi dengan angka hasil penjumlahan harga barang, ongkos kirim, dan biaya lain-lain secara otomatis.

Setelah pemesanan (order) selesai dibuat, Aplikasi My JNE akan memberikan notifikasi bahwa pesanan sudah berhasil tersimpan. Data pesanan akan muncul di tab My Shop atau tab My Order, tergantung pengguna bertindak sebagai pembeli atau penjual.

Saya berhasil membuat pesanan. Pesanan yang sudah dibuat dapat dilihat detilnya dengan men-tap salah satu pesanan yang diinginkan baik di di tab My Shop atau di My Order ataupun dengan melakukan pencarian. Sayangnya, saya tidak menemukan tombol untuk mengubah atau menghapus pesanan seandainya ada kesalahan pesanan atau pesanan ingin dibatalkan. Mungkin hal ini bisa menjadi pertimbangan tim pengembang aplikasi My JNE.

…::: My COD Wallet

My COD - Profil dan Edit Profil
My COD – Profil dan Edit Profil

My COD Wallet bisa diartikan sebagai profil pemilik My COD. Setiap akun yang sudah terdaftar di Aplikasi My JNE akan langsung mendapatkan nomor rekening virtual. Selain nomor rekening virtual, informasi lain di dalam My COD Wallet adala nama pemilik, email, nomor telepon, nama toko, kode toko, nomor KTP, tanggal lahir, alamat, dan nomor rekening bank. Kesemua informasi tersebut dapat diedit melalui menu Edit Profile dengan cara men-tap titik tiga yang berada di pojok kanan atas.

Yang agak menyulitkan di menu Edit Profile adalah saat mengisi nama dan nomor rekening bank, sebab nama bank yang bisa dipilih ditampilkan tidak urut abjad sehingga agak menyulitkan. Jika terjadi kesalahan pengisian nama dan nomor rekening bank, tak perlu khawatir, sebab ada pilihan untuk melakukan edit data tersebut. Nama dan nomor rekening bank bisa diinput lebih dari satu.

My COD Wallet
My COD Wallet – Menu

Apa saja yang bisa dilakukan di fitur My COD Wallet ini?

Saya men-tap gambar atau icon kotak di dalam lingkaran merah yang berada di tengah bawah tampilan My COD, lalu muncul beberapa menu dalam bentuk lingkaran dengan warna yang berbeda-beda yang di dalamnya juga terdapat gambar yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi menu. Menu-menu tersebut adalah :

Transfer

Menu ini digunakan untuk mengirim uang antar akun virtual pengguna My COD, semisal ketika ingin melakukan pembayaran atas pesanan yang sudah pernah dibuat.

Data yang perlu diisi untuk melakukan transfer adalah nomor telepon tujuan transfer yang bisa dicari di daftar kontak yang ada di hanphone atau dengan memindai QR Code, jumlah transfer, dan catatan jika memang diperlukan.

Menu transfer ini memiliki header berwarna hijau.

My COD Wallet : Transfer
My COD Wallet : Transfer

Top Up

Menu ini berisi penjelasan tentang bagaimana cara menambahkan saldo My COD. Penambahan saldo atau top up bisa dilakuan melalui ATM, e-banking, atau mobile banking, baik di Bank Permata atau selain Bank Permata. Dibedakan antara Bank Permata dengan selain Bank Permata karena adanya sedikit perbedaan cara dan juga perbedaan jumlah biaya yang dikenakan pada saat melakukan Top Up.

JNE akan mengenakan biaya sebesar Rp. 5.000 untuk setiap kali Top Up jika menggunakan ATM Bank Permata dan sebesar Rp. 12.500 jika menggunakan ATM selain Bank Permata.

Menu ini memiliki header dengan warna ungu.

My COD Wallet - Top Up
My COD Wallet – Top Up

Cash Out

Menu ini digunakan untuk mencairkan uang yang menjadi saldi di My COD ke rekening bank. Data yang perlu diisi untuk melakukan Cash Out adalah nama bank dan nomor rekening yang bisa dipilih dari nama-nama bank dan nomor rekening yang pernah diinput saat mengedit data profil, jumlah transfer, dan catatan jika memang diperlukan.

Menu ini memiliki header dengan warna biru.

My COD Wallet : Cash Out
My COD Wallet : Cash Out

History

Menu ini digunakan untuk melihat riwayat transaksi di My COD Wallet baik beruapa Top Up maupun cash Out.

Menu ini memiliki header dengan warna kuning tua.

My COD Transaction History
My COD Wallet Transaction History

…::: Kesimpulan

Kelebihan :

  • Fitur My COD dan My COD Wallet cukup mudah digunakan
  • Penghitungan harga secara otomatis dalam pembuatan order sangat memudahkan pengguna.
  • Data pesanan yang dibuat langsung muncul di tab My Shop atau My Order.
  • Tampilan My COD Wallet sangat menarik dengan perubahan warna header ketika berganti-ganti menu.

Kekurangan :

  • Tidak ada pilihan untuk mengedit atau menghapus pesanan yang sudah pernah dibuat jika terjadi kesalahan pemesanan atau ingin membatalkan pemesanan.
  • Proses untuk melihat detil pesanan cukup lama
  • Biaya yang cukup besar bagi pengguna My COD yang memiliki rekening selain Bank Permata.
  • Term and Condition atau Syarat dan Ketentuan yang berlaku kurang detil, bahkan saat saya buka, halaman error yang muncul.

Tulisan Terkait Lainnya :

4 thoughts on “Plus Minus My COD

    • jampang April 1, 2016 / 07:41

      Iya. Tinggal berdoa dan berharap😀

  1. Lidya April 9, 2016 / 21:27

    jadi praktis & terjamin ya transaksi pakai MyCOD. Terima kasih sudah berpartisipasi ya

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s