Berbagi Kuota Internet

laptop dan smartphone

Yang namanya berbagi pastilah bukan seorang diri. Paling sedikit harus berdua. Misalnya berbagi di antara sepasang suami istri. Adapun hal yang bisa dibagi tentu saja sangat beragam. Kuota internet hanyalah salah satu dari sekian banyak hal yang bisa dibagi. Alasannya, mungkin memang diniatkan untuk berbagi suatu benda atau barang. Mungkin karena benda atau barang yang dimiliki berlebih. Mungkin karena barang atau benda tersebut tidak bisa dimanfaatkan lagi sementara jika diberikan kepada orang lain bisa memberikan manfaat. Mungkin agar tidak terbuang mubazir. Mungkin juga ada alasan lain.

Yang saya ceritakan di sini adalah berbagi kuota internet antara saya dan Minyu yang sudah kamii lakukan sejak beberapa waktu yang lalu. Dari sisi alasan, sepertinya lebih cocok sebagai sebuah tindakah penghematan.😀

Saya dan Minyu sama-sama memiliki handphone dengan dual SIM card. Dengan dua SIM card, kami menggunakan satu kartu khusus untuk telepon dan SMS dan satu kartu lainnya untuk kuota internet. Semula, kartu yang kami gunakan berbeda satu sama lain. Itu tak masalah, yang penting nama kami tetrulis di kartu keluarga yang sama. Halah! Namun kemudian kami menggunakan provider yang sama setelah mengetahui adanya paket internet yang harganya lebih murah dibanding paket bulanan yang biasa kami gunakan sebelumnya, sehingga paket bulanan tak lagi rutin kami gunakan.

Saya tak ingat sejak kapan kami mulai tak rutin menggunakan paket internet bulanan atau paket tiga puluh hari. Saya juga tak ingat apa yang menjadi penyebab mengapa saya melakukan hal demikian. Mungkin ada seseorang yang memberikan informasi tentang paket internet yang lebih murah daripada yang biasa saya gunakan. Jadilah saya sering menggunakan kartu perdana untuk data internet yang berlaku selama tiga bulan dengan jatah kuota sebanyak 3 GB yang bisa digunakan kapan saja alias 24 jam. Harganya jauh lebih murah dengan kuota lebih banyak dibandingkan paket bulanan.

Kekurangannya, saya harus ganti kartu setelah masa aktif berakhir meskipun sebenarnya bisa diperpanjang. Namun harganya tetap lebih mahal daripada beli kartu baru.

Dengan paket 3 GB selama 3 bulan, awalnya saya dan Minyu memiliki kartu masing-masing untuk berinternet. Namun, di masa berikutnya, paket tersebut mengalami perubahan ketika provider yang kami gunakan menyediakan jaringan 4G. Paket kartu perdana yang semula 3 GB menjadi dua kali lipat, 6 GB. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 3 GB untuk jaringan 3G dan bonus 3 GB hanya bisa digunakan untuk handphone yang sudah support 4G. Keduanya bisa digunakan selama 24 jam.

Handphone saya sudah 4G. Namun tidak demikian dengan milik Minyu. Akibatnya, Minyu hanya bisa memanfaatkan kuota 3 GB saja. Sementara bonusnya tidak bisa. Daripada sayang terbuang, bonus 3 GB yang tak terpakai saya ambil alih. Kartu yang semula digunakan untuk handphone Minyu pindah ke handphone saya. Sementara untuk mengganti kartu di handphone Minyu, saya membelikan kartu yang baru. Secara rupiah dalam hitungan kasar, cara ini lebih hemat.

Nah, terakhir kali membeli kartu perdana serupa adalah beberapa hari yang lalu. Setelah mencari-cari ke beberapa tempat penjual pulsa tidak saya dapatkan karena masih tutup karena masih suasana lebaran atau tidak memiliki stock kartu yang saya inginkan, akhirnya saya mendapatkan kartu yang saya inginkan di sebuah gerai penjual pulsa yang baru pertama kali saya datangi.

“Kartu perdana untuk data yang 3 GB selama 3 bulan.”

Itu jawaban saya ketika Mas Penjual menanyakan apa yang saya cari.

“Handphone Bapak sudah 4G?” tanyanya lagi.

Setelah mendapat jawaban dari saya, Mas Penjual langsung memperlihatkan dan memberikan sebuah kartu perdana. Yang tak biasa dengan kartu perdana tersebut adalah tak ada tulisan berisi keterangan berapa jumlah kuota yang disediakan dan jangka waktu berlaku seperti yang biasa saya beli sebelum-sebelumnya.

“Itu 19 GB!”

Saya kaget dengan jumlah kuota kartu tersebut. Jangan-jangan harganya lebih mahal dari biasanya.

“Duh kebanyakan. Bisa-bisa mubazir!” saya mencoba mencari alasan untuk tidak membeli jika harganya jauh lebih tinggi.

“Nggak apa-apa,” jawab Mas Penjual.

“Berapa?” tanya saya mengenai harga kartu perdana tersebut.

“Enam puluh ribu,” jawab Mas Penjual.

Wah, lebih murah dari saya beli sebelun-sebelumnya. Tapi saya masih ragu karena tidak adanya keterangan yang tertulis mengenai jumlah kuota dan jangka waktu di kemasan kartu tersebut.

“3 GB untuk 3G, 10 GB untuk 4G, dan 6 GB untuk jam 00 sampai jam 6,” Mas Penjual menjelaskan rincian dari total 19 GB yang tersedia. “Ini sudah diregister, jadi tinggal pakai saja!” tambahnya.

Penjelasan tersebut menjawab keraguan saya mengenai bagian kemasan yang sudah digunting alias terbuka. Namun saya masih ragu.

“Kalau nanti dicek nggak ada pulsanya, boleh tukar!”

Setelah Mas Penjual mengatakan demikian, ahirnya saya langsung membayar kartu tersebut.

Di rumah, saya langsung pasang kartu tersebut ke handphone Minyu dan melakukan pengecekan. Ternyata apa yang dikatakan Mas Penjual tersebut benar adanya. Sementara kartu yang semula berada di handphone Minyu, saya pasang di handphone saya. Dan kami pun bisa berselancar di internet lagi.

Sebenarnya, ada satu lagi kekurangan jika melakukan hal di atas. Kartu yang saya gunakan untuk menelpon dengan nomor yang sudah lama saya gunakan tetap saja harus diisi ulang secara berkala. Jika tidak, nomor tersebut akan hangus. Jika diisi namun tidak banyak digunakan, maka jumlah pulsa yang mengendap akan terus bertambah dan mau tidak mau harus digunakan juga.😀


Tulisan Terkait Lainnya :

33 thoughts on “Berbagi Kuota Internet

  1. zilko Juli 18, 2016 / 00:19

    Hahaha, aku juga rutin mengecek paket jaringan telepon disini. Setiap kali menemukan yang lebih murah (dengan jumlah kuota yang ok tentunya) aku selalu ganti ke paket yang baru, hehehe. Lumayan😛

  2. ayanapunya Juli 18, 2016 / 06:38

    kalau saya berbagi kuotanya pakai hotspot. kemarin pas udah mau habis masa berlakunya eh sisa kuota masih banyak banget. akhirnya donlot drama korea sampai habis😀

    • rayamakyus Juli 18, 2016 / 13:04

      gimana caranya pake hotspot lwt hape,kak?

      • jampang Juli 18, 2016 / 13:08

        di pilihan setting ada pilihan untuk tethering dan pportable hostspot. aktifin aja, nanti hp yang deket2 situ bisa detek dan pake. kalau mau aman, kasih password biar nggak semua bisa make😀

      • rayamakyus Juli 18, 2016 / 13:11

        aku coba utak atik dulu. Trims infonya.. trs.trs.trs kalo mw pake wifi gratisan dr hp mesti lojin wifi.id ya?

      • jampang Juli 18, 2016 / 14:13

        kalau di hp yang share itu dikasih password, ya harus masukin passwordnya. kalau nggak disetting passwordnya ya langsung bisa terkoneksi

      • ayanapunya Juli 18, 2016 / 13:10

        biasanya di setting hape itu ada pilihan buat aktifin hotspot milik kita, jadi hape lain bisa minta kuotanya. kalau di hapeku namanya wlan sih

    • jampang Juli 18, 2016 / 14:35

      saya juga pernah. cuma nggak sering.

      wah bisa dapat berapa episode itu😀

      • ayanapunya Juli 18, 2016 / 14:47

        Bisa dapat 10 episode. Satu episode 200 mb-an aja

      • jampang Juli 18, 2016 / 16:36

        lumayan lah
        daripada kebuang😀

  3. kebomandi Juli 18, 2016 / 07:44

    berasa banget yaa kalo sekarang kuota internet menjadi salah satu kebutuhan primer :p hehe

    • jampang Juli 18, 2016 / 14:35

      iya, mbak. seolah nggak bisa hidup tanpa kuota😀

      • kebomandi Juli 20, 2016 / 07:13

        banget.. jadi kepikiran buat puasa kuota seminggu hehe

      • jampang Juli 20, 2016 / 08:29

        selamat mencoba kalau begitu😀

  4. aqied Juli 18, 2016 / 09:15

    Aku skarang satu kartu buat semua. Hp cuma single simcard soalnya

      • aqied Juli 18, 2016 / 13:22

        Nggak. Dipakai di hp, baik paket data maupun telp sms

      • jampang Juli 18, 2016 / 14:13

        oooo… i c… ic

  5. rayamakyus Juli 18, 2016 / 13:06

    Bonus 4G-ku udah 10240 MB.. sayangny ga bs kepakeee😥..

    • jampang Juli 18, 2016 / 13:07

      wah, sayang banget. banyak gitu. mubazir donk

      • rayamakyus Juli 18, 2016 / 13:09

        iya, bingung juga mau ngasih ke siapa. Di Kendari jaringan 4G baru mulai sebelum lebaran. Tp cara ngubah daku gak tau..

      • jampang Juli 18, 2016 / 14:11

        HPnya udah support 4G? kalau sudah ada di bagian SIM card managemen ada pilihan pereferensi jenis network, aktifin aja semuanya

      • rayamakyus Juli 18, 2016 / 14:16

        kemaren wkt ngecek hp adanya cuman 3G😥.. tp sebelum lebaran udah demo kalao kendari udah 4G. Ato ke grapari aja kali ya?

      • jampang Juli 18, 2016 / 14:28

        pastikan dulu HPnya sudah support. kalau sudah pasti, bisa upgarde kartunya ke 4G.

      • rayamakyus Juli 18, 2016 / 15:40

        Klo upgrade kartu,kontak pd hilang ga ya?

      • jampang Juli 18, 2016 / 16:35

        kurang tahu. kalau hilang kan bisa dibackup di HP. nanti direstore ke kartu lagi. teorinya seh😀

    • jampang Juli 20, 2016 / 08:30

      itu cuma ilustrasi gambar aja. bukan foto hp saya😀

  6. lazione budy Juli 25, 2016 / 12:59

    Cukup pakai 3, murah dan nyaman. Hoho…
    Ini pamer gadget ya?

    • jampang Juli 25, 2016 / 13:24

      dulu pernah pakai itu. cuma udah nggak lagi.
      bukan. kalau cuma dual sim card, udah banyak hp model gitu😀

Tinggalkan jejak anda di sini....

