Kehilangan di Seaworld

sabiq di seaworld

Sebagian besar cerita jalan-jalan ke Seaworld beberapa waktu yang lalu sudah ditulis dalam Sabiq’s Diary yang berjudul “Jalan-jalan ke Seaworld”, termasuk pengetahuan baru tentang perbedaan Kura-kura dengan Penyu dan perbedaa Otter dengan Berang-berang yang selintas mirip namun ternyata berbeda. Sedangkan coretan ini hanya menceritakan dua peristiwa kehilangan yang saya alami selama berada di Seaworld. Bukan kehilangan benda yang berharga atau mahal harganya. Alasan tersebut merupakan salah satu penyebab mengapa saya tidak menyebutkan nama benda yang hilang di dalam judul coretan ini. Salah dua lainnya adalah untuk mengundang rasa penasaran.

Berhasilkah saya membuat Anda penasaran?😀

Ketika sedang melihat beberapa penghuni akuarium dan mengabadikan beberapa momen di dalam Seaworld dengan kamera handphone baik berupa foto atau video, tiba-tiba handphone muncul notifikasi di layar bahwa memory di dalam SD card hanphone saya penuh.

Saya berpikir, penyebab notifikasi itu muncul adalah karena saya merekam sebuah video yang memakan space cukup besar di memory SD card. Meskipun sebenarnya saya tidak yakin juga. Sebab jumlah space yang masih bisa digunakan yang saya cek saat berangkat jumlahnya sekitar 800-an MB.

Dengan kondisi tersebut, akhirnya saya berinisiatif untuk memindahkan media penyimpanan foto dan video dari SD card ke internal memory handphone.

Setelah melakukan setting lokasi tenpat penyimpanan file foto dan video ke internal memory, tiba-tiba handphone saya hang. Cukup lama. Akhirnya handphone saya restart.

Setelah handphone on kembali, notifikasi bahwa memory card penuh tidak muncul lagi. Saya sudah senang-senang dengan kondisi tersebut. Tetapi sesaat kemuidan, ketika saya mengecek jumah space memory yang dapat digunakan menyimpan file foto dan video, saya menemukan kondisi bahwa SD card di dalam handphone tidak terbaca. Saya coba restart ulang. Hasilnya sama. Tidak terbaca dan diminta untuk memformat SD card dengan resiko semua data yang ada hilang. Lenyap.

Hiks!

Kejadian tersebut menyebabkan beberapa file foto dan film yang saya ambil di dalam Seaworld hilang. Tak hanya file-file baru, seluruh file foto dan video yang tersimpan di dalam SD card tersebut hilang. Tak berbekas. Termasuk video Sabiq berjalan di lapangan yang saya rekam pertama kali. Video tersebut seharusnya menjadi video yang ada di Sabiq’s Diary yang berjudul “Aku Sudah Bisa Berjalan” yang menampilkan aksi Sabiq yang mengenakan topi kupluk merah dengan kaos hitam berlogokan huruf “S”. Tetapi karena filenya hilang, akhirnya saya rekam video baru seperti yang terlihat di coretan tersebut.

Memang cukup banyak file yang hilang. Totalnya mungkin sekitar 15 GB. Tetapi untunglah, sebagian besar file sudah saya backup ke laptop dan hardisk eksternal.

Sebuah pelajaran yang bisa saya ambil dari kejadian yang baru saja saya alami terkait dengan handphone adalah jangan terlalu sering mengubah setting tempat penyimpanan file di handphone, baik dari ineternal memory ke SD Card atau sebaliknya. Jika space memori yang bisa dipakai hanya tersisa sedikit, cukup pindahkan file saja ke media yang masih memiki space yang masih banyak tanpa perlu mengatur kembali media penyimpanan file di handphone.

Selain kehilangan file-file foto dan video Sabiq akibat rusaknya SD card di handphone, saya kehilangan sebuah benda juga yang baru saya sadari ketika mengeluarkan dompet dari saku celana. Ternyata, benda yang semula berada di dalam saku celana bersama dompet saya sudah tidak ada. Sepertinya benda tersebut terjatuh ketika saya mengeluarkan dompet untuk mengambil uang saat membayar menu makan siang. Benda tersebut adalah sebuah sisir😀


Tulisan Terkait Lainnya :

14 thoughts on “Kehilangan di Seaworld

  1. zilko Juli 28, 2016 / 01:02

    File-file lama memang sebaiknya di-back-up yah, supaya kalau ada apa-apa, kita masih punya kopinya…

    • jampang Juli 28, 2016 / 16:47

      iya, betul, mas. kalau bisa harus ada backup cadangan😀

  2. alrisblog Juli 28, 2016 / 17:28

    Saya kalau dirasa memory hp udah hampir segera penuh saya pindahin ke lepi. Pernah kejadian gak enak dulu file rusak.

    • jampang Juli 29, 2016 / 10:24

      saya kelupaan, mas.
      padahal malam sebelum pergi saya sempat copy file sebagian. cuma ada folder yang nggak dicopy

  3. ainulharits Juli 28, 2016 / 19:49

    SD Card yang 15gb dan 32gb sering rusak, saya sudah 3x pakai gitu terus… sekarang saya pakai yang 8gb, alhamdulillah awet, kalau hampir penuh dipindah ke laptop, atau saya unggah ke one drive, biar lebih aman.

    • jampang Juli 29, 2016 / 10:23

      sd card milik istri saya yang 32 GB malah rusak lebih dahulu. mungkin yang lebih kecil yang lebih awet kaliyah

      saat ini nggak pakai sd-card. cuma ngandalin memori internal handphone aja

  4. aqied Juli 29, 2016 / 01:08

    Kehilangan data tuh sedih bangeeet. Pernah banget soalnya. Untung keperluan pribadi aja. Bukan sedang bertugas atau file kerjaan.

    • jampang Juli 29, 2016 / 10:22

      kalau kerjaan…. hiks…. bisa lembur di kantor😦

  5. ysalma Juli 29, 2016 / 08:51

    saya pernah mengalami beberapa kali juga,, kalo belum sempat di back up, nyesek banget rasanya… O,, obat ganteng ternyata juga hilang krn terjatuh😀

    • jampang Juli 29, 2016 / 10:21

      kalau obat gantengnya masih ada backup di rumah uni. sekarang udah ada di kantong lagi😀

  6. Akhmad Muhaimin Azzet Juli 29, 2016 / 09:39

    Jadi teringat, bahwa duluuu sekali, ketika masih PGA, saya pernah kalo pergi-pergi bawa sisir. Seingat saya, mulai kuliah, saya tak pernah bawa sisir lagi. Apalagi sekarang, lebih sering potong pendek.

    *) beberapa foto sengaja saya pasang di blog itu juga bagian dari ikhtiar memback-up🙂

    • jampang Juli 29, 2016 / 10:21

      rambut pendek memang nggak perlu sisi lagi ya, pak😀

      shampo juga lebih hemat pemakaiannya

Tinggalkan jejak anda di sini....

