Lebih Banyak Jika Dibawa Pulang [?]

Saya suka sekali yang namanya es kelapa muda, apalagi jika pemanisnya adalah berupa gula merah, bukan gula pasir atau sirup. Seringnya, jika makan di suatu tempat atau warung dan di dalamnya menyediakan es kelapa, saya akan memilih minuman es kelapa dibanding minuman jenis lainnya semisal jus atau es teh manis.

Selain menikmati es kelapa sabagai teman makan, saya juga suka menikmati es kelapa muda yang banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan. Tapi tidak semuanya menggunakan pemanis berupa gula merah. Kebanyakan menggunakan sirup atau pemanis lain.

Satu-satunya warung penjual es kelapa muda yang paling berkesan bagi saya adalah yang terletak di ujung Jalan Margonda, di sebelah kiri jalan jika dari arah DETOS.

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mampir di warung tersebut. Adalah teriknya Siang hari itu yang mengundang saya mampir ke tempat tersebut. Saya lalu memesan segelas es kelapa dengan gula merah. Tak perlu menunggu lama, saya pun segera menikmati segelas penuh es kelapa muda tersebut.

Karena belu puas, saya memesan lagi, tapi kali ini dibungkus untuk dinikmati di rumah.

Malam harinya, saya baru menikmati lagi es kelapa tersebut setelah saya simpan di dalam kulkas sebelumnya. Plastiknya saya buka dan saya tuangkan ke dalam gelas yang sama seperti gelas yang disediakan di warung es kelapa. Ternyata, tidak semua isi dalam kantong plastik tersebut tidak bisa ditampung di dalam gelas. Masih banyak yang tersisa, mungkin sepertiganya. Ternyata, isi es kelapa yang saya bawa pulang lebih banyak dibandingkan jika saya minum di tempat.

Apakah ini berlaku di warung lain?

Setidaknya ada sebuah informasi yang mungkin kondisinya bisa disamakan dengan es kelapa muda pada cerita saya, yaitu warung nasi padang. Beberapa waktu yang lalu, saya membaca sebuah tulisan secara sekilas yang menginformasikan bahwa satu bungkus nasi padang yang dipesan untuk dibawa pulang jumlahnya lebih banyak dibandingkan porsi nasi padang yang dimakan di tempat. Saya sendiri belum pernah membandingkannya.

Benarkah demikian? Adakah yang pernah mengalaminya?

Satu lagi pertanyaan titipan, adakah beda rasa antara nasi padang beserta menunya yang ada di warung nasi padang di Jakarta atau tempat lain dengan nasi padang dan menunya yang ada di kota Padang? Atau jangan-jangan tidak ada warung nasi padang di Kota Padang?

Ada rencana minggu ini saya akan berangkat ke Kota Padang

****ilustrasi adalah foto minuman es ganja yang pernah saya ceritakan di sini

88 respons untuk β€˜Lebih Banyak Jika Dibawa Pulang [?]’

  1. roelworks Juli 6, 2012 / 00:00

    langganan nasi padang saya dulu pake sendok dari batok kelapa. kalau makan ditempat satu sendok, nah kalau dibungkus bisa 2-3 sendok…kasi kuah rendang, daun singkong sama gulai tunjang ….

  2. jampang Juli 6, 2012 / 00:00

    roelworks said: angganan nasi padang saya dulu pake sendok dari batok kelapa. kalau makan ditempat satu sendok, nah kalau dibungkus bisa 2-3 sendok

    wah… pantesan ngerti banget…. warung langganannya πŸ™‚

  3. roelworks Juli 6, 2012 / 00:00

    tapi karena mahal…makan padan seminggu sekali aja…hahaha…habis jumatan

  4. jampang Juli 6, 2012 / 00:00

    roelworks said: tapi karena mahal…makan padan seminggu sekali aja…hahaha…habis jumatan

    saya jarang makan di warung padang…. terakhir kemaren di cianjur

  5. bundel Juli 6, 2012 / 00:00

    Lebih banyaknya, karena es yang ditaruh di dalam plastik sudah mencair nak.

  6. jampang Juli 6, 2012 / 00:00

    bundel said: Lebih banyaknya, karena es yang ditaruh di dalam plastik sudah mencair nak.

    eh… iya yah….?

  7. lolanovalinda Juli 6, 2012 / 00:00

    Di kota padang yg pasti makannya enak2 πŸ˜€

  8. sarahutami Juli 6, 2012 / 00:00

    Di Margonda Raya sih buka sampe pagi, Bang. Saya dulu sering jam 12 malam ngelapa muda.

  9. jampang Juli 6, 2012 / 00:00

    lolanovalinda said: Di kota padang yg pasti makannya enak2 πŸ˜€

    pernah ke sana, teh?

  10. jampang Juli 6, 2012 / 00:01

    sarahutami said: Di Margonda Raya sih buka sampe pagi, Bang. Saya dulu sering jam 12 malam ngelapa muda.

    wah…. saya nggak pernah sampe jam 12 malam di margonda, mbak

  11. nur4hini Juli 6, 2012 / 00:01

    punya pengalaman sama, kalo dibungkus bawa pulang lebih banyak. masakan padang juga begitu, sebungkus bisa buat makan dua kali karena banyaknya:)

  12. jampang Juli 6, 2012 / 00:01

    nur4hini said: sebungkus bisa buat makan dua kali karena banyaknya:)

    bisa lebih hemat yah πŸ™‚

  13. lolanovalinda Juli 6, 2012 / 00:01

    Seriiiing banget kesana…terakhir bulan kemaren πŸ˜€

  14. jampang Juli 6, 2012 / 00:01

    lolanovalinda said: Seriiiing banget kesana…terakhir bulan kemaren πŸ˜€

    waaah…. minggu ini ke sana lagi?xixixixixi

  15. topenkkeren Juli 6, 2012 / 00:01

    di semarang ada yg enak, Bang. pakai gula merah aseli.

  16. arsitaarsita Juli 6, 2012 / 00:01

    Saya lebih suka makan nasi padang ditempat, soale porsinya pas. Kalo dibungkus nasinya kebanyakan. Cuman nasinya doang yg banyak, tapi lauknya tetap sama bae.Oh ya dulu pernah dikasih oleh oleh Rendang dari Padang, rasanya lebih enakkk

  17. arsitaarsita Juli 6, 2012 / 00:01

    Ya Allah, jadi pengen nasi padang lengkap dengan daun isngkong disiram kuah…..yummm

  18. hwwibntato Juli 6, 2012 / 00:01

    jampang said: Benarkah demikian? Adakah yang pernah mengalaminya?

    makanya saya kalau beli nasi padang pasti dibungkus …soalnya selalu lebih banyak kalau dibungkus … he he he …

  19. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    topenkkeren said: di semarang ada yg enak, Bang. pakai gula merah aseli.

    waduh…. jauh banget pan kalau mesti ke semarang πŸ˜›

  20. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    arsitaarsita said: Saya lebih suka makan nasi padang ditempat, soale porsinya pas. Kalo dibungkus nasinya kebanyakan. Cuman nasinya doang yg banyak, tapi lauknya tetap sama bae.Oh ya dulu pernah dikasih oleh oleh Rendang dari Padang, rasanya lebih enakkk

    lauknya beli double :)saya belum pernah nyoba rendang asli padang

  21. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    arsitaarsita said: Ya Allah, jadi pengen nasi padang lengkap dengan daun isngkong disiram kuah…..yummm

    nah lho…. itu di luar tanggung jawab saya sebagai ornag posting tulisan ini ya, mbak πŸ™‚

  22. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    hwwibntato said: makanya saya kalau beli nasi padang pasti dibungkus …soalnya selalu lebih banyak kalau dibungkus … he he he …

    kalau di kambing soen lebih banyak juga nggak misalnya dibungkus dibawa pulang?xixixixixi

  23. hwwibntato Juli 7, 2012 / 00:01

    jampang said: kalau di kambing soen lebih banyak juga nggak misalnya dibungkus dibawa pulang?xixixixixi

    kalau di kambing soen, siapa yang beli dua porsi pasti lebih kenyang dari yang beli satu porsi … *ajaib memang … he he he …

  24. arsitaarsita Juli 7, 2012 / 00:01

    jampang said: lauknya beli double :)saya belum pernah nyoba rendang asli padang

    Jiyahhh lauk di Padang kan mehong pakde

  25. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    hwwibntato said: kalau di kambing soen, siapa yang beli dua porsi pasti lebih kenyang dari yang beli satu porsi … *ajaib memang … he he he …

    gabrukkksssss!xixixixixixi

  26. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    arsitaarsita said: Jiyahhh lauk di Padang kan mehong pakde

    yang paling murah, telor dadar yah?terakhir makan di warung padang pake lauk telor dadar plus bakwan jagung dengan es teh manis…. 11.000di cianjur

  27. arsitaarsita Juli 7, 2012 / 00:01

    jampang said: yang paling murah, telor dadar yah?terakhir makan di warung padang pake lauk telor dadar plus bakwan jagung dengan es teh manis…. 11.000di cianjur

    Iya telor dadar sama perkedel.

  28. jaraway Juli 7, 2012 / 00:01

    hwwibntato said: makanya saya kalau beli nasi padang pasti dibungkus …soalnya selalu lebih banyak kalau dibungkus … he he he …

    tossssssssss.. hahahahabisa buat 2 kali makan*mental anak kos.. =))

  29. jaraway Juli 7, 2012 / 00:01

    dah mau bilang bukannya fotonya ntu es ganja dulu itu..eh dah ada keterangannya.. hiih.. fotonya ga pas ekekeke

  30. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    arsitaarsita said: Iya telor dadar sama perkedel.

    kayanya saya sering beli dengan menu itu dibanding menu lain πŸ˜€

  31. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    jaraway said: *mental anak kos.. =))

    wwwooooh…

  32. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    jaraway said: dah mau bilang bukannya fotonya ntu es ganja dulu itu..eh dah ada keterangannya.. hiih.. fotonya ga pas ekekeke

    soalnya waktu minum es kelapa gula merah nggak sempet moto, jadinya pake foto lain…. kan sama-sama es kelapa πŸ˜€

  33. hwwibntato Juli 7, 2012 / 00:01

    jaraway said: tossssssssss..hahahahabisa buat 2 kali makan*mental anak kos.. =))

    kossssss …*mental anak tos … he he he …

  34. arsitaarsita Juli 7, 2012 / 00:01

    jampang said: kayanya saya sering beli dengan menu itu dibanding menu lain πŸ˜€

    Kalo saya yg paling sering peyek udang, perkedel, rendang kadang doang kalo abis gejongan

  35. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    arsitaarsita said: Kalo saya yg paling sering peyek udang, perkedel, rendang kadang doang kalo abis gejongan

    paling sering perkedel…. kemudian ayam, kalau rendang agak jarang

  36. arsitaarsita Juli 7, 2012 / 00:01

    Saya kurang begitu suka ayam hehehehe*abis dulu emak ternak ayam sih

  37. jampang Juli 7, 2012 / 00:01

    arsitaarsita said: Saya kurang begitu suka ayam hehehehe*abis dulu emak ternak ayam sih

    udah bosan yah?

  38. thetrueideas Juli 6, 2012 / 00:00

    nitip satu bungkus nasi Padang, pake ayam pop ajah… πŸ™‚

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s