Review Aplikasi My JNE

Download My JNE

Amanah. Itulah yang diemban oleh JNE sebagai perusahaan jasa kurir/logistik ketika seorang menitipkan barang untuk dikirim ke alamat tujuan. Ketika amanah tersebut  dilaksanakan dengan baik, tentu saja, orang yang menitipkan barang dan yang menerimanya akan senang. Gembira. Sebaliknya, jika amanah tersebut dilalaikan, maka orang yang menitipkan barang dan menunggu kedatangan barang tersebut akan kecewa. Karenanya, amanah itu harus dijaga sebaik-baiknya oleh JNE.

Selain peningkatan mutu pelayanan yang diberikan oleh Sumber Daya Manusia yang dimiliki, pengembangan aplikasi My JNE yang baru-baru saja diluncurkan merupakan bentuk upaya JNE terkait dengan pelaksanaan amanah yang diembannya. Di harapkan, aplikasi My JNE dapat memberikan banyak kemudahan kepada para konsumen.

Saya sudah menginstall My JNE di smartphone dan sudah mengunakannya sebagian fitur-fiturnya beberapa waktu lalu. Berikut adalah sekilas review atau ulasan saya mengenai aplikasi My JNE.

…::: Download, Instal, dan Penggunaannya  (starstarstarstarstar)

Cepat. Lancar. Mudah.

My JNE - Instal dan Perbandingan Penggunaan Memory
My JNE – Instal dan Perbandingan Penggunaan Memory

Ketiga kata tersebut saya anggap bisa mewakili proses download, instal, dan penggunaan aplikasi My JNE di smartphone saya.

File installer aplikasi My JNE yang berukuran 7,2 MB terbilang kecil sehingga proses donwload dari Google Play Store cepat selesai.  Seperti aplikasi berbasis Android lainnya, setelah proses download selesai, dilanjutkan dengan proses instalasi. Proses ini juga berlangsung cepat. Dalam hitungan detik, Aplikasi My JNE sudah terinstal di smarphone saya dan siap untuk digunakan.

Aplikasi My JNE yang saya isntal dan terpasang di smartpone saya adalah Versi 1.01. Aplikasi ini dapat diinstal dan berjalan di smatrphone dengan Operating System 2.3 (Gingerbead} ke atas. Rasa-rasanya, smartphone sekarang sudah menggunakan OS yang lebih tinggi daripada Gingerbead.

Memory yang terpakai oleh My JNE saat sudah terinstal di smartphone hanya sebesar 23,8 MB. Jumlah tersebut sudah termasuk memori yang dibutuhkan untuk data dan cache. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang juga terinstall di smartphone saya, semisal Evernote, GO-JEK, Instagram, WordPress, Whatsapp, dan lainnyamemory yang digunakan untuk MY JNE jauh lebih kecil sehingga tak mengganggu kinerja smartphone.

01 - Aplikasi My JNE
Aplikasi My JNE – Halaman Muka

Fitur-fitur yang disematkan di dalam My JNE mudah digunakan. Tak ada yang rumit. Bahkan beberapa di antaranya berada di dalam satu tampilan seperti cek status pengiriman baik kiriman sendiri maupun orang lain (Search Air Waybill dan My Shipment)  dan pengecekan ongkos kirim (My Tariff)  yang ada di halaman “Home”  Aplikasi My JNE, sehingga mudah diakses dan digunakan. Cukup user friendly.

Jadi, selama kuota cukup dan jaringan tidak bermasalah, My JNE lancar digunakan.

…::: Tampilan (starstarstarstarstar)

Eye Catching!

Selain fitur yang mudah diakses dan tidak membingungkan pengguna, tampilan aplikasi My JNE juga menarik dengan warna-warni yang terang. Bahkan di fitur My COD Wallet, menu-menu seperti Transfer, Top Up, Cash Out, dan History menampilkan warna header yang berbeda-beda ketika digunakan, diawali dengan munculnya warna background yang berberda-beda pula secara sekilas.

Aplikasi My JNE - My COD
Aplikasi My JNE – My COD

…::: Search Air Waybill (starstarstarstarstar)

Kekinian.

Fitur yang berada di paling atas di halaman awal Aplikasi My JNE ini dapat digunakan untuk mengecek status pengiriman barang milik sendiri maupun milik orang lain. My JNE menyediakan dua cara yang bisa digunakan untuk mengecek status pengiriman.

Cara pertama, dengan  mengetikkan kode Air Waybill pada kolom yang tersedia lalu men-tap tombol “search”, maka muncullah data tracking detail yang menginformasikan data pengirim, tujuan, dan status pengiriman.

Selain cara manual tersebut, My JNE juga menyedikan cara yang lebih mudah dengan memanfaatkan kamera belakang  yang sudah pasti tersemat di setiap smartphone. Kamera tersebut dapat digunakan untuk memindai barcode yang terdapat di dokumen. Ketika posisi barcode sudah pas di kamera, maka sesaat kemudian, aplikasi akan memunculkan data tracking detail.

02 - cek status pengiriman
Aplikasi My JNE – Search Air Waybill

Menurut saya, cara kedua lebih praktis dan mengikuti perkembangan teknologi smartphone. Sementara cara pertama bisa digunakan jika seseorang tidak memegang langsung resi atau e-consingment note.

…::: My Shipment (starstarstar)

Up to date tapi lupa ingatan.

Fitur ini digunakan untuk mengcek data pengiriman yang dilakukan atau yang ditujukan kepada pengguna aplikasi melalui JNE. Mengapa bisa demikian? Sebab Aplikasi My JNE menghubungkan nomor telepon pengguna dengan seluruh paket yang kirim melalui JNE.

Ketika memilih fitur My Shipment, informasi yang dimunculkan adalah Tracking List yang terdiri dari tiga buah tab, yaitu Shipper, Consignee, dan Favourite.

Tab Shipper menginformasikan data paket yang pernah dikirim dengan JNE. Tab Consignee menginformasikan data paket yang dikirim dengan JNE yang ditujukan kepada pengguna. Sedangkan Tab Favourite menginformasikan data pengiriman yang dipilih sebagai favourite dengan cara men-tap tanda bintang di pojok kanan atas pada tampilan Tracking Detail.

Tampilan Tracking Detail dapat dimunculkan dengan men-tap salah satu data pengiriman.  Informasi yang ditampilkan di Tracking Detail  adalah nomor Air Waybill, identitas pengirim dan penerima, status, form untuk memberikan rating dan komentar, serta riwayat status pengiriman mulai  dari manifested (paket diterima kantor cabang JNE pengirim), received in destination (paket diterima kantor cabang JNE penerima), on process (paket dalam pengiriman ke alamat tujuan), dan delivered (paket diterima).

Dari pengalaman yang sudah saya tulis sebelumnya, status pengiriman di aplikasi sesuai dengan kondisi  di lapangan. Maksudnya, ketika saya mendapatkan keterangan di lapangan bahwa data paket sudah diterima, status di aplikasi menyatakan bahwa paket sudah terikirim. Bahkan saya sempat melihat kurir melakukan update data pengiriman dengan sebuah alat serupa smartphone atau memang smartphone yang digunakan untuk memindai barcode yang ada di resi pengiriman.

04 - aplikasi my jne - my shipment
Aplikasi My JNE – My Shipment

Yang jadi permasalahan di fitur ini adalah pemberian rating dan komentar. Rating sudah diatur dengan tiga bintang sebagai batas minimal. Karena ada pengiriman yang tepat waktu, saya berikan lima bintang dan komentar. Saya simpan. Muncul notifikasi bahwa rate dan komentar saya tersimpan dan kolom untuk memberikan rate dan komentar hilang.

Namun ketika saya kembali lagi ke Tracking Detail  yang sama, kolom untuk memberikan rate dan komentar muncul kembali seolah-olah belum ada rate dan komentar yang diberikan. Mungkin tim pengembang aplikasi perlu memperbaiki fitur ini agar tak agi lupa ingatan.

…::: My Tariff (starstarstarstarstar)

Lengkap.

05 - aplikasi my jne - cek tarif ongkos kirim
Aplikasi My JNE – Cek Tarif Ongkos Kirim)

Fitur ini digunakan untuk mengecek ongkos kirim JNE.  Di halaman awal Aplikasi My JNE, cukup ketik nama kota asal dan tujuan kemudian tap “CHECK TARIFF”. My JNE akan menampilkan data ongkos kirim mulai dari tarif OKE, REGULER, YES, dan SPSS. Untuk pengiriman dari Jakarta ke Jakarta, informasi juga ditambahkan dengan PELIKAN, @BOX3KG, @BOX5KG, POPBOX, JTR, JTR250, JTR<150,  dan JTR>250. Saya belum mengetahui istilah-istilah tersebut dengan pasti. Mungkin terkait dengan bentuk jasa lain yang disediakan oleh JNE seiring dengan peluncuran “7 Magnificent” bersamaan dengan peluncuran Aplikasi My JNE.

Selain mengcek tarif standar (paket 1 kg), penggunaan fitur ini juga bisa digunakan untuk menghitung biaya pengiriman untuk paket yang lebih dari 1 Kg dengan cara mengedit berat paket serta panjang, lebar, dan tinggi paket dalam satuan centimeter.

…::: My Location (starstarstar)

Si Joni Muncul Lalu menghilang.

06 - aplikasi my jne - JNE nearby my location
Aplikasi My JNE – JNE Nearby

Fitur ini sangat membantu untuk mengetahui lokasi gerai JNE terdekat. Untuk menggunakan fitur ini, GPS di smartphone harus diaktifkan. Resikonya, daya batare akan tersedot lebih besar.

Ketika saya menggunakan fitur ini, saya menemukan dua gerai JNE terdekat dari rumah. Sayangnya, ketika saya bergerak mendekati salah satu lokasi gerai, petunjuk di  mana saya berada tidak bergerak mendekat ke lokasi. Lokasi keberadaan saya di aplikasi baru berpindah (bukan bergerak) ke tempat setelah saya mengehntikan Aplikasi My JNE terlebih dahulu baru kemudian menjalankannya kembali.

Di saat saya sudah dekat dengan lokasi gerai yang saya tuju, saya kembali melihat fitur ini, dan mendapatkan bahwa Si Joni menghilang. Mungkinkah My JNE akan menghilangkan gambar Si Joni dari aplikasi jika pengguna sudah dekat dengan gerai JNE yang dituju?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya putusakan untuk meluncur ke lokasi gerai JNE lain.

Setelah berada tepat di depan gerai JNE, saya melihat kembali ke aplikasi My JNE dan tidak melihat gambar Si Joni yang sebelumnya muncul.

Saya menyimpulkan bahwa jawaban atas pertanyaan saya di atas adalah “mungkin”.

Apa sebabnya? Hanya tim pengembang aplikasi yang mengetahuinya.

Demikian review saya mengenai Aplikasi My JNE dan beberapa fitur di dalamnya.

Tulisan Ini Dikutsertakan dalam Giveaway Review Aplikasi My JNE


Tulisan Terkait Lainnya :

9 thoughts on “Review Aplikasi My JNE

  1. TPA Al-Muhtadin Maret 31, 2016 / 14:00

    Dengan fitur tersebut maka ngirim barang melalui JNE jadi lebih enak ya, Bang🙂

    • jampang Maret 31, 2016 / 14:02

      kurang lebih, begitu mas/mbak😀

    • jampang Maret 31, 2016 / 14:52

      maksimal 4, mbak😀
      iya ini baru dua. ada satu lagi seh yang mungkin bisa dibuat lagi

      • ayanapunya Maret 31, 2016 / 14:59

        Jiaahh.. Banyak banget dong ide tulisannya😀

      • jampang Maret 31, 2016 / 15:00

        ya cuma belum tahu apa bisa dieksekusi atau nggak

  2. Grace Melia April 8, 2016 / 20:31

    Bagian terakhir tentunya jadi masukan baik untuk JNE. Makasih atas partisipasi nya ya, Mas.

    • jampang April 9, 2016 / 03:57

      Semoga, mbak. Sama-sama

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s