Seleksi Teman Ngeblog

sumber : https://roelworks.wordpress.com/

Ada sebuah ungkapan yang kurang lebih berbunyi, “memiliki seribu orang teman masih terasa kurang, tetapi memiliki satu orang musuh terasa sudah terlalu banyak.” Seiring perjalanan waktu, kehadiran teman atau sahabat yang mengisi ruang di hati kita akan bertambah. Memang, adakalanya di kemudian hari fisik tak lagi selalu bisa berjumpa, namun kenangan atau cerita kebersamaan dengan mereka akan selalu tetap terkenang.

Pertemanan di dunia maya, khususnya di blog, saya pikir tak jauh berbeda dengan pertemanan di dunia nyata. Jumlah teman akan bertambah jika aktifitas blog walking dilakukan. Diawali dengan saling berkunjung, lalu meninggalkan jejak berupa komentar, bertukar nomor telepon, hingga kemudian berjumpa di dunia nyata alias kopdar.

Beberapa tahun yang lalu, saya mengalami tahapan-tahapan tersebut ketika saya ngeblog di Multiply. Pertemanan yang semula hanya di blog kemudian berlanjut dengan kopdar. Suasana pertemanan dan kekeluargaan di Multiply terasa sangat erat. Sayangnya, Multiply yang menjadi “wadah pertemuan” para MPers (sebutan pengguna Multiply) bangkrut sehingga harus ditutup.

Para MPers yang belum bisa move on akhirnya tak lagi aktif di blog dan memiliki media sosial sebagai wadah untuk curhat atau menulis. Sementara yang masih memiliki keinginan untuk menulis di blog memilih wadah yang berbeda-beda. Ada yang memilih wordpress seperti saya, blogspot, atau bahkan memiliki domain sendiri.

Perbedaan platform yang digunakan, memberikan pengaruh terhadap pertemanan di blog. Saling kunjung-mengunjungi dan berkomentar tak lagi sama seperti ketika masih menggunakan Multiply. Ikatan pertemanan pun menjadi agak longgar.

Namun demikian, ada pula yang tetap saling berkunjung dan berkomentar di blog dan bahkan komunikasi yang terjadi tak hanya sebatas komentar di blog. Media chat yang ada saat ini bisa dimanfaatkan untuk bertegur sapa, ngobrol, ataupun berbagi informasi.

Lantas, siapakah teman ngeblog saya saat ini yang masih berinteraksi di blog dan juga media chat?

Untuk itu, saya akan melakukan seleksi teman ngeblog dengan memperhatikan berbagai situasi dan kondisi yang terjadi di dunia blog dengan kriteria saling follow, saling berkomentar, dan  masih terjalinnya komunikasi dengan media selain blog.

Saya mulai seleksi ini dengan memperhatikan jumlah yang mengikuti blog ini yang tampilannya terlihat di salah satu widget yang terpasang di sisi kanan blog ini. Jumlah total per hari ini adalah 1.971 orang.

Apakah jumlah orang yang mem-follow blog ini benar-benar sejumlah angka tersebut? Nyatanya tidak. Angka tersebut adalah akumulasi dari ID yang mengikuti blog ini ditambah dengan yang menjadi teman saya di facebook dan mem-follow saya di twitter. Ternyata yang benar-benar mengikuti blog ini hanya berjumlah 470 orang.

Dari 470 orang tersebut, sebagian besar mungkin adalah silent reader. Ada pula yang berkomentar sesekali saja atau hanya memberikan like saja di artikel yang saya publikasikan di blog. Dengan demikian, maka blogger yang saling mengikuti dan saling berkomentar dengan saya, jumlahnya semakin berkurang.

Lalu jika saya tambahkan satu kriteria lagi, yaitu belogger yang berkomunikasi dan berbagi informasi dengan media chat, jumlahnya menjadi mengerucut menjadi satu orang, yaitu Antung Apriana.

Saya dan Mbak Yana sudah saling follow blog dan berkomentar di blog sejak di Multiply. Ketika Multiply ditutup, sebagian MPers memilih platform wordpress. Termasuk saya dan Mbak Yana. Saling follow dan berkomentar pun berlajut di wordpress.

Belakangan ini, kami jarang saling berkomentar di blog. Namun kami sering berbagi informasi lomba blog melalui Whatsapp. Jika di antara kami ada yang mendapat informasi lebih dahulu, maka saya atau Mbak Yana akan memberikan link lomba tersebut melalui Whatsapp.

Lalu hening.

😀

Ya, komunikasi di Whatsapp memang sekedar berbagi info saja. Mungkin akan berlanjut jika ada pengumuman lomba.

Karena saling tukar informasi tersebut, makanya jangan heran jika Anda yang rutin mengunjungi blog saya ini, akhir-akhir ini sering membaca tulisan yang saya ikutkan untuk lomba blog atau giveaway. Termasuk tulisan ini yang saya ikutkan untuk sebuah giveaway yang infonya hasil saling tukar informasi dengan Mbak Yana.

Lantas siapakah Antung Apriana?

Saya belum pernah bertemu langsung dengan Mbak Yana. Mbak Yana tinggal di salah satu kota di Pulau Borneo. Banjarmasin tepatnya. Mbak Yana sudah menikah dan bekerja di perusahaan air minum milik pemerintah daerah.

Saya hanya pernah melihat penampakkanya melalui foto yang diunggah di blog atau akun facebooknya. Beberapa hari yang lalu, sebenarnya ada kesempatan untuk bertemu ketika Mbak Yana dan suami datang ke Jakarta. Sayangnya, kunjungan Mbak Yana dan suami di Jakarta sangat singkat sehingga kopdar pun tidak sempat.

Terus terang, Mbak Yana termasuk blogger yang sering bikin saya iri. Pasalnya, Mbak Yana sering memposting cerita pendek karyanya yang berhasil dimuat di media cetak. Entah sudah berapa banyak jumlahnya. Beberapa review buku yang dibuatnya pun pernah juga nongol di media cetak. Namun rasa iri tersebut tetap menjadi rasa iri. Sebab bagaimanapun juga, saya tidak mahir dalam membuat cerita pendek ataupun review buku. Bagaimana mungkin saya membuat review buku, membaca saja saya sulit malas.

Tulisan-tulisan Mbak Yana bisa dibaca di blognya dengan alamat http://ayanapunya.wordpress.com/. Isinya blognya campur-campur, mulai fiksi mupun non fiksi berupa catatan keseharian Mbak Yana. Di antara tulisan fiksi yang ada di blog tersebut, yang menarik bagi saya adalah cerita tentang Selina Gadis Pengintai yang mengisahkan seorang gadis yang memiliki kemampuan untuk menghilang sehingga memudahkan dirinya untuk melakukan pengintaian sesuai dengan permintaan kliennya.

Sudah cukup banyak episode cerita Selina. Ada keinginan Mbak Yana untuk melanjutkan cerita Selina dan menjadikannya sebuah novel. Mudah-mudahan saja keinginan tersebut bisa terlaksana. Kita tunggu saja kabar baiknya.😀

Selain blog di atas, Mbak Yana juga memiliki blog lain yang isinya khusus tentang review dengan alamat https://ayanareview.wordpress.com/. Belakangan, Mbak Yana banyak membuat review film India. Dari sanalah saya mendapat informasi tentang film India yang bagus. Setelah membaca beberapa reviewnya, saya pun tergoda untuk mencari film yang direview dan menontonnya. Dan ternyata memang benar-benar bagus. Sepertinya tak salah jika saya menjadikan review Mbak Yana sebagai patokan untuk menonton film-film India yang keren.😀


Tulisan Terkait Lainnya :

70 thoughts on “Seleksi Teman Ngeblog

  1. ayanapunya Maret 7, 2016 / 14:35

    Hihi makasih udah masukin nama saya sebagai teman ngeblog, mas rifki. Ironisnya saya malah kadang nggak ikutan lomba yang saya infokan itu😀

    • jampang Maret 7, 2016 / 15:08

      ya gpp, mbak. kan ngurangin saingan
      #eh😀

      • ayanapunya Maret 7, 2016 / 15:16

        Jiaahh. Begitu ternyata😀

      • jampang Maret 7, 2016 / 16:29

        ya… berusaha melihat yang positif di antara yang negatif *halah*

  2. titintitan Maret 7, 2016 / 15:02

    skrang hampir gda temen ngeblog yg jd temen chat g ky waktu MP😀.
    temennya pun udah genti. hampir semua yg temen awal ngeblog di WP yg ini udh g aktif lagi

    • jampang Maret 7, 2016 / 15:07

      kalau di MP dulu ada fasilitas chatnya yah…. lebih asyik😀

      saya pengecualian donk mbak… kan saya masih aktif😛

      • titintitan Maret 7, 2016 / 15:21

        kan itu temen MP, blog WP ini dibikin sblm MP an ahaha.. udh pd sibuk2 orgnya.

        iyaaah, susah move on dr MP😀

      • jampang Maret 7, 2016 / 16:28

        oooo…. sepertinya saya buka WP sebelum MP bener2 bubar. cuma nggak pernah diisi ketika masih di MP

  3. Emaknya Benjamin br. Silaen Maret 7, 2016 / 15:02

    “Musuh” apa bisa diartikan sbg haters bang? heheh klo ada 1 komen gak enak diantara 100 komen baik lainnya bikin bad mood berhari-hari😆 .

    Yg follow blog saya banyak juga bahasa yg tidak saya pahami, klo bhs inggris masih bisa di like toh ngerti isi postingan mereka. Lagi dilema mau unfollow blog yg saya tidak pernah baca, tp ko gak enak hati hehe, klo ada yg follow saya follow balik tp klo gak ada komunikasi ya buat apa juga kan😆 .

    • jampang Maret 7, 2016 / 15:06

      bisa jadi yang begitu bikin badmood. ya kalau mau hilang, mungkin langsung dihapus aja komentarnya, mbak😀

      kata orang bijak seh kalau kondisinya begitu ya jangan fokus sama yg satu itu, fokus sama yang 99. kan lebih banyak tuh. biar adem.

      iya mbak. saya pernah unfollow kalau nggak ada interaksi sama sekali. setidaknya di reader bisa fokus sama yang aktif komunikasi😀

  4. zilko Maret 7, 2016 / 15:36

    Waaah, followers-nya banyaak! *lost focus😛 *.

  5. rayamakyus Maret 7, 2016 / 15:51

    film india jeeeez… jeeeez.. jeeeeez😀

      • rayamakyus Maret 7, 2016 / 15:59

        bangeeeeet mas,hehehehe

      • jampang Maret 7, 2016 / 16:27

        silahkan ke TKP untuk informasi film india yang keren

  6. anazkia Maret 7, 2016 / 16:25

    Saya lagi jenuh ngebloggggg😀

    Mampir ke sini, mengobati jenuh. Jarang banget buka WP sejak uninstall dari hape
    Semoga persahabatannya kekal..

    • jampang Maret 7, 2016 / 16:26

      semoga jenuhnya terobati, mbak😀

      kenapa diunistall? install ulang aja😀

      • anazkia Maret 7, 2016 / 16:27

        Waktu itu entah kenapa, ada notifikasi tapi nggak bisa dibuka. Jadi sayanya males -_-

      • jampang Maret 7, 2016 / 16:29

        saya juga pernah ngalamin. malahan nggak bisa login. ternyata setelah ganti HP baru bisa😀

  7. boemisayekti Maret 7, 2016 / 19:05

    waahhh… hanya satu yg dimasukin ya…. hehehe, nama Yana!

    kalau saya sejak pindah dari MP belum merasakan kedekatan lagi di wp,,, teman ngempi seperti Laras jarang ngeblog sekarang. mungkin memang hanya Yana dan mas rifki ya yang masih nongol dari MP…. 🙂

    sukses ya GAnya! 🙂

    • jampang Maret 7, 2016 / 20:47

      Suasana aplikasinya juga sudah beda seh…. Jd ya tambah susah buat dapatin suasana seperti di MP dulu.

      Terima kasih, mbak

      • museliem Maret 12, 2016 / 03:31

        Hooh.. beneran mas… sibuk ngerjain, klo longgar dikit jalan… qeqe

      • jampang Maret 12, 2016 / 07:53

        Sukses selalu, muse

  8. museliem Maret 7, 2016 / 19:28

    Aku dong pernah ketemu sama Yana di Jakarta dan Banjarmasin.. Wkwkwkwkwk.. Diajakin makan jagung sama soto banjar haji amat…

    Tapi klo di WP malah jarang saling sapa… qeqe

      • jampang Maret 7, 2016 / 20:49

        Udah sibuk belajar kali Muse atau sibui jalan-jalan😀

    • jampang Maret 7, 2016 / 20:48

      Iya deh…. Pamer…😛
      😀

    • jampang Maret 7, 2016 / 21:05

      Ya tetep ada, mbak. Yg saling kunjung dan komentar lumayan banyak. Tp yg sering tukan inforl lomba baru satu nih😀

  9. monda Maret 7, 2016 / 22:05

    belum kenalan sama mbak Yana nih ., salam kenal ya..

    • jampang Maret 8, 2016 / 22:23

      semoga selanjutnya bisa saling kunjung😀

  10. Dyah Sujiati Maret 8, 2016 / 09:15

    Wah ternyata! Folower q sampe saat ini 482. Zihaaa *pamer* 🙈
    Padahal sy dah hampir ga pernah blogging sejak 2013 lalu. Terus gak sempet bales yg komen di blog juga 🙊
    Duh sy jadi merasa bersalah 😓

    • jampang Maret 8, 2016 / 22:22

      wah… lebih banyak ternyata followernya yah
      😀
      jangan-jangan itu yang bikin banyak yang follow😛

      • Dyah Sujiati Maret 9, 2016 / 05:07

        ‘Itu’ maksudnya apa?😀

      • jampang Maret 9, 2016 / 05:12

        Itu : Maksudnya yg nggak balas komentar di blog

      • Dyah Sujiati Maret 9, 2016 / 05:09

        Tapi ga tau juga. Sekarang folower banyak tapi nanti karena ‘itu’ bisa2 jadi stag. Apalagi saya sudah jarang (baca: malas) nulis. Wakakak

      • jampang Maret 9, 2016 / 05:11

        Tapi baru aja ngupdate blog, kan?

      • Dyah Sujiati Maret 9, 2016 / 05:21

        Ya. Tapi lihat deh Pak jumlah postingan sy per bulan. Komparasi tiap tahun mulai dari 2012. Tiap bulan makin minim tulisan.😐
        Makin ga setia menulis😦

      • jampang Maret 9, 2016 / 05:30

        Ya gpp menulis…. Yg penting setia sama suami😛

      • Dyah Sujiati Maret 9, 2016 / 05:31

        Setia sama suaminya siapa?

      • jampang Maret 9, 2016 / 09:23

        Sama suami mbak nantinya lah…. Kalau sekarang ya setia sama calon suami yang akan dipertemukan nantinya😀

      • Dyah Sujiati Maret 9, 2016 / 09:24

        Masih gelap. Jadi gimana mau setia?

      • jampang Maret 9, 2016 / 09:26

        Setia dengan menjaga hati dan diri sehingga hati dan diri masih suci saat Allah mempertemukan. Begitu kali yah😀

      • jampang Maret 9, 2016 / 09:30

        Sebagai lelaki… Saya pasti lebih senang jika mendapatkan jodoh seorang perempuan yg kemudian menjadi iatri saya… yang belum pernah jatuh hati atau menjalin hubungan dengan lelaki lain sebelum saya mengenalnya.

        Alhamdulillah…. Saya sudah mendapatkannya😀

      • jampang Maret 9, 2016 / 09:37

        Dan sebagai perempuan… Begitu juga, kan?

        Hmmm… Sepertinya dr balas komen di sini saya jadi dapat ide sebuah tulisan. Terima kasih, mbak.

      • jampang Maret 9, 2016 / 09:44

        Itu emoticon apa seh?

      • jampang Maret 9, 2016 / 09:58

        Oh…. Jadi saya disinisin?😀

  11. Monika Maret 8, 2016 / 14:05

    Bagus nih mas.. nggak nyangka ujung2nya ikutan GA hehe.. sy jangan di-remove yak😀

    • jampang Maret 8, 2016 / 22:20

      terima kasih, mbak
      😀

  12. rizzaumami Maret 8, 2016 / 22:36

    Yeap, bener, terutama yang ikatan emosional. Saya ngerasa ada sosok wajah di kepala setiap kali lihat blog tertentu, aneh, memang, belum pernah ketemu tapi, oh ini si anu, ini si itu. Serasa bener-bener berteman. Tapi ini boleh disebut pertemanan kan?🙂

    • jampang Maret 8, 2016 / 22:57

      Saya pikir bisa. Pertemanan banyak bentuknya. Salah satunya ya pertemanan di blog

  13. Hastira Maret 9, 2016 / 05:12

    wah , asyik juga ya, selama ini aku mah senang berteman dengan teman dunia maya adalah teman yang mau saling bicara lewat tulisan saja.

    • jampang Maret 9, 2016 / 09:24

      Saya juga gitu, mbak😀

    • jampang Maret 10, 2016 / 13:03

      yang suka ngerepotin😀

  14. Dini Febia Maret 13, 2016 / 20:40

    Banyak sekali ada 470. Punya saya tidak sampai segitu. #ehketahuan😀

    • jampang Maret 13, 2016 / 23:17

      nanti juga bisa nambah. blogger lain juga ada yg jauh lebih banyak followernya.
      yang penting rajin saling berkujung😀

      • Dini Febia Maret 14, 2016 / 07:23

        aamiin.😀

  15. Irly Maret 24, 2016 / 08:32

    Perasaan saya udah ninggalin komentar disini.. Ilang ditelan jaringan nih kayaknya *malah jawab sendiri*

    Setelah MP bubar untungnya Mas Jampang masih semangat nulis ya.. Seniorlah poko’e Mas Jampang ini..

    Terima kasih sudah ikut GA ini ^^

    • jampang Maret 24, 2016 / 08:44

      di sini juga jaringannya lagi kurang bersahabat, mbak😀

      senior itu kata lain dari tua, yah😀

      sama-sama, mbak

  16. diah Maret 24, 2016 / 11:51

    MPers yah Mas?? Saya jg dulu sempat nulis2 di MP, emang seruuu yah jd MPers itu, rameee.. tapi sayang yahh gulung tikar.

    Semoga persahabatannya dgn Mbak Yana terus terjalin dgn baik wlo blm sempat kopdar🙂

    • jampang Maret 24, 2016 / 13:30

      iya mbak. ada fitur buat chatnya juga.

      aamiin

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s