Sekadar Mengubah Suasana

tema academica

Jika penghuni rumah merasa bosan dengan suatu barang atau susunan barang di rumahnya, di kamarnya, atau di ruang tamunya, maka penghuni rumah tersebut akan menyingkirkan barang tersebut atau mengubah susunan barang-barang tersebut agar bisa mendapatkan suasana baru. Seperti itulah yang saya lakukan. Sayangnya bukan rumah dalam kehidupan nyata, tetapi hanya rumah di dunia maya. Blog ini. Itu pun hanya beberapa bagian saja. Saya masih menggunakan tema blog Academica, sebab saya belum menemukan tema blog lain yang sesuai dengan kondisi postingan saya saat ini. Mungkin lain kali.

Beberapa widget yang sebelumnya saya pasang di sisi kiri dan kanan, saya hilangkan. Harapan saya semoga saja kinerja browser ketika membuka halaman blog ini menjadu tidak terlalu berat.

Tampilan home juga saya ubah. Jika sebelumnya, untuk menambahkan setiap judul baru coretan dilakukan secara manual, kini sudah bisa secara otomatis. Tentunya dengan catatan bahwa saya sudah menentukan kategory yang tepat untuk setiap coretan baru yang dipublikasikan. Caranya adalah dengan menggunakan display post shortcode di bawah ini pada halaman yang dijadikan sebagai tampilan home dari blog. Hilangkan spasi setelah tanda “[” dan sebelum “]”.

[ display-posts category=”jejak-cerita” ]

Display post shortcode di atas digunakan untuk menampilkan 10 tulisan terakhir dengan kategori “jejak-cerita”. Tentunya display post shortcode tersebut bisa dimodifikasi dengan kategori lain dan bisa juga digunakan beberapa kali di dalam satu halaman. Silahkan cek halaman home dari blog ini.

Selanjutnya saya mengubah, menambah, dan mengurangi beberapa kategori tulisan. Baik kategori utama ataupun subkategori. Alhasil saya harus kerja bakti untukl melakukan beberapa perubahan kategori tulisan yang saya buat dikarenakan perubahan tersebut dan juga karena kebanyakan hasil import dari MP tidak menyertakan kategori dan tag.

Saya juga menambahkan banyak page atau halaman yang berfungsi untuk sitemap blog ini. Satu halaman saya gunakan untuk menampilkan postingan saya berdasarkan satu kategori. Halaman-halaman tersebutlah yang kemudian saya gunakan untuk membuat dropdown menu seperti yang terdapat di bagian atas header.

Untuk membuat satu halaman bisa memuat seluruh postingan dengan satu kategori tertentu, kembali saya menggunakan display post shortcode yang sedikit berbeda dengan yang di atas, yaitu seperti di bawah ini. Jangan lupa untuk menghilangkan spasi setelah tanda “[” dan sebelum “]”.

[ display-posts category=”celoteh-syaikhan” posts_per_page=”-1″ include_date=”true” ]

Display post shortcode di atas berfungsi untuk menampilkan seluruh tulisan dengan kategori “Celoteh Syaikhan”. Penulisan kategori yang lebih dari satu kata harus disisipikan tanda “-” di masing-masing kata. Hasilnya bisa dilihat jika anda mengklik salah satu sub menu dari dropdown menu di atas.

Selamat mencoba!


Tutorial Lainnya :

38 thoughts on “Sekadar Mengubah Suasana

  1. nurme Desember 3, 2013 / 20:12

    Sistem kerjanya mirip-mirip di MP dulu ya ternyata. Cuma kadang agak ribet kalau hujan, koneksi lup lep.

    Musti mau ngulik ya kayaknya.. Iya nih agak ringan bukanya

    • jampang Desember 4, 2013 / 03:23

      sebenarnya lebih banyak bedanya daripada miripnya sama MP.

      syukurlah kalau memang lebih ringan

  2. ayanapunya Desember 3, 2013 / 20:50

    gimana caranya biar notif saya bisa muncul lagi di laptop? πŸ˜€

    • jampang Desember 3, 2013 / 21:01

      Coba ganti browsernya kali πŸ˜€

      • ayanapunya Desember 3, 2013 / 21:08

        Haha. Ntar deh dicoba πŸ˜€

      • jampang Desember 4, 2013 / 03:24

        selamat mencoba πŸ˜€

        kemarin saya malah nggak bisa buka WP dari laptop, buka web lain bisa. terus buka di hap juga bisa.

        aneh

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 03:39

        Udah dicoba. Pakai chrome bisa muncul notifnya πŸ™‚

      • jampang Desember 4, 2013 / 03:46

        Syukurlah. Firefox saya malah nggak bisa buka WP di laptop. Kenapa yah?

        πŸ˜€

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 04:20

        Wah. Kurang tahu, mas. Mgkn firefox nya memang lagi bermasalah. Coba diupadte gimana?

      • jampang Desember 4, 2013 / 04:39

        dari kemaren kalau pake USB tethering nggak bisa buka WP. tapi FB dan lainnya bisa. cuma barusan nyoba lewat mobile AP dan koneksi via WIFI bisa πŸ˜€

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 05:09

        Berarti wp nya yang makin berat dibuka. Hehe

      • jampang Desember 4, 2013 / 05:24

        semua blog WP nggak bisa dibuka. bukan WP saya aja

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 05:34

        Sampai sekarang masih nggak bisaa?

      • jampang Desember 4, 2013 / 05:37

        bisa. cuma pakai setting Mobil AP bukan USB tethering

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 05:48

        Itu bukanya di laptop apa ponsel?

      • jampang Desember 4, 2013 / 05:49

        di laptop. kalau di ponsel sih bisa

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 05:53

        Mksd saya yang mode AP tadi buka di ponsel? Saya malah berat kalau buka wp di browser hape

      • jampang Desember 4, 2013 / 05:55

        HP saya jadiin hotspot. WIFI di laptop saya aktifin. koneksi nyambung, buka dari laptop.

        kalau cuma buka dan baca via browser, lumayan cepet di HP

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 06:45

        Ooo. Ternyata bisa juga ya dijadiin hotspot? Coba ah

      • jampang Desember 4, 2013 / 07:45

        bisa. kan ada dua pilihan. tetheting pake USB atau jadiin hotspot

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 10:33

        Saya tadi nyoba tapi diminta security key. Dapatnya di mana ya?

      • jampang Desember 4, 2013 / 10:37

        itu ada pilihan saat mau mengaktifkan hotspotnya. di HPnya disetting ada password atau nggak. di situ security keynya

      • ayanapunya Desember 4, 2013 / 11:03

        Ooo ntar coba lagi deh πŸ™‚

      • jampang Desember 4, 2013 / 11:11

        ok

      • jampang Desember 4, 2013 / 03:25

        sippppp lah

    • jampang Desember 4, 2013 / 03:24

      silahkan dicoba πŸ˜€

    • jampang Desember 4, 2013 / 03:25

      πŸ˜€
      tumpengannya virtual aja

  3. lazione budy Desember 4, 2013 / 02:53

    kalau saya orangnya nerima thema apa yg ada aja.
    yg penting nyaman.

    πŸ˜€

    • jampang Desember 4, 2013 / 03:26

      kali ini saya nggak ngubah thema sih. tapi kadang sering suka ngutak-ngatik tampilan blog πŸ˜€

  4. danirachmat Desember 4, 2013 / 08:53

    Mantabh Mas, lain kali saya coba. πŸ˜€

    • jampang Desember 4, 2013 / 09:05

      silahkan. semoga bermanfaat πŸ˜€

  5. Lupa Nama Desember 4, 2013 / 17:51

    nicepost mass . . .
    salam kenall . . .

    • jampang Desember 4, 2013 / 18:00

      terima kasih. salam kenal juga

Tinggalkan jejak anda di sini....

