Agustusan

agustusan

Judul tulisan ini saya ambil dari nama file foto yabg saya jadikan ilustrasi di atas. File foto terrsebut saya temukan di salah satu folder di laptop saya. Entah penamaan file tersebut pas atau tidak dengan momen yang tertangkap di dalam foto tersebut. Saya tidak bisa memastikan. Sebab kejadiannya sudah cukup lama. Mungkin tahun-tahun pertama saya mulai bekerja. BTW, ada yang mengenali saya yang mana?

Mengenai Agustusan, biasanya terkait dengan dua hal, upacara bendera dan aneka lomba. Adalah mengena kenangan mengenai dua hal tersebut di masa lalu yang akan saya ceritakan dalam coretan kali ini.

Upacara Bendera

Saya mengenyam pendidikan di madrasah ibtidaiyah dan tsanawiyahΒ  yang berada di bawah naungan sebuah yayasan pendidikan. Demikian juga dengan Minyu. Kami satu almamater hanya beda angkatan.

Selain dua jenjang pendidikan di atas, yayasan pendidikan tersebut menaungi juga kegiatan pendidikan madrasah aliyah.

Setiap tahunnya, setiap tanggal 17 Agustus, yayasan selalu melaksanakan upacara bendera gabungan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diikuti oleh seluruh para siswa ibtidaiyah (kelas lima dan enam), siswa tsanawiyah, siswa aliyah, dan para guru. Tempat pelaksanaannya di sebuah lapangan sepak bola.

Menurut cerita Minyu, ketika di Ibtidaiyah (sekolah dasar), Minyu dan teman-teman berkumpul terlebih dahulu di sekolah untuk kemudian berangkat bersama para guru ke tempat upacara dengan berjalan kaki. Sepertinya saya mengalami juga, namun saya lupa :D. Sementara bagi siswa tsanawiyah dan aliyah langsung berangkat sendiri-sendiri ke tempat upacara.

Jika tidak salah ingat, saya selalu mengikuti pelaksanaan upacara tersebutΒ  setiap kali diminta sekolah. Biasanya, selalu saja ada siswa yang pingsan ketika mengikuti upacara tersebut. Alhamdulillah, saya tidak mengalaminya. Minyu juga demikian.

Aneka Lomba

Yang masih ada dalan ingatan, lomba Agustusan yang pernah saya ikuti yang diadakan di lingkungan tempat saya tinggal semasa kecil adalah membawa kelereng dengan sendok, cerdas cermat,Β  dan sepeda hias. Sepertinya, ketiganya bukan di tahun yang sama.

Untuk lomba kelereng,ternyata banyak pesertanya sehingga harus diadakan beberapa kali putaran. Di putaran pertama saya berhasil mengalahkan peserta yang lain. Lalu saya berpikir saya akan dipanggil lagi untuk putaran selanjutnya. Namun nama saya tidak dipanggil. Memang belum waktunya dipanggil. Saya tidak tahu jika peraturannya harus demikian. Saya kesal dan langsung pulang πŸ˜€

Untuk lomba cerdas cermat, saya dan dua orang teman bisa meraih juara kedua. Hadiahnya, jika tidak salah ingat berupa buku tulis.

Untuk lomba sepeda hias, saya juga tidak menang. Sebab hiasan sepeda saya hanya alakadarnya. Sementara peserta lain ada yang menghias sepeda mereka menyerupai pesawat terbang, perahu, dan sebagainya.

Sepeda hias yang saya miliki juga dihias dengan kertas yang berbeda dengan sepeda lainnya. Jika sepeda lain dihias dengan kerta krep warna-warni, yaitu kertas yang biasa digunakan untuk menghias atau dekorasi ruangan, maka sepeda saya dihias dengan kertas minyak, yaitu kertas yang digunakan untuk membuat layang-layang πŸ˜€

Bagaimana dengan pengalaman Agustusan rekan-rekan?



Tulisan Terkait Lainnya :

19 respons untuk β€˜Agustusan’

  1. dyazafryan Agustus 17, 2014 / 12:37

    di tempatnya om, ada lomba apa aja? ikutan g?

    • jampang Agustus 18, 2014 / 07:25

      lumayan banyak dan lomba pada umumnya, kelereng, kerupuk, gigit koin, sepeda hias, dan beberapa lainnya. saya nggak ikutan. niatnya mau ikutan ping pong eh koq udah final aja semalam πŸ˜€

      • dyazafryan Agustus 18, 2014 / 11:16

        hahahhaa.. ikutan waktu final bisa om?
        *di getok,,
        ikutan nonton aja om πŸ˜€

      • jampang Agustus 18, 2014 / 11:58

        malam. mending di kamar aja, tidur πŸ˜€

      • dyazafryan Agustus 18, 2014 / 12:08

        hahaha.. bener juga… πŸ˜€
        duh..duh πŸ˜€

  2. eksak Agustus 17, 2014 / 12:45

    .sekarang di tempat gue sepi, Bang! Gak rame kayak dulu … ;(

    • jampang Agustus 18, 2014 / 07:25

      di tempat ane masih lumayan, meski nggak semeriah dulu. nggak ada panjat pinang

  3. ayanapunya Agustus 17, 2014 / 16:37

    Wih mas rifki kok terlihat keren yak di situ? πŸ˜€

    • jampang Agustus 18, 2014 / 07:26

      yakin nggak salah lihat? πŸ˜›
      jadi sekarang enggak terlihat keren gitu? πŸ˜€

      • ayanapunya Agustus 18, 2014 / 08:04

        yang berdiri nomor 3 dari kanan kan?
        sekarang terlihat keren di mata mba Minyu πŸ˜›

      • jampang Agustus 18, 2014 / 08:06

        πŸ˜€
        bisa aja ngelesnya

  4. ysalma Agustus 17, 2014 / 19:41

    di fotonya masih imut-imut *3 dari kanan-berdiri dr bpk gendong anak berkacamata*
    saya 17 Agustusan kayaknya upacara aja, cuma yang paling diingat menaikkan bendera di rumah ortu dan menurunkannya *dulu masih ditaati, bendera tak boleh bermalam ditiang bendera*.

    • jampang Agustus 18, 2014 / 07:26

      πŸ˜€
      tapi sekarang nggak jadi amit-amit koq, uni

  5. Ina Agustus 18, 2014 / 08:49

    aaampyuun masih ingat aja kenangan masa kecil.
    klo aku keingat lomba voli kampung. aku malu pol gara2 meleset terus ga bisa nangkap bola.

    • jampang Agustus 18, 2014 / 08:58

      lho…. voli koq ditangkap, mbak? bukannya dipukul?

      • Ina Agustus 18, 2014 / 10:27

        iya maksudnya gituuuu. nangkap untuk dilemparkan. hayoo yg bener dipukul apa dilempar? dioper gtulah

      • jampang Agustus 18, 2014 / 11:58

        ya gitulah maksudnya πŸ˜€

  6. pinkvnie Agustus 18, 2014 / 12:50

    agustusan saya tahun ini hanya menonton upacara di Istana negara di televisi

    • jampang Agustus 18, 2014 / 13:38

      saya tidur2an aja di kamar πŸ˜€

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s