Jangan Menyimpan Terlalu Lama

tempat-sampah

Mungkin saya terlalu lelah dan  mengantuk sehingga tidak menyadari apa yang terjadi pada kamis malam di rumah sakit.

Selepas shubuh, Minyu bercerita bahwa dede bayi terbangun di tengah malam. Menangis. Tak mau berhenti. Meski sudah disusui. Hingga kemudian suster datang untuk mengecek. Ternyata, produksi ASI Minyu sangat banyak dan belum sempat diberikan kepada dede bayi. Akibatnya terjadi pembengkakan sehingga ASI sulit keluar dan dede bayi tidak bisa langsung menghisap hingga akhirnya menangis.

Tindakan pemerasan pun harus dilakukan untuk megeluarkan ASI yang sudah dihasilkan untuk mengurangi pembengkakan dan mempertahankan kelancaran produksi ASI. Agar kejadian tersebut tidak terulang lagi,  suster menyarankan agar kami memiliki botol untuk menyimpan ASI di saat produksinya banyak dan tidak bisa diberikan kepada dede bayi saat itu juga.

Pagi harinya, saya membeli tiga botol penampung ASI dan juga manual breast pump untuk berjaga-jaga.

*****

Ketika membeli sebuah produk, entah itu berupa makanan, kosmetik, dan lain sebagainya, umumnya akan tertera tanggal kadaluarsa di kemasannya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa produk tersebut jangan disimpan terlalu lama dan harus digunakan sebelum tanggal yang ditentukan. Jika tetap digunakan setelah melewati tanggal yang ditentukan, pastinya akan menimbulkan bahaya.

*****

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mendapatkan hasil nguping di toilet yang cukup berharga dan bermanfaat, khususnya bagi kesehatan seseorang baik jasmani maupun rohani. Jangan memendam pikiran atau permasalahan terlalu lama. Mungkin itu adalah inti dari hasil nguping yang saya dapatkan saat itu.

Melalui kalimat yang diucapkan oleh salah seorang yang bicara di toilet tersebut, dirinya mengakui sering memendam pikiran atau permasalahan yang semula dianggap ringan dan tidak penting. Namun di belakang hari kemudian, dirinya mulai merasakan kesehatannya terganggu. Ada penyakit yang menyerangnya.

Pikiran atau permasalahan bukanlah untuk dipendam. Namun untuk dikeluarkan dan diselesaikan.

*****

Bagaimana dengan harta dan kekayaan. Apakah seseorang boleh menyimpan harta dan kekayaan yang berlimpah? Selama cara memperolehnya adalah sah dan halal, maka tak ada larangan bagi seseorang untuk menyimpannya baik dalam berbagai bentuk harta seperti rumah, mobil, deposito, tabungan, atau uang tunai, dan sebagainya.

Namun, bagi setiap muslim, ketika jumlah harta yang disimpan tersebut berupa golongan jenis tertentu, dalam jumlah tertentu, dan dalam jangka tertentu, maka harus ada sebagian dari harta tersebut yang harus dikeluarkan dalam bentuk zakat.

Emas, perak, uang, hewan ternak, hasil pertanian atau perkebunan, dan barang perniagaan, merupakan contoh harta yang wajib dizakati jika jumlahnya telah melebihi nishab (jumlah minimal harta yang sudah wwajib untuk ddibayarkan zakatnya) dan haul (jangka waktu kepemilikannya telah mencapai satu tahun kecuali hasil pertanian atau perkebunan yang waib dizakatkan setiap kali panen) maka si pemiliknya harus membayar zakatnya dengan jumlah yang telah disesuaikan berdasarkan Al-quran dan Al-hadits yang salah satu fungsinya adalah untuk membersihkan harta lain yang dimiliki oleh orang tersebut.

Wallaahu a’lam.


Tulisan Terkait Lainnya :

34 thoughts on “Jangan Menyimpan Terlalu Lama

  1. Faris Desember 6, 2014 / 11:00

    Apapun itu, marilah kita keluarkan untuk kebaikan kita semua.
    Baik itu the small things yang menurut kita gak penting apalagi kalau harta sebaiknya harus disisihin terus untuk pembersih harta tersebut.. 🙂

    Btw, semoga Asinya lancar selalu ya kang. Semoga bayi nya dapat ASI penuh selama dua tahun ke depan. Aamiin. 😀

    • jampang Desember 6, 2014 / 12:51

      jika dengan mengeluarkannya lebih banyak memberikan manfaat, kenapa tidak ya mas?

      terima kasih, mas

  2. Burhan Desember 6, 2014 / 12:35

    Setuju banget. Menulis jga bisa merupakan salah satu sarana u/ berbagi dan menguji pendapat dan pemikiran-pemikiran kita.
    Kalo yg kita baca n kita tau cuma dipendam sendiri, saya khawatir terjadi ‘sembelit intelektual yang berakhir pada mencret arogansi dan sok tau serta merasa benar sendiri. bukan cuma harta, kita juga kelak akan ditanya mengenai ilmu yg kita miliki.

    • jampang Desember 6, 2014 / 12:53

      terima kasih atas tambahannya. jadi ingat kalimat berbahasa arab yg berbunyi : al-ilmu bilaa ‘amal kasy-syajar bilaa tsamar. ilmu tanpa diamalkan seperti pohon tanpa buah

  3. Fier Desember 6, 2014 / 13:49

    Punya harta numpuk ya sejatinya memang harus dikeluarkan dalam bentuk zakat, atau kalau ga sedekah. Hitung2 membersihkan harta dari hak orang lain, selain juga mengamalkan ajaran islam. 😀

    • jampang Desember 6, 2014 / 13:56

      iya mas. double manfaatnya 😀

      • Fier Desember 6, 2014 / 14:12

        betul sekali 🙂

      • jampang Desember 7, 2014 / 14:04

        😀

  4. Ina Desember 6, 2014 / 13:51

    setuju setuju… dari si asi yang nggak boleh ‘tertimbun’ lama sampai aplikasi harga atau pikiran yang nggak boleh terpendam. Tapi klo permasalahan kita simpan (=pendam) dan curhatnya hanya pada sang pencipta, boleh kan?? Memendam apa nggak tuh artinya?
    selamat yah, baru tahu si dedek udah lahiran. Maklum mas, jarang banget wepe, sibuk lain lain mulu. Salam buat minyu juga. Sehat semuanya yah

    • jampang Desember 6, 2014 / 13:57

      pikiran dan permasalahan kan harusnya diselesaikan, dan curhat kepada Sang Pencipta juga kan merupakan salah satu caranya, betul kan? 😀

      terima kasih, mbak

      • Ina Desember 12, 2014 / 22:58

        Betul, kudu diselesaikan plus di’curhat’kan

      • jampang Desember 13, 2014 / 05:04

        asal jangan jadi menggunjing 😀

      • Ina Desember 17, 2014 / 14:26

        Nah, curhat jadi nyenggol nggunjingg, repot juga yah. Beda tipis sih

      • jampang Desember 17, 2014 / 15:01

        itu dia

  5. dani Desember 6, 2014 / 15:28

    Harta kalo disimpen ga habis juga ya Bang. Ga bisa dirasakan manfaatnya juga kalo cuma disimpan saja.

    • nengwie Desember 6, 2014 / 16:41

      Nyimpen melulu mah trs kapan nikmatinya, eeehh keburu dipanggil Allah.. Jd ya bersihkan harta kita, menabung seperlunya dan nikmati hidup dgn penuh rasa syukur… Dijamin bahagiaaaa.. Inshaa-Allah.. Betul ngga kang Dani..?? 😀

      • jampang Desember 7, 2014 / 14:10

        sepakat lha, teh 😀

        mewakili mas dani

      • Firman Desember 8, 2014 / 11:30

        sepakat dan sepaham.

      • nengwie Desember 8, 2014 / 12:24

        Sepatu juga ya…sepakat dan setujuuu 😀

    • jampang Desember 7, 2014 / 14:08

      iya, mas. dikeluarkan baru akan terasa manfaatnya.

  6. lovelyristin Desember 7, 2014 / 06:56

    alhamdulillah.. asi melimpah ya mas buat si dedek bayi.. berkah bgt klo bs ks asi itu.. selain irit jg lbh malah paling bagus hihihi.. oiya bnr.. harus di zakatkn atau sedekah jika ada rezeki lebih.. terima kasih sudah diingatkan :))

    • jampang Desember 7, 2014 / 14:17

      iya mbak. dan lebih mudah juga. nggak perlu dibikin dulu. langsung lep aja 😀

      sama-sama, mbak. pengingat saya juga

  7. Info Menarik Desember 7, 2014 / 08:20

    harta yang berlimpah tapi tidak barokah itu percuma, harta yg kita miliki itu sebagian merupakan milik orang lain … 🙂

    • jampang Desember 8, 2014 / 12:57

      akan lebih baik memiliki harta yang berkah dan juga berlimpah 😀

      • Info Menarik Desember 9, 2014 / 20:25

        hidup pas-pasan lebih ok, pas kita mau makan ada makanan, pas kita mau mobil ada uangnya untuk beli mobil … 😀

      • jampang Desember 9, 2014 / 21:25

        betul itu 😀

  8. Pamela Fitrah Desember 8, 2014 / 07:47

    semua ada batasannya dan tidak ada yg abadi begitu jg dgn diri kita sendiri. gtu kan bang?

  9. faziazen Desember 8, 2014 / 08:41

    ini untuk lomba kah?
    ya Bang..kadang orang mikir sedekah 2,5%
    padahal kalo lebih banyak lebih baik kan

    • jampang Desember 8, 2014 / 09:44

      enggak. emangnya ada lomba dengan tema ini, mbak?
      kalau ada, mau saya daftarin 😀

      • faziazen Desember 8, 2014 / 12:20

        heheh gak ada
        soalnya belakangan kan bang Jampang sering ikut lomba
        oiya adiknya Syaikhan udah dikasi nama?

      • jampang Desember 8, 2014 / 12:54

        biasanya kalau diikutkan lomba di bagian akhir ada keterangannya. kan syarat lomba seperti itu

        insya Allah besok pas hari ketujuh diberi nama

  10. zaki19482 Desember 8, 2014 / 11:45

    Prinsipnya air yang mengalir lebih jernih dan bersih daripada air yang diam. Gitu yang bang?

    • jampang Desember 8, 2014 / 11:45

      kira-kira seperti itu, mas

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s