Door

door - masjid shalahuddin
Di masa kecil, saya sering mendengar sebuah pertanyaan teka-teki dengan seputar pintu yang diajukan oleh teman-teman saya. Teka-teki tersebut adalah sebagai berikut :

“Rumah apa yang nggak punya pintu dan jendela sehingga jika penghuninya ingin keluar dari rumah tersebut dirinya harus memghancurkan temboknya?”

Ada yang tahu jawabannya?

—o0o—

Tema Weekly Photo Challenge kali ini adalah “Door”. Pintu. Sayangnya tak banyak kolek foto pintu yang saya miliki. Foto pintu yang ada pun masih terkait dengan objek dalam tema Weekly Photo Challenge sebelumnya, yaitu Masjid Shalahuddin.

Foto di atas adalah foto salah satu pintu masuk yang dimilliki oleh Masjid Shalahuddin Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak. Ada tiga pintu masuk seperti di atas. Melalui ketiga pintu itulah jama’ah Masjid Shalahuddin masuk untuk melaksanakan shalat di dalamnya dan dan keluar selepas menunaikan kewajiban tersebut.

Menurut saya pribadi, desain pintu masuk/keluar yang hanya ada di salah satu sisi masjid agak kurang tepat. Pasalnya, jika jama’ah penuh, dan ada sebagian jama’ah yang ingin keluar sementara di bagian belakang masih ada yang mengerjakan shalat karena tetringgal atau sekedar duduk berdzikir, maka jama’ah yang akan keluar akan mengalami kesulitan dan mungkin jama’ah yang lainnya juga agak terganggu. Namun demikian, kondisi tersebut harus tetap disyukuri. Apalagi sudah di atasi dengan memberikan garis pembatas untuk menyediakan ruang untuk tempat jama’ah keluar setelah melaksanakan shalat agar tidak menggangu jama’ah yang lain.

Pintu adalah sebuah penghubung dua tempat. Pintu masjid menjadi penghubung bagian dalam masjid dan luar masjid sehingga bisa dilalui oleh orang. Begitu pula dengan pintu-pintu lainnya. Bahkan, dua alam pun dihubungkan dengan sebuah pintu. Pintu rahim menjadi penghubung antara akan rahim dengan alam dunia. Alam dunia pun memiliki penghubung dengan alam kubur alam barzakh. Pintu itu adalah kematian di mana setiap orang pasti akan melaluinya.

 


Lihat Juga Foto Weekly Photo Challenge Lainnya :

34 thoughts on “Door

    • jampang Juli 5, 2015 / 21:54

      bukan. jawabannya telur😀

  1. rizzaumami Juli 4, 2015 / 22:19

    Pintu, jadi inget pintu warna merah di Insidious.

  2. Gara Juli 4, 2015 / 22:47

    Apa ya jawabannya? Hmm… *berpikir*.
    Eh ada pintu yang saya kenal… :hihi. Pintu masjidnya, maksud saya, soalnya keseringan menunggu teman yang sedang shalat jadi membuat saya memerhatikan banyak hal, termasuk pintu. Saya suka pintu yang besar! Kesannya megah dan hebat.

    • jampang Juli 5, 2015 / 21:55

      jawabannya telur😀

      iya, pintunya memang besar dan terbuat dari kayu yang bagus. mungkin jati [?].

      • Gara Juli 6, 2015 / 06:45

        Oalah, iya juga ya :haha.
        Iya Mas, mungkin jati :)).

      • jampang Juli 6, 2015 / 08:38

        dulu waktu kecil sering banget main tebak-tebakan😀

      • Gara Juli 6, 2015 / 17:13

        Seru Mas :hehe. Susah payah mencari jawabannya eh, ternyata sederhana betul! Jadi bukti bahwa betapa kita sering mengabaikan hal-hal kecil hanya karena menurut kita itu tidak penting :)).

      • jampang Juli 7, 2015 / 14:26

        😀
        ya begitulah…. jadi pengen posting soal tebak-tebakkan semasa kecil dulu

      • Gara Juli 7, 2015 / 19:15

        OK, siap ditunggu! :)).

      • jampang Juli 7, 2015 / 20:55

        eh… tapi nggak janji, karena udah lama dan banyak yang udah lupa😀

      • Gara Juli 7, 2015 / 21:43

        Baiklah :hehe.

    • jampang Juli 5, 2015 / 21:56

      siput kalau keluar kan nggak merusak rumahnya, mbak. ada pintunya

      • jampang Juli 7, 2015 / 14:22

        jawabannya telur, mbak😀

      • winnymarch Juli 7, 2015 / 21:56

        iya juga ya hahahha

      • jampang Juli 8, 2015 / 21:01

        😀

    • jampang Juli 5, 2015 / 21:57

      hhmm…. sepertinya bisa juga kali yah. cuma jawaban teka-teki saat itu adalah telur.
      mungkin karena belum ada lagu kepompong😀

  3. zilko Juli 5, 2015 / 17:55

    Wah, jawaban teka-tekinya apa nih?😀

  4. Firsty Chrysant Juli 6, 2015 / 06:39

    pas baca awal, pasti jawabannya telur…🙂

    Trus pintu yang begitu masuk langsung keluar lagi… apa ayoo

    • jampang Juli 6, 2015 / 08:39

      waduh…. pintu apa yah?

  5. dani Juli 6, 2015 / 09:14

    Saya suka masjid dengan banyak pintu dengan alasan yabg Bang Rifki sampaikan.

    • jampang Juli 6, 2015 / 09:19

      iya, mas. lebih memudahkan jama’ah yang mau masuk maupun keluar dan yang terpenting mengurangi gangguan bagi jama’ah yang lain

  6. Orin Juli 8, 2015 / 10:52

    mesjid banyak pintu juga bikin adem ya bang hehehe

    • jampang Juli 8, 2015 / 20:54

      iya teh… kalau masjid di atas itu rapat karena pakai AC. jadi adem juga😀

  7. Mabel Kwong Juli 9, 2015 / 11:31

    Lovely shots, lovely set of doors. When I lived in Malaysia as a kid, I remember our doors were wooden like that – seems like a popular kind of door for houses there. I love those teka tekis – always joked around with them with my friends in school😀

    • jampang Juli 10, 2015 / 08:15

      i think it is still popular kind of door. a new haouse around my house use this kind of door.

      yup… those teka tekis make me happy when i was ac child :d

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s