Berdoalah, Bekerjalah, Semoga Mendapat Berkah

kubah masjid al-makmurSuatu pagi, saya mampir ke sebuah bank terlebih dahulu sebelum berangkat menuju kantor. Saya tiba tiba di lokasi sekitar pukul delapan kurang beberapa menit. Lebih awal daripada jam pelayanan bank yang baru dimulai sekitar pukul delapan tepat.

Saya duduk menunggu di sofa yang disediakan untuk para nasabah. Satu persatu pegawai bank berdatangan dan langsung menuju meja kerja masing-masing. Saya hanya bisa melihat beberapa pegawai yang bertugas di front office sebagai teller dan customer service. Mereka sedang mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menjalankan tugas masing-masing. Sementara pegawai yang bertugas di back office, saya tidak bisa melihat apa yang mereka lakukan. Mungkin sama dengan apa yang dilakukan oleh rekan-rekan mereka di front office.

Jam dinding di rungan sudah menunjukkan ukul delapan tepat, waktu bagi para pegawai untuk mulai bekerja melaksanakan tugas masing-masing. Dari balik meja besar yang memisahkan para pegawai bank dengan para nasabah, berdiri seorang lelaki. Sejurus kemudian, beliau mulai berbicara.

“Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh… Rekan-rekan, sebelum kita memulai aktifitas kita hari ini, marilah kita bersama-sama berdoa.”

Lelaki tersebut mulai mengucapkan doa yang diamini oleh para pegawai lain, termasuk saya.

“…. Ya Allah, berilah kami rizki yang lapang lagi halal. Dan jadikanlah rizki itu sebagai sarana kami beribadah kepadaMu. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku, hanyalah untukMu Tuhan semsta alam. Tiada sekutu bagiMu dan demikianlah aku diperintahkan…”

Begitulah sebagian kata-kata dalam doa tersebut yang masih saya ingat.

Kantor tempat saya bekerja terdiri dari beberapa gedung. Dua yang terbesar disebut gedung utama dengan 27 lantai dan gedung lama yang terdiri dari 16 lantai. Saya bekerja di gedung lama.

Suatu pagi, saya berada di gedung utama sebelum pukul delapan pagi. Sepertinya saat itu saya ada keperluan dengan seorang teman yang bekerja di gedung utama tersebut. Ketika waktu menunjukkan pukul delapan, saya mendengar suara seseorang yang mengucapkan salam melalui pengeras suara yang kemudian melanjutkan dengan mengajak para pegawai untuk sejenak berdoa sebelum mengawali pekerjaan masing-masing.

Entah kebiasaan itu masih berlanjut atau tidak. Hanya saja, saya tidak menemukan situasi dan kondisi seperti yang saya alami di kedua lokasi tersebut di tempat saya bekerja.

Semoga ke depannya akan ada tambahan kebaikan di kantor saya. Sebab berdoa dan bekerja ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa ditinggalkan salah satunya. Berdoa tanpa ada usaha atau kerja adalah sebuah kemalasan. Sebaliknya, bekerja tanpa diiringi dengan doa adalah sebuah kesombongan.

—o0o—

ketika makan, berdoalah
semoga mengenyangkan dan mendapat berkah
mengisi tenaga kembali tuk bekerja dan beribadah

ketika berangkat, berdoalah
walau sekedar dengan lafaz basmalah
ketika awal kaki melangkah

ketika berjumpa, maka berdoalah
semoga keselamatan dan rahmat terlimpah
berjabat tangan menghapus dosa hingga berpisah

ketika bekerja, berdoalah
meminta segala urusan semoga dipermudah
agar diri tak perlu berkeluh kesah

ketika kembali, berdoalah
saat mengetuk pintu lantas masuk ke rumah
agar disambut senyum ramah hingga hilanglah rasa lelah

ketika menutup mata, berdoalah
semoga setiap detik yang terlewati bernilai ibadah
dan bila mata tak terbuka lagi maka tiada rasa sesal dan bersalah

ketika mata dibuka kembali, berdoalah
seraya lisan berucap ringan sebuah hamdalah
memulai hari baru untuk mengejar jannah

*****

 



Tulisan Terkait Lainnya :

66 respons untuk ‘Berdoalah, Bekerjalah, Semoga Mendapat Berkah

  1. herma1206 Oktober 6, 2013 / 08:43

    i’m back..hehehe…
    klo di kantor lama tmpt saya kerja, bagusnya adlah setiap pagi karyawan dibiasakan utk sholat dhuha…

    • jampang Oktober 6, 2013 / 08:46

      keren.
      kalau di tempat saya yah…. masing-masing aja… dan waktunya nggak barengan

      • herma1206 Oktober 6, 2013 / 08:58

        Itu bagusnya di tempat kerja lama, kondusif banget lingkungannya. Apa yg bagus dri sana..di ambil dan qt terapkan di tempat baru sekarang….

      • jampang Oktober 6, 2013 / 09:03

        hebat… hebat… semoga istiqamah.
        yang baik-baik perlu dilestarikan dan disebarluaskan

      • herma1206 Oktober 6, 2013 / 09:12

        aamiin…
        terus terang walaupun sekarang emang udh beda, tapi banyak sekali yg saya dapat dri tempat lama…walau gimana pun ttp harus makasih..

      • jampang Oktober 6, 2013 / 09:40

        Mungkin karena ilmu dr tempat lama makanya bisa mendirikan tempat baru. Jadi wajar kalau berterima kasih.

      • herma1206 Oktober 6, 2013 / 09:56

        yup..dapat ilmu akherat dan ilmu duniawi, dapat teman2 yg menyenangkan juga. Hubungan skrg emang agak kurang baik,,,tapi secara personal ukhuwahnya tetap jalan. Mungkin suatu saat sy akan buat tulisan khusus ttg tempat lama sy itu..skrg udah berkembang pesat dgn ratusan karyawan…

      • jampang Oktober 6, 2013 / 10:26

        Wow… Hebat. Semoga bisa mengikuti jejaknya dan bisa lebih hebat.

      • herma1206 Oktober 6, 2013 / 11:23

        aamiin…sbenarnya impian ttg ini kan sy masukkan juga di postingan impian..
        alhamdulillah..muridnya udah melampaui target setahun, pdahal smester 1 aja blm selesai. Insya Allah tahun depan udh bisa ngegaji guru tetap. Doian sukses dan berkah ya…

      • jampang Oktober 6, 2013 / 12:40

        Hebat… Semoga tahun-tahun berikutnya lebih sukses lagi dan lebih banyak lagi muridnya. Aamiin

      • herma1206 Oktober 6, 2013 / 12:55

        aamiin…aamiin..Allahumma aamiin..
        btw..perasaan dri tadi ngomong hebat mulu, gimana klo diganti masya Allah,hehe… Yg sy baca..ternyata qt itu selama ini kebalik dalam menggunakan ucapan subhanallah dan masya Allah..

      • jampang Oktober 6, 2013 / 16:59

        Baiklah bu ustadzah

      • herma1206 Oktober 6, 2013 / 19:49

        Kok gak nanya..kebalik penggunaannya dimana..??
        *tpi klo gak mau jg ya gpp 😀

      • jampang Oktober 7, 2013 / 05:01

        sebab saya udah baca artikel yang membahas soal itu

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 05:36

        Oooowh…hehe…

      • jampang Oktober 7, 2013 / 05:37

        cuma belum begitu terbiasa, kan masih sering pake kebiasaan yang lama (salah)

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 05:42

        Iya..masih suka kagok, biasa klo liat yg bikin takjub, ngucapnya subhanallah…padahal kebalik. Jdi abis ngucap..belakangnya ada tambahan, ‘eh salah’ 😀

      • jampang Oktober 7, 2013 / 05:52

        cuma pertanyaan yg masih mengganjal….. peristiwa isra mi’raj itu kan persitiwa hebat… tapi kenapa diawali dengan kalimat subhana, yah?

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 06:00

        Surat dalam al-qur’an ya…?? Nah..hrs ditanyain nih sama pak Ustadznya…
        Soalnya klo sy pasti gak tau jawababannya..^^

      • jampang Oktober 7, 2013 / 06:10

        surat al-isra… ayat pertama… sekaligus surat pertama di juz kelimabelas

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 06:16

        Iya bener jg ya..barusan ngecek..
        Waah..hapalan mantap euuy..:D

      • jampang Oktober 7, 2013 / 06:19

        ya kan surat itu selalu dibaca waktu peryaan isra’ mi’raj 😀

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 06:22

        Hehehe..saya kan udh lama gak ngadirin acara2 gitu…:D
        *blushing mode on 😀

      • jampang Oktober 7, 2013 / 07:52

        bukan hanya di acara itu… di khutbah jumat juga. oh iya…. nggak ikutan juga yah 😀

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 08:23

        hehe..jgn bilang lupa klo saya wanita tulen, gak campur2.. 😀

      • jampang Oktober 7, 2013 / 08:54

        saya nggak bilang gitu koq 😛

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 09:01

        jdi inget mimpi semalem…

      • jampang Oktober 7, 2013 / 09:52

        kalau bagus itulis aja di postingan 😀

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 11:01

        Yaa..mudah2an hri ini bisa beresin kerjaan, jadi besok libuuuuur…bisa posting, tpi bkn ttg mimpi..hehe..
        *pasti gak penasaran ama mimpi saya..

      • jampang Oktober 7, 2013 / 13:10

        Aamiin. Mudah2an lancar.

        Nggak penasaran 😀

      • herma1206 Oktober 7, 2013 / 20:11

        Alhamdulillah…beres, walaupun mesti bela2in smp mlm di kantor..yuhuuu…besok libur..besok libur..hehe.. Tpi rabu berjibaku lagi..teu naon2 lah.. 😀
        *emang gak pny jiwa penasaran 😛

      • jampang Oktober 7, 2013 / 20:21

        Alhamdulillah… Selamat berlibur

        *drpd jadi hantu penasaran*

      • herma1206 Oktober 8, 2013 / 05:18

        okaay..
        *jgn deeuh..sy yg repot klo jadi hantu penasaran..pasti dihantui mulu 😀

      • jampang Oktober 8, 2013 / 05:19

        selamat ngeblog 😀

      • herma1206 Oktober 8, 2013 / 05:30

        wokaaaaay… 😀

      • jampang Oktober 8, 2013 / 05:34

        🙂

  2. ayanapunya Oktober 6, 2013 / 09:26

    Kalau di kantor lama ga ada kebiasaan apa2. Datang langsung kerja masing2 gitu. Kalau kantor baru sekarang apel tiap pagi

    • jampang Oktober 6, 2013 / 09:42

      Heh? Upacara tiap pagi?
      Kalau dulu di sekolah… Saat upacara ada pembacaan doa 🙂

      • ayanapunya Oktober 6, 2013 / 09:53

        Iya. Baca yel-yel gitu pas apelnya. Tapi ga ada baca doa kalau ga salah

      • jampang Oktober 6, 2013 / 10:25

        Lah… Kan ngikutin. Nyebut2 amin nggak?

      • ayanapunya Oktober 6, 2013 / 10:32

        Nggak ada. Habis baca visi dan misi, penutup, balik kanan bubar deh 😀

      • jampang Oktober 6, 2013 / 10:46

        Kalau gitu berdoa sendiri-sendiri aja di meja masing2 😀

      • ayanapunya Oktober 6, 2013 / 10:50

        Iya. Berdoa dalam hati 🙂

      • jampang Oktober 6, 2013 / 10:56

        ya gpp. yang penting berdoa… kalau bisa ya pas melangkahkan kaki pertama saat berangkat ke kantor

      • ayanapunya Oktober 6, 2013 / 11:06

        Insya Allah. Dan niatkan buat ibadah juga kan? 🙂

      • jampang Oktober 6, 2013 / 12:37

        Ah iya. Betul betul betul.

      • ayanapunya Oktober 6, 2013 / 13:13

        Ipin upin 😀

      • jampang Oktober 6, 2013 / 17:00

        Ho oH

  3. nurme Oktober 6, 2013 / 13:42

    kok dobel banyak ya?

    • jampang Oktober 6, 2013 / 17:01

      Tapi isinya sama. Mungkin karena ada perubahan URLnya makanya munculnya berkali-kali

      • nurme Oktober 6, 2013 / 19:29

        Munculnya 7 kali. Kirain ada 7 bahan bacaan. Ternyata satu bahan bacaan yang dobel 🙂

      • jampang Oktober 7, 2013 / 05:01

        mungkin WP-nya error kali. sering juga nemuin yang kaya gitu

      • nurme Oktober 7, 2013 / 06:45

        baiklah, terimakasih 🙂

      • jampang Oktober 7, 2013 / 07:56

        sama-sama

      • nurme Oktober 7, 2013 / 09:16

        🙂

  4. pinkvnie Oktober 6, 2013 / 21:02

    klo d kantor saya berdo’a bersamanya hanya seminggu sekali jika lg da SP ja … klo hr2 lainnya pas smp kntr lgsg berdo’a makan … 😉

    • jampang Oktober 7, 2013 / 05:04

      tambahin aja doanya. banyak doa kan bagus 😀

      • fenny Oktober 7, 2013 / 08:00

        Yup betul … 🙂

      • jampang Oktober 7, 2013 / 08:53

        😀

  5. deetie Oktober 6, 2013 / 22:10

    klo kaga rame2 berdoanye sendiri2 aje bang.. klo aye mah tiap pagi buat barisan baca doa ikrar ma ank2 TK… 🙂

    • jampang Oktober 7, 2013 / 05:07

      mudah2an anak2 itu selalu inget doa yang diajarin sama gurunya dan ngamalin terus sampe gede

      • deetie Oktober 7, 2013 / 15:16

        mudah2an ye bang.. biar kaga pada lupa dech tu bang..

      • jampang Oktober 7, 2013 / 15:31

        iye. aamiin

Tinggalkan jejak anda di sini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s